Anak Ngapak Sejati Harus Tahu 19 Kata Ini! Ora Ngerti Ya Kebangetan

21 Agustus 2017
|Chandra W.
0SHARES

Siapa yang punya teman atau pacar orang ngapak? Apa jangan-jangan kamu sendiri orang ngapak? Dialek bahasa yang satu ini emang udah terkenal banget di seantero negeri. Dengan slogan "ora ngapak, ora kepenak" alias 'nggak ngapak, nggak enak', orang ngapak memang paling mudah dikenali dari cara bicaranya. Ada qolqolah-nya gitu, sugra dan kubra. Nyatanya, ngomong pakai bahasa ngapak emang enak banget, apalagi kalau sedang marah. Lebih mantep gitu rasanya. Nah, buat kamu yang ngaku anak ngapak atau punya gebetan orang ngapak, kayaknya bakal lebih seru kalau udah belajar kosakatanya nih. Berikut ini sembilan belas kosakata dari ngapakers yang udah YuKepo himpun buat kamu. Simak, ya!

1. Impossibru

"Mengko nyong arep nembak si Ratna neng ngarep gerbang sekolah."

"Ya nganah. Ora gadang diterima."

2. Mangane santai bae, grasa-grusu malah untune gigal lha kapok

Bisa diterapkan pada apa saja.

Jatuh dari motor: "gigal lagi numpak motor".

Kue jatuh dari meja: "rotine gigal sekang meja".

3. Nyong wis kadung tresna karo kowe, dik

Bisa juga diganti dengan kata "kebanjur" yang bermakna sama.

4. Nyong. Tanpa i atau e di depannya

Jadi, bukan inyong atau enyong, ya. Plis. Nyong dadi kepengin misuh.

5. Kencot banget koh, urung mangan telung taun

Kencot ya madhang, aja turu.

6. BMW (Bar Madhang Wareg)

Aslinya sih Bar Madhang Wangsul. Kaya kalo di kondangan-kondangan gitu.

7. Kopi irenge kiye nyamleng pisan ya, mbok!

Keduanya sering digunakan untuk menggambarkan betapa mantapnya rasa hidangan.

8. Jujur salah, lombo dosa

Bentuk panjangnya: "nglomboni" yang bermakna 'membohongi'.

"Nyong apal raine rika angger lagi nglomboni wong. Wis nganah bali bae lah."

9. Rika sih sapa?!

Jangan dikira nama orang, ya. Rika itu artinya kamu dalam bahasa ngapak. Selain "rika", "kowe", dan "ko" juga sering digunakan.

10. Rampung ngumbaih, gari ngendhong

Biasanya pelakunya adalah ibu-ibu komplek dan tujuan dari ngendhong tidak lain dan tidak bukan adalah untuk apaaaa? Yes, bener banget. Ngerumpi. Gosip, digosok makin sip.

11. Rika padabae karo roti gandum: maregi!

Kamunya nyebelin, rotinya ngenyangin.

12. Selain "kenthir", kata ini cukup sering digunakan untuk menggambarkan kegilaan

Kae bocah senenge menek wit kelapa terus njoged neng nduwur. Anu gemblung apa, ya?

13. Kowe disit nganah sing maju

Nyong disitan ya, wis dienteni mboke kon tuku mendoan.

14. Raimu kaya serabi gosong. Ala

Sing penting pede, ya mbok?

15. Maghrib-maghrib lawange ditutup mbok medine pada mlebu

Ujar-ujare medi angger mlebu ora nembus tembok?

16. Dadi wong aja pelit kayakuwe, mbok mlebu neraka

Bayangin kalau Princess Syahrini ngomong "seperti itu"-nya diganti "kayakuwe".

17. Jere arep maring mall. Mayuh!

Jadi, ini sifatnya mengajak ya, lur.

18. Nyong mau madhang nganggo iwak sapi. Nylekamin pisan

Yes. Berlaku juga untuk ayam, menjadi iwak ayam. Kalau ikan gurameh ya jadinya iwak grameh. Grameh, ya. Nggak pake u.

19. Arep njangan apa dina kiye, Katiyem?

Jangan kangkung, jangan bayem, jangan apa bae sing penting nganggo micin.

Selain 19 kosakata tadi, masih banyak banget sebenernya kosakata lain. Kamu bisa langsung belajar ke temenmu yang asli ngapak. Ada yang bisa nambahin?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES