Bangga! Tari Saman Massal di Gayo ini Pecahkan Rekor MURI dengan 12.262 Penari!

15 Agustus 2017
|Romlah Sundari

Pernah melihat pertunjukan tari saman? Tarian yang berasal dari Gayo, Aceh, ini biasanya ditarikan oleh belasan hingga puluhan orang yang duduk bersimpuh sembari menepuk bahu, paha, dan tangan mereka secara kompak dan berbarengan. Namun apa jadinya jika tarian unik ini ditarikan tidak hanya oleh belasan atau puluhan orang melainkan belasan ribu orang? Baru-baru ini, Pemerintah kabupaten Gayo, berhasil membuktikan bahwa tarian saman ternyata dapat ditarikan oleh belasan ribu orang secara bersamaan.

Ya, hari minggu (13/8) lalu, sebanyak 12.262 orang penari saman berkumpul di Stadion Seribu Bukit, di Gayo Lues, Aceh, dalam balutan pakaian tradisional Gayo. Mereka bersama-sama bertekad untuk memecahkan rekor MURI dengan mengadakan pertunjukan tari saman dengan jumlah penari terbanyak. 

Awalnya, target jumlah penari yang ingin dicapai oleh pemerintah Gayo adalah 10.001. Di awal acara, sebelum para penari unjuk kemampuan, petugas dari MURI terlebih dahulu meminta para penari untuk berdiri. Petugas MURI lantas menghitung jumlah penari dan menemukan bahwa lebih peserta Tari Saman Massal ini jauh melebihi target yang diharapkan. Berkat antusiasme masyarakat Gayo, hingga hari minggu kemarin berhasil terkumpul 12.262 orang penari yang siap membantu Pemerintah Gayo memecahkan rekor MURI. Hal ini membuktikan kecintaan masyarakat Gayo terhadap kebudayaan unik mereka.

Tari Saman Massal ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dan dilakukan sebagai bagian dari promosi kekayaan budaya Gayo ke dunia. Memang sejak ditetapkannya Tari Saman sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia Tak Benda oleh UNESCO, pemerintah Aceh jadi begitu gencar mempromosikan Tari Saman di berbagai kesempatan. Dengan membawa Tari Saman sebagai materi pertunjukkan di berbagai acara internasional, Pemerintah Aceh telah menegaskan bahwa Tari Saman adalah kekayaan budaya asli Aceh.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues telah berhasil memecahkan rekor MURI dalam kategori yang sama dengan jumlah penari sebanyak 5.057 orang di tahun 2014 lalu. Sedangkan Peristiwa Tari Saman Massal yang diadakan hari minggu lalu ini dimaksudkan untuk menggantikan rekor tersebut. Penyerahan penghargaan MURI tersebut dilakukan langsung oleh Manager MURI, Andre Purwandono, kepada Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim. Menurut Andre, rekor Tari Saman Massal ini merupakan rekor dunia, karena peristiwa tarian massal ini begitu indah dan berhasil membuat bulu kuduk para penontonnya merinding.

Respek untuk Gayo! Kecintaan mereka akan Tari Saman dan kebudayaan tradisional Aceh telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata internasional!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES