Apa Bedanya Tempe Mendoan dan Tempe Goreng Biasa? Pecinta Gorengan Perlu Tahu Ini

18 Juli 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Pernah mengalami hal ini, pesan mendoan tiba-tiba yang datang malah tempe goreng. Ekspektasi makan olahan kedelai yang lebar berkemul tepung yang gurih mendadak sirna karena hanya tersaji tempe tepung kecil yang digoreng terlalu kering. Lho bukannya mendoan memang tempe dicelup tepung terus digoreng?

Jangan bilang kamu termasuk yang beranggapan semacam ini. Meski sama-sama hasil dari olahan kedelai, keduanya ternyata berbeda. Mendoan punya bentuk, tekstur, sekaligus rasa yang berbeda dari tempe goreng biasa. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan mengenai perbedaan dua jenis gorengan favorit kita semua ini.

Tempe goreng biasanya terbuat dari tempe balok yang tebal kemudian diiris tipis. Makanan ini biasanya dibuat dengan membungkus kedelai fermentasi dengan plastik atau daun yang diisi setengah penuh. Sementara olahan kedelai untuk mendoan memang sudah dalam bentuk yang pipih. Kedelai ditata jarang-jarang lalu disusun jadi tiga lapis baru kemudian dibungkus daun pisang. Inilah yang jadi rahasia mengapa mendoan tipis dan lebar.

Untuk persoalan bumbu, sebenarnya keduanya sama. Beberapa orang kadang mengadaptasi bumbu mendoan untuk menggoreng jenis tempe yang biasa. Bumbu utama mendoan antara lain, bawang putih, ketumbar, dan garam. Kadang ada orang yang memasaknya dengan rempah-rempah lengkap seperti kemiri, sedikit jahe, dan kunyit untuk memunculkan warna kuning. Tentu hal itu kembali lagi kepada selera masing-masing. Dan bahan yang tak boleh terlupa adalah irisan daun bawang yang memberikan cita rasa yang lebih sempurna.

Proses memasak keduanya pun tak jauh berbeda. Keduanya digoreng dalam minyak yang benar-benar panas. Metode deep fry, merupakan rahasia matang merata dalam menggoreng gorengan ini. Hanya saja, mendoan sebaiknya tidak digoreng terlalu lama karena dapat cepat garing. Jika terlalu matang maka akan menghilangkan makna mendo atau setengah matangnya pada mendoan. Sedangkan yang biasa biasanya digoreng hingga krispi dan garing.

Meski menggunakan bumbu yang sama maupun cara masak yang sama, biasanya hasilnya belum tentu sama enaknya. Sebabnya, perbedaan utama mendoan dan tempe goreng terletak pada jenis yang digunakan. Namun jangan khawatir, keduanya pun sama-sama dapat dinikmati dengan sambal kecap maupun cabe rawit. Dan juga sama nikmatnya disantap saat masih panas. Lalu, mana dari keduanya yang sesuai seleramu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES