Baru Diresmikan, Inilah 7 Fakta Kereta Bandara yang Bikin Penumpang Berasa di Pesawat!

www.yukepo.com

Baru-baru ini ranah transportasi di Indonesia diramaikan dengan sebuah alat transportasi massal yang disebut dengan kereta bandara. Kereta ini secara fisik memang sama dengan kereta pada umumnya. Namun, dari segi artistik, kereta ini memiliki desain yang lebih elegan dibandingkan dengan kereta-kereta di Indonesia pada umumnya. Selain dari segi artisitiknya, nyatanya fasilitas yang terdapat di dalam kereta ini juga sangat berbeda dengan fasilitas pada kereta biasa. Penasaran seperti apa fakta-fakta menarik tentang kereta bandara yang satu ini? Langsung aja deh kita kepoin bareng. Yuk, kepo!

1. Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo

metro.tempo.co

Pada hari Selasa, tanggal 2 Januari 2018 kemarin, kereta bandara diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Usai peresmian, Jokowi beserta rombongan pun langsung mencoba untuk menaiki kereta bandara tersebut dengan mengambil gerbong yang paling depan. Pada kesempatan kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, Menkopolhukam, Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono, dan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Selain itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar, juga turut serta dalam peresmian kereta bandara tersebut.

2. Tarif Rp70 ribu sekali jalan

nasional.kompas.com

Budi Karya selaku Menteri Perhubungan menjelaskan bahwa pada awalnya tarif yang dikenakan oleh para pengguna kereta bandara adalah sebesar Rp100 ribu. Namun, Presiden Jokowi mengatakan bahwa tarif tersebut masih terlalu mahal dan pada akhirnya beliau sendiri yang memutuskan bahwa tarif kereta bandara untuk sekali perjalanan adalah Rp70 ribu. 

3. Penggunaan sistem non-tunai

www.viva.co.id

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan transportasi masal ini, ada dua cara untuk dapat memperoleh tiket perjalanannya. Pertama, dengan langsung mendatangi stasiun dan kedua dengan menggunakan aplikasi. Untuk cara yang pertama, masyarakat dapat memperoleh tiket kereta dengan cara membeli tiket tersebut di sebuah vending machine yang tersedia. Sayangnya, vending machine ini hanya memproses pembelian tiket melalui kartu debit ataupun kredit. Sementara untuk cara yang kedua, masyarakat dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Railink yang ada di Google Play Store ataupun di Apple App Store. Calon penumpang juga dapat membeli tiket dengan membuka laman https://reservation.railink.co.id. Pembelian online ini hanya melayani pembayaran via internet banking ataupun Doku Wallet.

4. Fasilitas kelas pesawat
kabar3.com

Ketika kamu memasuki gerbong kereta, kamu bisa melihat berbagai interior mewah yang ada di sana. Interior tersebut memang didesain layaknya berada di dalam sebuah pesawat. Kamu bisa mengatur kemiringan kursi, sandaran tangan, ada juga pengisi daya ponsel (charging port), full AC, dan juga toilet yang terpisah antara pria dan wanita. Selain itu, setiap gerbong juga difasilitasi oleh empat layar TV LED yang berfungsi untuk memberikan berbagai informasi terkait posisi kereta dan juga tentunya untuk hiburan para penumpang. Bagasi khusus pun terdapat di dalam gerbong yang berguna untuk menempatkan barang-barang bawaan penumpang.

5. Sebanyak 33 ribu penumpang setiap harinya
www.merdeka.com

PT Railink menyatakan bahwa setiap harinya, kereta bandara dapat mengangkut sebanyak 33 ribu penumpang dengan menggunakan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta. Nantinya, kereta bandara ini akan terdiri atas 12 rangkaian kereta yang tiap rangkaian memiliki 42 bangku dengan total penumpang yang dapat diangkut sebanyak 272 penumpang.

6. Baru ada tiga stasiun yang beroperasi

megapolitan.kompas.com

Karena kereta bandara bukanlah kereta biasa, maka dibutuhkan stasiun yang dapat menjadi tempat transit untuk kereta ini. Dalam hal ini, baru ada tiga stasiun yang dapat digunakan oleh para penumpang, yakni Stasiun Sudirman Baru, Batu Ceper, dan Bandara Soekarno Hatta. Sementara dua stasiun lainnya, yakni Stasiun Manggarai dan Duri masih dalam tahap pembangunan. Nantinya, rute perjalanan dari kereta bandara ini adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru – Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno-Hatta.

7. Jadwal keberangkatan mulai dari pukul 03.21 WIB

forum.liputan6.com

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru untuk kereta pertama dimulai sejak pukul 03.21 WIB dan untuk kereta terakhir pada pukul 22.51 WIB. Sementara jadwal pemberangkatan sebaliknya, yakni dari Bandara Soekarno-Hatta, kereta pertama akan berangkat pada pukul 04.40 WIB dan kereta terakhir pada pukul 00.40 WIB. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung mengecek jadwal keberangkatan dengan mengakses laman www.railink.co.id atau bisa juga dengan memantau akun Twitternya di @kabandara.

Nah, itu dia tujuh fakta menarik nan kece tentang kereta bandara yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi. Dengan menggunakan kereta ini, waktu tempuh dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta gak nyampe satu jam, lho. Berdasarkan pada jadwal dari PT Railink, kereta bandara ini hanya akan menempuh waktu perjalanan selama 40 menit. Namun, karena masih pada tahap awal, bisa saja waktu tempuh kereta bandara dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta jadi lebih lama. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Suku Misterius Berekor, Orang Boentoet, Dipercaya Ada di Kalimantan. Beneran Nggak Ya?

Suku Misterius Berekor, Orang Boentoet, Dipercaya Ada di Kalimantan. Beneran Nggak Ya?

Bangga Banget, 5 Musisi Indonesia Ini Pernah Mengisi Soundtrack Film Box Office, Lho!

Bangga Banget, 5 Musisi Indonesia Ini Pernah Mengisi Soundtrack Film Box Office, Lho!

Sambut Natal dengan Ledakan Meriam Bambu? Tradisi Unik yang Cuma Ada di Flores!

Sambut Natal dengan Ledakan Meriam Bambu? Tradisi Unik yang Cuma Ada di Flores!

Hati-Hati, Para Pedofil Berkeliaran di Tempat Wisata Indonesia. Jaga Anakmu Baik-Baik!

Hati-Hati, Para Pedofil Berkeliaran di Tempat Wisata Indonesia. Jaga Anakmu Baik-Baik!

Wow, Tradisi Lompat Batu di Nias Ini Bahaya tapi Menakjubkan. Berani Nyoba?

Wow, Tradisi Lompat Batu di Nias Ini Bahaya tapi Menakjubkan. Berani Nyoba?

Mau Belanja Tapi Bayarnya Pakai Bambu? Ya Cuma Ada di Pasar Papringan, Indonesia!

Mau Belanja Tapi Bayarnya Pakai Bambu? Ya Cuma Ada di Pasar Papringan, Indonesia!

loading