Beberapa Prinsip Orang Minang Inilah yang Membuat Mereka Sukses di Perantauan

25 Juni 2017
|Atik Kencana S.
6SHARES

Orang Minang di perantauan memang bisa ditemukan di daerah mana saja. Mulai dari Jakarta hingga kota-kota besar lainnya. Mereka merantau demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik daripada di kampung halaman. Gak jarang juga kita menemukan banyak orang Minang yang sukses di perantauan. Mereka bisa sukses karena mereka memiliki prinsip yang harus terus dijalani. Hebat banget ya! Berikut ini beberapa prinsip orang Minang supaya sukses di perantauan.

1. Alam takambang jadi guru

Prinsip orang Minang ini berarti alam dan pengalaman adalah guru yang terbaik memang memiliki makna mendalam bagi orang Minang. Mereka berprinsip bahwa ilmu tidak hanya hadir melalui sekolah. Pelajaran tentang kehidupan dapat diperoleh dari aneka ragam alam dan pengalaman. Makanya banyak juga orang Minang yang sukses walaupun tidak pernah mengecap pendidikan yang tinggi. Tentunya prinsip ini dibarengi dengan kerja keras dan semangat yang tinggi.

2. Adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah

Prinsip di atas mengajarkan bahwa manusia harus senantiasa memiliki sikap jujur dan juga mengutamakan kualitas. Di perantauan memang banyak orang Minang yang menjalani hari-harinya untuk berdagang. Prinsip ini digunakan salah satunya sebagai landasan berdagang. Orang Minang percaya bahwa mereka jujur dan mengedepankan kualitas dalam berdagang, mereka akan meraih kesuksesan.

3. Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang

Prinsip ketiga ini berarti di mana bumi dipijak, disitulah langit dijinjing. Kemampuan orang Minang dalam bersosialisasi memang tidak bisa diragukan lagi. Walaupun di perantauan sekalipun mereka kerap menjalin silaturahmi dengan sesama orang Minang, namun tak juga melupakan untuk berkawan dengan orang dari daerah-daerah lainnya.

4. Baraja ka na manang, macontoh ka nan sudah

Prinsip di atas memiliki makna untuk tidak cepat menyerah saat menemukan kegagalan. Orang Minang memang dididik sebagai pribadi yang tangguh sedari kecil. Gak heran kalau orang Minang tergolong sebagai pribadi yang berani dalam menghadapi rintangan. Mereka menganggap kegagalan sebagai motivasi untuk bangkit, bukannya untuk menyerah. Mereka juga sering mengambil hikmah dari kisah-kisah sukses orang terdahulu sebagai panutannya.

5. Takurung nak dulua, tahimpik nak diateh

Prinsip ini mengajarkan bahwa suatu kegagalan bisa dijadikan sebagai peluang. Bagi orang Minang, kegagalan bukanlah suatu cara untuk mengakhiri perjuangan. Mereka kerap mengambil hikmah dari terjadinya kegagalan sebagai pembelajaran perjuangan berikutnya. Gak ada ceritanya orang Minang menyerah begitu saja. Yang ada terus bangkit, bangkit dan bangkit lagi.

6. Indak ado rotan aka pun jadi, indak kayu janjang dikapiang

Prinsip ini mengajarkan orang Minang untuk selalu jeli dalam melihat peluang. Setiap kesempatan yang datang selalu diperhatikan agar tidak salah dalam memilih peluang. Kemampuan memilih peluang yang bagus memang harus selalu diasah agar tidak terjerumus ke hal-hal yang merugikan.

Gak heran ya kalau orang Minang di perantauan malah banyak yang sukses. Itu tandanya mereka memang mempertahankan komitmen mereka untuk sukses walaupun jauh dari keluarga. Prinsip-prinsip orang Minang di atas bisa kita praktikkan supaya hidup lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
6SHARES