Begini 10 Fakta Ratna Sari Dewi, Mantan Geisha Jepang yang Menjadi Istri Soekarno!

www.yukepo.com

Sudah bukan rahasia umum lagi jika kehidupan dari sosok presiden pertama Republik Indonesia, yakni Ir. Soekarno selalu diselimuti oleh banyak wanita cantik. Beliau pun seakan dapat dengan mudah menggaet hati wanita pujaannya itu. Bahkan menurut catatan sejarah, pria asal Surabaya tersebut memiliki istri sebanyak sembilan orang.

Salah satu istri yang paling mencolok di antara istri-istri Soekarno adalah Ratna Sari Dewi. Selain berasal dari kalangan non-pribumi, kehidupan dari sang Dewi pun berbeda dari istri-istri Soekarno lainnya. Oleh karenanya, YuKepo ingin mengajak kamu melihat lebih jauh sosok dari istri Soekarno yang kelima ini. YuKepo!

1. Memiliki nama asli Naoko Nemoto

maketify.com

Wanita asal Tokyo yang lahir pada 6 Februari 1940 (78 tahun) ini memiliki nama lahir Naoko Nemoto. Ia lahir dalam keluarga yang sederhana, bahkan cenderung pas-pasan. Orang tuanya hanyalah tukang kayu sehingga istri Soekarno ini saat masih kecil jarang untuk bisa bermain bersama teman sebayanya.

2. Berkecimpung di dunia hiburan sejak usia 15 tahun

id.pinterest.com

Sadar akan keterbatasan yang dimiliki oleh orang tuanya, ia pun memutuskan untuk tidak bersekolah. Kemudian ia mendapat tawaran untuk bermain dalam sebuah film ketika menginjak usia 15 tahun. Ia pun tanpa ragu mengambil tawaran tersebut. Meski hanya mendapatkan peran figuran, namun ia yakin bahwa jalur tersebut dapat membawa perubahan bagi kehidupannya. 

3. Ditinggal sang ayah

id.pinterest.com

Ketika baru saja memasuki panggung hiburan, ia harus menahan pilu lantaran ditinggal pergi oleh sang ayah untuk selama-lamanya. Ia pun harus menanggung semua kebutuhan keluarga dan biaya sekolah adiknya yang masih kecil. Beratnya beban yang harus dipikul membuat ia memutuskan untuk menjadi seorang geisha. Ia pun pada akhirnya dapat membantu pendidikan sang adik hingga tingkat universitas.

4. Sebatang kara
id.pinterest.com

Ketika adiknya baru saja memasuki jenjang universitas, perjuangaannya terasa seakan sia-sia tatkala sang adik memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Tentu saja itu sangat menyakitkan baginya. Ia pun sangat terpukul atas kejadian tersebut.

5. Bertemu dengan Soekarno
id.pinterest.com

Entah takdir Tuhan atau bukan, ketika ia tengah terpuruk meratapi kehidupannya, muncullah sosok Soekarno yang menjelma sebagai pahlawan. Ia dan Soekarno pertama kali bertemu dalam sebuah acara pesta teh di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang. Dalam pesta tersebut, Soekarno diperkenalkan oleh salah seorang sahabatnya dengan Nemoto. Mereka berdua pun langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

6. Pernikahan terindah bagi sang geisha

id.pinterest.com

Ketika Soekarno kembali ke tanah air, ia masih tetap menjalin komunikasi dengan orang nomor satu di Indonesia kala itu. Bahkan, ia pun kemudian diundang untuk datang ke Indonesia oleh Soekarno. Tak lama berselang, ia pun dipersunting oleh Soekarno dan berganti nama menjadi Ratna Sari Dewi. Terdapat dua versi perihal tanggal pernikahan mereka. Ada yang menyatakan bahwa mereka menikah pada tanggal 3 Maret 1962, ada pula yang menyatakan bahwa mereka menikah pada Mei 1964. 

7. Surat cinta dari Soekarno untuk Sang Dewi

id.pinterest.com

Setelah dipinang Soekarno, kehidupan sang Dewi pun berubah total. Ke mana pun Soekarno pergi, ia selalu setia mendampingi sang suami. Bahkan, Soekarno pun pernah membuat sepucuk surat cinta untuknya.

