Apa Jadinya Indonesia Jika Rencana Tata Negara Presiden Soekarno Dilaksanakan?

Sumber Gambar

Sebagai seorang bapak proklamator sekaligus presiden pertama, Ir. Soekarno tentunya punya wawasan yang luas serta rencana-rencana luar biasa dalam membangun negaranya yang tercinta, Indonesia. Sayangnya, semua yang memiliki masa kejayaan pasti mengalami masa keruntuhan. Begitu pula dengan presiden pertama kita. Ada beberapa rencana Soekarno yang tidak jadi dilaksanakan. Selain karena membutuhkan banyak biaya dan waktu pembangunan yang lama, juga karena waktu pemerintahannya telah berakhir. Presiden Indonesia berikutnya pun tidak ada yang meneruskan rancangan Soekarno mengenai tata Negara di Indonesia, meskipun Soekarno dikenal sebagai ahli tata kota yang handal. Dikutip dari berbagai sumber, beginilah 7 rencana Soekarno soal rancangan tata Negara Indonesia. Apa jadinya ya jika seandainya rencana Bung Karno ini jadi dijalankan?

1. Pemindahan Pusat Pemerintahan ke Palangkaraya

Sumber Gambar

Rencana pemindahan ini bukan tanpa alasan. Palangkaraya, yang juga merupakan ibukota provinsi Kalimantan tengah, berada di posisi paling tengah di seluruh Indonesia. Selain itu, Kalimantan juga merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, sehingga jika pusat pemerintahan dipindah ke Palangkaraya, maka akan memiliki daerah yang luas. Soekarno sudah mulai membangun tata kota Palangkaraya sebagai pusat pemerintahan kala itu. Terbukti dari ruas jalan raya di Palangkaraya yang cenderung lebar dan terstruktur. Selain itu Palangkaraya juga direncanakan sebagai pusat pertahanan Angkatan Udara di Indonesia.

2. Pusat Pertahanan Angkatan Laut di Biak, Irian Barat

Sumber Gambar

Bukan tanpa alasan Soekarno mati-matian berperang untuk pembebasan Irian barat, yang akhirnya berganti nama menjadi Irian Jaya. Selain memiliki kandungan sumber daya lama yang kaya, Irian Barat juga direncanakan sebagai pusat pertahanan angkatan laut, tepatnya di laut Biak yang merupakan salah satu pulau terluar di wilayah utara Indonesia. Dengan armada laut yang kuat di perbatasan terluar perairan Indonesia, diperkirakan tidak ada yang berani melakukan serangan. Apalagi kalau menterinya seperti bu Susi.

3. Pusat Pertahanan Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat

Sumber Gambar

Menurut Soekarno, nantinya pulau Jawa bukanlah sebagai pusat kehidupan Indonesia seperti sekarang ini. Pulau Jawa akan dijadikan pusat pertahanan angkatan darat, tepatnya di Bandung. Mungkin karena Soekarno melihat keberanian tempur para pemuda dalam peristiwa Bandung lautan api kali ya? Selain itu, topografi daerah bandung pun amat cocok sebagai tempat pelatihan dan pertahanan angkatan darat.

4. Pelabuhan Dagang Di Zona Tapal Kuda

Sumber Gambar

Zona tapal kuda yang dimaksud adalah bagian utara Indonesia, yaitu di bagian utara pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Dikarenakan tiga kepulauan besar tersebut merupakan jalur perdagangan laut yang strategis.

5. Pusat Lumbung Padi di Jawa dan Bali

Sumber Gambar

Tak dapat dipungkiri bahwa tanah Jawa merupakan tanah tersubur di Indonesia. Apapun yang ditanam pasti akan tumbuh dan panen. Itulah sebabnya mengapa Soekarno merencanakan pulau Jawa dan Bali sebagai pusat penyimpanan lumbung padi. Sayangnya rencana ini tidak jadi direncanakan dan semua kegiatan ditumpah ruahkan ke pulau Jawa sehingga terjadi ketimpangan penduduk yang tidak merata.

6. Pembangunan terowongan bawah tanah penghubung Sumatera, Jawa dan Bali

Sumber Gambar

Karena kedalaman lautnya terbilang dangkal, maka Soekarno merencanakan terowongan penghubung untuk mempermudah transportasi di ketiga pulau ini.

7. Jakarta sebagai display kota modern

Sumber Gambar

Meskipun pusat pemerintahan direncanakan pindah ke Kalimantan dan pusat pertahanan Negara dipindah menyebar ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, namun Jakarta tetap takkan dilupakan dari sejarah. Meneruskan pembangunan yang sudah dilakukan Belanda di kota tua ini, Jakarta akan tetap dikembangkan menjadi kota modern, sekaligus display dan icon dalam menyambut tamu-tamu dari luar negeri. Karena penyebaran penduduk sudah lebih merata, tentunya Jakarta takkan sepadat sekarang.

Ternyata ada rencana hebat yang tak kita ketahui. Kira-kira apa jadinya Indonesia jika rencana Soekarno terlaksana?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Selain Megawati, Ternyata Masih Ada 10 Lagi Anak Dari Presiden Soekarno

Selain Megawati, Ternyata Masih Ada 10 Lagi Anak Dari Presiden Soekarno

loading