Asapnya Membubung Bak Ledakan Chernobyl, Begini 8 Foto Dahsyatnya Letusan Gunung Sinabung. Ngeri!

23 Februari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi

Masyarakat di sekitar Kabupaten Karo, Sumatra Utara dikejutkan dengan letusan Gunung Sinabung yang terjadi pada Senin (19/2/2018) pagi kemarin. Saking dahsyatnya, bunyi dentuman pun terdengar hingga ke wilayah Brastagi. Erupsi kali ini pun tercatat sebagai erupsi terbesar dalam sejarah Gunung Sinabung. Selain letusan, semburan awan panas pun terlihat dari kawah gunung yang mengarah ke selatan dengan jarak luncur 4.900 meter. Letusan tersebut mengakibatkan semburan abu vulkanik setinggi 5 km. Erupsi kali ini disertai dengan gempa dan hujan material berupa bebatuan kecil.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Sumatra Utara, Kombes Rina Sari Ginting mengatakan bahwa setidaknya ada delapan kecamatan yang terkena dampak dari letusan Gunung Sinabung kali ini. Kedelapan kecamatan tersebut, yakni Naman, Teran, Payung, Simpang Empat, Tiganderket, Munte, Kutabuluh, Tigabinaga, dan Juhar.

Bagi kamu yang penasaran seperti gambaran dahsyatnya letusan Gunung Sinabung pada Senin pagi kemarin, berikut foto-fotonya yang berhasil Yukepo kumpulkan!

1. Letusan Senin pagi kemarin menjadi letusan terdahsyat dalam sejarah Gunung Sinabung

2. Gempa pun mengiringi terjadinya letusan kali ini. Tercatat sejak pukul 06.00 hingga 12.00 WIB, sudah terjadi 14 gempa guguran, 5 kali gempa hembusan, 1 kali gempa low frekuensi, dan 5 kali gempa vulkanik dalam

4. Anak-anak yang tengah bersekolah pun panik dan bahkan ada yang menangis melihat kejadian tersebut
5. Dampak dari erupsi kali ini membuat beberapa desa di sejumlah kecamatan yang terkena dampak tersebut gelap gulita

6. Batuan kecil juga menghujani 5 kecamatan terdampak di Kabupaten Karo, yakni Kecamatan Payung, Simpang Empat, Naman Teran, Tiga Nderket, dan Munthe

7. Meski begitu, rasa takut mengalahkan dorongan salah seorang warga untuk mengabadikan letusan Gunung Sinabung

8. Semua pakaian yang tengah dijemur pun menjadi penuh dengan debu vulkanik

Itu dia beberapa potret mengerikan dari letusan Gunung Sinabung. Meski terlihat sangat mencekam, namun Martin selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo menghimbau agar masyarakat tetap tenang. Menurutnya, hal itu masih dalam kategori normal. Hmm, Semoga masyarakat di sana selalu sehat dan dilindungi oleh Tuhan. Semoga Gunung Sinabung kembali tenang seperti sedia kala. Aamiin.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
SHARES