"Kalau aku mati, kuburlah aku di bawah pohon yang rindang. Aku mempunyai istri yang aku cintai dengan segenap jiwaku. Namanya Ratna Sari Dewi. Kalau ia meninggal kuburlah ia dalam kuburku. Aku menghendaki ia selalu bersama aku."

8. Perpisahan dengan Soekarno

id.pinterest.com

Panggung politik Indonesia yang semakin memanas membuat Soekarno harus rela melepaskan jabatan dan menyerahkannya kepada Soeharto. Sejak saat itu, kehidupan Soekarno seakan berubah total. Begitu pun dengan kesehatannya. Sementara itu, Istri Soekarno ini yang tengah mengandung anak pertamanya memutuskan untuk pergi ke Paris. Bukannya pergi meninggalkan Soekarno, namun agar tidak menggangu janin yang berada di dalam kandungannya. Ia pun kemudian tinggal dan membesarkan buah hatinya yang diberi nama Kartika Sari Dewi. 

9. Kembali ke Indonesia
id.pinterest.com

Pada tahun 1983, Istri Soekarno kelima ini kembali ke Indonesia. Namun, setelah menetap selama 25 tahun di Jakarta, ia memutuskan untuk pulang ke negara asalnya dan menetap di Shibuya, Tokyo.

10. Kontroversi Madame De Syurga

isbayu.blogspot.co.id

Pada tahun 1998, ia meluncurkan sebuah buku berjudul Madame de Syuga. Buku tersebut berisi tentang perpaduan karya seni antara seni body painting dengan keindahan lekuk tubuh yang dimiliknya. Sontak kehadiran buku tersebut dilarang keras oleh masyarakat Indonesia lantaran dianggap mencoreng nama pemimpin Indonesia, mengingat ia tetap merupakan istri Soekarno. Meski ditentang keras, namun ia menanggapinya dengan santai. Menurutnya, buku yang diluncurkannya adalah sebuah karya seni yang membuktikan bahwa wanita usia lanjut masih memiliki lekuk tubuh yang indah.

Itu dia sosok dari Naoko Nemoto alias Ratna Sari Dewi Soekarno, istri Soekarno yang kelima dan berasal dari Jepang. Terlepas dari kontroversi serta kehidupan gelapnya sebagai geisha, perjuangan Sang Dewi patut untuk kita tiru. Meski dirundung berbagai permasalahan, ia tetap tegar dan pada akhirnya kemudahan akan datang setelah adanya kesulitan. Jadi, jangan menyerah pada kesulitan ya, guys!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Menikah Sederhana Ala Suhay Salim: Pro dan Kontra - Keepodotme

Menikah Sederhana Ala Suhay Salim: Pro dan Kontra - Keepodotme

Dari Jokowi hingga Setya Novanto, Inilah Foto Politisi Indonesia Saat Masih Muda. Masih Seger!

Dari Jokowi hingga Setya Novanto, Inilah Foto Politisi Indonesia Saat Masih Muda. Masih Seger!

Disebut-Sebut Sebagai Suami Risty Tagor, Achmad Rifa'i Malah Ngaku Kena Hoaks - Keepodotme

Disebut-Sebut Sebagai Suami Risty Tagor, Achmad Rifa'i Malah Ngaku Kena Hoaks - Keepodotme

Dari Mempelajari Keris Hingga Nuklir, Inilah 8 Program Studi yang Hanya Ada di Indonesia!

Dari Mempelajari Keris Hingga Nuklir, Inilah 8 Program Studi yang Hanya Ada di Indonesia!

11 Artis Korea yang Operasi Plastik Ini Mengaku Secara Blak-blakan - Keepodotme

11 Artis Korea yang Operasi Plastik Ini Mengaku Secara Blak-blakan - Keepodotme

Bakar Tongkang, Ritual Tahunan Etnis Tionghoa di Bagansiapiapi yang Unik. Bikin Penontonnya Bahagia!

Bakar Tongkang, Ritual Tahunan Etnis Tionghoa di Bagansiapiapi yang Unik. Bikin Penontonnya Bahagia!

loading