Begini Penampakan 7 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia, Beda Jauh Nggak Ya?

www.yukepo.com

Salah satu transportasi massal yang sudah ada sejak zaman dahulu kala adalah kereta api. Pada waktu dulu, kereta api lebih banyak digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari sistem tanam paksa yang berlaku pada masa pemerintahan van den Bosch tahun 1825-1830. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan juga kemerdekaan bangsa Indonesia, kereta api tidak lagi digunakan sebagai alat untuk mengangkut hasil bumi, meski sebagian masih ada, namun untuk mengangkut orang-orang yang ingin berpergian ke tempat-tempat tertentu.

Seiring dengan waktu yang terus berjalan pun kebutuhan akan transportasi massal menjadi hal yang diperhatikan oleh pemerintah. Oleh karena itu, banyak sekali pembangunan yang difokuskan untuk menunjang keberhasilan dari penggunaan transportasi massal tersebut. Salah satunya adalah pembangunan stasiun kereta api. Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini YuKepo mau ngajak kamu semua melihat-lihat tujuh stasiun kereta api tertua yang ada di Indonesia. Kondisinya ada yang berubah jadi museum, ada pula yang masih beroperasi hingga sekarang. Penasaran? Langsung aja, yuk kepo!

1. Stasiun Kereta Api Purwosari (PWS) – 1875

www.wikiwand.com

Stasiun Purwosari terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 502, Purwosari, Lawiyan, Surakarta. Stasiun kereta ini dibangun pada tahun 1875 dan berada di wilayah operasi 6 Yogyakarta serta di wilayah Mangkunegaran. Pembangunan stasiun ini ditangani oleh NISM (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij) dan berada di atas ketinggian +98 mdpl.

2. Stasiun Solo Balapan (SLO) – 1873

kesolo.com

Stasiun kereta kebanggaan masyarakat Solo ini merupakan stasiun induk di Kestalan dan Gilingan, Banjarsari, Surakarta dan menghubungkan empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Stasiun ini dibangun ketika masa pemerintahan NIS pada abad ke-19.

3. Stasiun Kedungjati (KEJ) – 1873

id.wikipedia.org

Stasiun kereta yang terletak di Kedungjati, Grobogan, Jawa Tengah ini terletak pada ketingian +36 mdpl dan berada di wilayah operasi 4 Semarang. Stasiun ini diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873. Pada tahun 1907, stasiun ini mengalami pemugaran dengan mengganti material kayu menjadi bata berplester dan peron berkonstruksi baja serta atap yang dibuat dari seng setinggi 14, 65 cm. 

4. Stasiun Ambarawa – 1873
twitter.com

Saat ini, Stasiun Kereta Api Ambarawa telah berganti menjadi sebuah museum kereta api. Di dalamnya terdapat berbagai jenis kereta api yang pernah berjaya pada waktu masih beroperasi. Salah satunya adalah kereta api uap lokomotif nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen yang kini berfungsi sebagai kereta api wisata. Kereta api uap tersebut merupakan satu dari tiga kereta uap yang masih ada di dunia, satu di India, satu lagi di Swiss.

5. Stasiun Lempuyangan (LPN) – 1872
kabarpenumpang.com

Stasiun kereta ini terletak di Kota Yogyakarta dan berjarak 1 km dari sebelah timur Stasiun Yogyakarta. Stasiun Lempuyangan ini didirikan pada tanggal 2 Maret 1872 dan melayani semua kereta api yang melintasi Yogyakarta. 

6. Stasiun Semarang Tawang (SMT) – 1868

commons.wikimedia.org

Semarang menjadi tempat bersarangnya stasiun kereta api tertua di Indonesia. Salah satunya adalah Stasiun Semarang Tawang. Stasiun ini merupakan stasiun induk di Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang dan tidak melayani kereta ekonomi. Stasiun Semarang Tawang diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 dengan jalur pertama yang menghubungkan Semarang Tawang dengan Tanggung. Pada tahun 1873, jalur stasiun ini diperpanjang hingga Stasiun Balapan Solo dan Lempuyangan di Yogyakarta.  

7. Stasiun Semarang Gudang atau Tambaksari – 1864

id.wikipedia.org

Ini dia stasiun kereta api tertua yang ada di Indonesia. Stasiun yang dibangun pada tanggal 16 Juni 1864 diresmikan oleh Gubernur Jenderal Baron Sloet van de Beele. Pada saat itu, pemerintah kolonial Belanda menunjuk  Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) sebagai penanggung jawab operasi. Salah satu markas NISM ini kini dikenal sebagai Gudang Lawang Sewu dan tepat pada tanggal 10 Agustus 1867, kereta api pertama diluncurkan di stasiun ini.

Itu dia tujuh stasiun kereta api tertua yang ada di Indonesia. Dilihat dari tahun didirikannya, ketujuh stasiun tersebut telah berusia lebih dari satu abad, ya. Pantas saja nuansa mistis ketika berada di stasiun masih saja terasa. Sudah berdiri hingga lebih dari satu abad, bagaimana perkembangan teknologi kereta api di negara kita ini? Meski tertinggal jauh dari negara lain, tapi kita sebagai warga negara yang baik jangan menyerah begitu saja sama keadaan ya, guys. Yuk kita galakkan budaya naik kereta api, agar moda transportasi yang satu ini tetap lestari dan nggak semakin ditinggalkan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kzl! 5 Negara Ini Pernah Lontarkan Hinaan Untuk Indonesia. Harus Kuat Hati, Nih!

Kzl! 5 Negara Ini Pernah Lontarkan Hinaan Untuk Indonesia. Harus Kuat Hati, Nih!

Terkenal sebagai Candi Erotis di Indonesia, Begini Penampakan dan Sejarah Candi Sukuh!

Terkenal sebagai Candi Erotis di Indonesia, Begini Penampakan dan Sejarah Candi Sukuh!

Ribut Indonesia Krisis Garam, 7 Fakta Tragis Industri Garam Lokal Ini Bikin Nyesek!

Ribut Indonesia Krisis Garam, 7 Fakta Tragis Industri Garam Lokal Ini Bikin Nyesek!

Di Balik Namanya yang Unik, Ternyata Begini Sejarah Penamaan Gunung Slamet! Percaya Nggak?

Di Balik Namanya yang Unik, Ternyata Begini Sejarah Penamaan Gunung Slamet! Percaya Nggak?

Yuk Kenalan dengan Berbagai Spesies Orang Utan di Indonesia. Ada yang Baru, Lho!

Yuk Kenalan dengan Berbagai Spesies Orang Utan di Indonesia. Ada yang Baru, Lho!

5 Fakta di Balik Pembacaan Teks Proklamasi Ini Jarang Diketahui Orang. Kamu Tahu?

5 Fakta di Balik Pembacaan Teks Proklamasi Ini Jarang Diketahui Orang. Kamu Tahu?

loading