Bank BRI Dibobol Ratusan Juta dengan Metode Skimming. Waspada, Kita Bisa Jadi Korban!

www.komando.com

Baru-baru ini kabar mengejutan datang dari dunia perbankan Indonesia. Salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dibobol oleh kelompok penjahat. Diduga, kelompok yang membobol atm para nasabah BRI merupakan kelompok kriminal yang terorganisir. Ahli forensik digital, Ruby Alamsyah, mengatakan jika kelompok tersebut menggunakan metode skimming di dalam melakukan tindak kejahatannya. Apa itu metode skimming? Lalu, apa yang harus dilakukan para nasabah agar tidak menjadi korban skimming? Berikut rangkumannya.

1. Pernyatan Ruby Alamsyah

inet.detik.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Ruby Alamsyah menduga jika kelompok pembobol BRI menggunakan metode skimming di dalam melakukan aksinya. Setelah itu, mereka melakukan pencairan dana di luar negeri.

"Jadi dari perspektif saya, meyakini kejadian tersebut merupakan pembobolan menggunakan ATM fraud dengan metode skimming,"

"Dari salah satu pernyataan pejabat BRI, dia menyebutkan kemungkinan penarikan sejumlah rekening nasabah menggunakan ATM di luar Indonesia. Dibuktikan dengan nominal pasti yang terkena itu tidak bulat, alias ada pecahannya. Lalu, ada tambahan biaya administrasi beberapa puluh ribu," ucapnya seperti yang dilansir dari Kompas.com, Jumat (16/3/2018).

2. Apa itu metode skimming?

www.pinterest.com

Ruby Alamsyah menjelaskan tentang metode skimming. Seperti yang dilansir dari Kompas.com, metode skimming adalah metode pembobolan ATM dengan memasang alat skimming yang memindai data yang terdapat pada pita magnetik atau magnetic stripe pada kartu ATM saat nasabah memasukan ke lubang ATM.

"Alat tersebut menyerupai lubang ATM yang asli," kata Ruby

Dari data tersebut, pelaku dapat menggandakan nomor kartu debit ke kartu baru. Caranya adalah dengan melakukan penggandaan kartu baru dengan data magnetik dari kartu korban, baik menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras pembaca kartu.

"Pelaku memasang spy camera di dekat mesin ATM untuk mendapatkan informasi PIN kartu ATM yang korban tekan di pinpad ATM," ujar Ruby.

Dengan dua kombinasi tersebut, pelaku selanjutnya dapat menggunakan kartu duplikat tersebut untuk mencairkan dananya di mesin atm atau menggunakannya sebagai kartu debit.

3. Sejarah penemuan metode skimming

www.yelp.com

Melansir laman Bank Tech, teknik pembobolan kartu ATM nasabah melalui teknik skimming pertama kali teridentifikasi pada 2009 lalu di ATM Citibank, Woodland Hills, California. Pada saat itu, teknik skimming dilakukan dengan cara mengggunakan alat yang ditempelkan pada slot mesin ATM (tempat memasukkan kartu ATM) dengan alat yang dikenal dengan nama skimmer. Kemudian skimmer tersebut akan mengkloning data dari magnetic stripe yang terdapat pada kartu ATM milik nasabah.

4. Sistematika cara kerja pembobol ATM dengan metode skimming
www.banktheories.com

Melansir dari liputan6.com, Jumat (16/3/2018), berikut cara kerja dari para pelaku pembobol ATM dengan menggunakan metode skimming.

Pertama, Pelaku mencari target mesin ATM yang ingin dipasangai skimmer. Kriteria yang dicari adalah mesin ATM yang tidak ada penjagaan kemanan, sepi dan tidak ada pengawasan kamera CCTV. Lalu Pelaku memulai aksi pencurian data nasabah dengan memasang alat skimmer pada mulut mesin ATM. Melalui alat skimmer para pelaku menduplikasi data magnetic stripe pada kartu ATM lalu mengkloningnya ke dalam kartu ATM kosong. Proses ini bisa dilakukan dengan cara manual, di mana pelaku kembali ke ATM dan mengambil chip data yang sudah disiapkan sebelumnya. Atau bila pelaku sudah menggunakan alat skimmer yang lebih canggih, data-data yang telah dikumpulkan dapat diakses dari mana pun. Umumnya data dikirimkan via SMS.

5. Apa yang harus dilakukan para nasabah bank ketika menjadi korban skimming?
katadata.co.id

Bambang Tribaroto selaku Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengatakan hal yang paling utama dilakukan ketika korban pembobolan rekening adalah melapor ke pihak bank. "Langsung laporkan ke call center, jelaskan apa yang terjadi. Sebagai langkah awal nantinya kartu ATM akan diblokir, secara otomatis id internet dan mobile banking juga akan ikut terblokir," kata Bambang seperti yang dilansir dari Detik.com.

Setelah itu, para nasabah diminta untuk menunggu beberapa waktu selagi pihak bank melakukan penelusuran terhadap kejadian yang menimpa korban. Kemudian, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan oleh para nasabah agar tidak menjadi korban pembobolan rekening.

Pertama, usahakan untuk menghindari penggunaan mesin ATM di tempat yang sepi,untuk meminimalisir kejadian penyalinan data. Kedua, jangan pernah memberikan informasi PIN kepada siapa pun. Ketiga, jika melakukan transaksi, usahakan ketika memasukkan pin, para nasabah menutupnya dengan tangan biar tidak dilihat oleh orang lain. Keempat, jika bertransaksi menggunakan internet banking, maka jangan sekali-kali menggunakan WiFi bebas, komputer bebas, dan jangan pernah menekan pilihan simpan password yang ditawarkan oleh browser.

Itu dia beberapa catatan tentang metode skimming yang dilakukan oleh kelompok pembobol ATM. Pada intinya, kamu harus selalu berhati-hati dan waspada ketika melakukan penarikan maupun transaksi lainnya di ATM dan internet banking agar rekeningmu bisa selalu aman. Selain itu, selalu waspada dengan berbagai modus penipuan, ya. Jangan mudah percaya pada informasi yang didapat tidak dari sumber resmi.

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sering Bikin Kesel Karena Susah Disalip, Inilah 5 Fakta Unik Mobil Tangki Pertamina!

Sering Bikin Kesel Karena Susah Disalip, Inilah 5 Fakta Unik Mobil Tangki Pertamina!

Seorang Guru Suruh Siswa Jilati Toilet Sekolah. Begini Potret Buram Pendidikan di Indonesia!

Seorang Guru Suruh Siswa Jilati Toilet Sekolah. Begini Potret Buram Pendidikan di Indonesia!

Kece Maksimal! Desainer Ini Bawa Tenun NTT Mendunia di Ajang Paris Fashion Week!

Kece Maksimal! Desainer Ini Bawa Tenun NTT Mendunia di Ajang Paris Fashion Week!

Heboh Harimau Sumatra Dikuliti Warga, Begini Fakta Keberadaannya yang Kian Terancam. Miris Banget!

Heboh Harimau Sumatra Dikuliti Warga, Begini Fakta Keberadaannya yang Kian Terancam. Miris Banget!

Mengungkap Kebenaran di Balik Simpang-Siur Supersemar. Dokumen Penting yang Mengubah Sejarah Indonesia!

Mengungkap Kebenaran di Balik Simpang-Siur Supersemar. Dokumen Penting yang Mengubah Sejarah Indonesia!

Selamat! Kapal Pinisi Kini Sudah Diakui Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO!

Selamat! Kapal Pinisi Kini Sudah Diakui Sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO!

loading