Bangga, 7 Prinsip Ini Menjadi Harga Mati Bagi Orang Batak

keepo.me

Setiap budaya memang memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari adat istiadatnya hingga prinsip yang dipegang teguh bagi setiap masyarakatnya. Prinsip itu kuat dipegang di mana pun mereka berada. Bukan hanya di tanah kebudayaan itu lahir dan besar, namun berlaku juga di daerah mana pun di mana bumi dipijak.

Sama halnya dengan orang Batak. Mereka yang dikenal sebagai orang yang keras baik dari gaya bicara maupun wataknya, mereka juga menjunjung prinsip yang sudah ditanamkan oleh orang tua mereka sejak lahir hingga akhir hayat. Ya, di mana pun mereka berada.

Mungkin bagi yang bukan orang Batak akan bingung dengan ketujuh prinsip orang Batak yang kali ini YuKepo mau bahas. Tapi bagi orang Batak itu sendiri, tidak lagi harus dijelaskan karena sudah mendarah daging di tubuhnya. Penasaran prinsip apa saja yang dipegang teguh oleh orang Batak? Yuk kepoin yuk!

1. Anak sebagai kekayaan

haumanarata.wordpress.com

Annakkonhido Hamoraon adalah sebuah prinsip yang dipegang teguh oleh orang Batak. Prinsip yang beranggapan bahwa anak merupakan kekayaan yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Terlebih lagi apabila anak tersebut berjenis kelamin laki-laki yang akan menjadi pewaris marga orang tua. Biasanya keluarga yang belum juga dikaruniai anak laki-laki, orang tua akan terus hamil dan melahirkan sampai akhirnya mendapatkan anak laki-laki. Gak heran kalau banyak dari keluarga Batak yang memiliki anak yang banyak.

2. Tiga hal utama dalam masyarakat Batak

www.tigasikuindonesia.com

Hagabeon, Hasangapon dan Hamoraon yang berarti kesuksesan, kehormatan dan kekayaan ini menjadi suatu barometer keberhasilan dalam suku Batak. Sukses yang dimaksud adalah sukses baik dalam bidang pendidikan maupun karir. Sedangkan kehormatan adalah pergaulan sehari-hari yang santun dan tidak mencemarkan nama baik keluarga. Sedangkan kekayaan yang bersifat relatif dimaknai dengan hal semakin banyak memberi maka akan semakin banyak menerima juga.

3. Kekayaan adat lebih baik daripada kekayaan ekonomi

farahdiba.it.student.pens.ac.id

Kemiskinan secara ekonomi tidak memengaruhi seseorang untuk memiliki status sosial yang tinggi dalam ranah adat Batak. Tingkatan ekonomi menjadi suatu hal yang dikesampingkan apabila berurusan dengan suatu hal yang berbau adat. Para raja adat banyak yang memiliki kekurangan dalam hal ekonomi, namun orang yang memiliki kecukupan dalam hal materil tetap harus menghormati raja adat tersebut. Memang, adat tidak ada hubungannya dengan materi.

4. Loyal pada teman

rabbanisibolis.blogspot.co.id

Rasa setia kawan orang Batak memang tidak dapat diremehkan begitu saja. Terutama pada sesama orang Batak. Mereka rela melakukan apapun demi kawannya selama tidak ada pengkhianatan di situ. Hal itu juga berlaku pada kawannya yang bukan orang Batak. 

5. Pantang pulang sebelum sukses

harianwartanasional.com

Prinsip ini memang menjadi harga mati bagi orang Batak. Bagi mereka yang merantau, pantang pulang sebelum sukses. Pulang sebelum sukses hanya akan dilakukan apabila ada keluarga atau kerabat yang meninggal. Selebihnya, tidak ada. Gak heran ya kalau orang Batak yang sering kita temui di Jakarta merupakan para penggila kerja.

6. Kerja halal

www.rappler.com

Salah satu prinsip ini yang mesti kita tiru nih. Orang Batak memiliki prinsip kerja keras apapun bidang pekerjaannya. Mau jadi tukang las, tukang tambal ban, maupun supir metromini asalkan itu halal pasti akan selalu ditekuni. Kalau pekerjaannya halal, uang hasil pekerjaan tersebut menjadi berkah. Kalau dibelanjain makanan juga jadi banyak gizinya. Gitu aja.

7. Dalihan Natolu

i.ytimg.com

Prinsip inilah yang menjadi prinsip paling sakral bagi orang Batak. Prinsip yang berarti tiga aturan utama ini harus wajib kudu mesti dipatuhi oleh orang Batak. Tiga prinsip itu adalah Somba Marhula-hula yang berarti hormat pada keluarga istri, Elek Marboru yang berarti harus mampu mengayomi perempuan, dan Manan Mardongan Tubu yang artinya hati-hati pada kawan semarga. Nah, ketiga prinsip itulah yang menyebabkan kekerabatan Batak bisa seerat sekarang. 

Nah itulah 7 prinsip orang Batak yang menjadi harga mati. Gak boleh ditawar-tawar lagi pokoknya. Dengan ketujuh prinsip tersebutlah orang Batak bisa hidup selamat tanpa mencoreng nama baik keluarga. Salut banget ya sama suku Batak. Horas!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Generasi Milenial Tidak Kenal Golput, Perubahan Mereka yang Tentukan - Keepodotme

Generasi Milenial Tidak Kenal Golput, Perubahan Mereka yang Tentukan - Keepodotme

Jual Beberapa Uang Kuno Indonesia ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak

Jual Beberapa Uang Kuno Indonesia ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak

Kisah Baiq Nuril dan Lucunya Penegakkan Hukum di Indonesia - Keepodotme

Kisah Baiq Nuril dan Lucunya Penegakkan Hukum di Indonesia - Keepodotme

Identik Sebagai Lagu PKI, Apa Makna Lagu Genjer-genjer Sebenarnya?

Identik Sebagai Lagu PKI, Apa Makna Lagu Genjer-genjer Sebenarnya?

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral!  - Keepodotme

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral! - Keepodotme

7 Makanan Favorit Presiden-Presiden Indonesia ini Perlu Kamu Ketahui

7 Makanan Favorit Presiden-Presiden Indonesia ini Perlu Kamu Ketahui

loading