9 Misteri di Sejarah Indonesia yang Belum Terbongkar Hingga Sekarang

www.tentik.com

Kamu pasti belajar sejarah pertama kali di dalam sekolah. Berbagai macam cerita mengenai Indonesia kamu dapatkan di institusi tersebut. Sayangnya, gak semua cerita sejarah dapat masuk ke dalam kurikulum sekolah. Negara kita, Indonesia masih memiliki berbagai macam misteri yang belum mampu dipecahkan sampai saat ini. Ya maklumlah, Indonesia sebelum menjadi suatu negara, sudah memiliki sejarah yang sangat panjang. Hal itu pun diperkuat ketika ditemukannya manusia purba Meganthropus di Solo yang diperkirakan berumur 1 sampai 2 juta tahun yang lalu.

Walaupun demikian, misteri di Indonesia gak berhenti hanya di zaman purba itu. Pada jaman reformasi pun, ada beberapa misteri yang sayangnya masih menjadi teka-teki dalam sejarah Indonesia. Daripada banyak cingcong, yaudah langsung kita kepoin aja 9 misteri Indonesia di bawah ini!

1. Manusia berbuntut dari Borneo, Kalimantan

www.tentik.com

Penduduk di hutan Borneo percaya bahwa terdapat manusia berekor yang tinggal di hutan tersebut. Mendengar kabar demikian, pada tahun 1879 seorang peneliti asal Norwegia, Carl Alfred Bock datang ke Borneo untuk memastikan kebenarannya. Namun sayangnya, ia tidak dapat membuktikan misteri oerang boentoet tersebut dengan mata kepalanya sendiri. Wah, kayaknya ini keturunan Saiya seperti Son Goku ya punya buntut?

2. Manusia purba di Flores

www.tentik.com

Di tahun 2003, ditemukan sembilan spesimen tulang di Liang Bua, Flores, Nusa Tenggara Timur. Dari tulang tersebut, diperkirakan tinggi makhluk ini tidak lebih dari 100 cm. Para arkeolog menduga bahwa manusia purba ini berasal dari zaman sebelum era homo sapiens

3. Hilangnya Candi Borobudur

www.sumber.com

Banyak sejarawan menduga bahwa akibat letusan gunung merapi, Candi Borobudur pernah hilang ditelan abu vulkanik. Kejadian itu berlangsung pada tahun 1000-an awal. Dan sekitar tahun 1835, Candi Budha terbesar di dunia ini ditemukan kembali di Desa Bumisegoro, Magelang, Jawa Tengah. Berarti Candi Borobudur pernah hilang dari dunia selama kurang lebih 800 tahun ya? Namun, penyebab pasti dari hilangnya candi tersebut masih dipertanyakan. 

4. Misteri Gunung Padang

upload.wikimedia.org

Situs Megalitikum ini ditemukan di daerah Cianjur, Jawa Barat. Dilihat dari luasnya yang melebihi Candi Borobudur, dan dengan ketinggian mencapai 220 meter, para peneliti menduga usia situs megalitikum ini sama dengan piramida di Mesir. Oh ya, batu-batu yang berserakan di situs ini bisa menjadi alat musik lho! Masing-masing batu memiliki suara yang berbeda jika dimainkan.

5. Piramida Sadahurip

upload.wikimedia.org

Di Garut, Jawa Barat pun ditemukan sebuah gunung yang berbentuk piramida. Namun, sampai saat ini peneliti masih belum bisa menemukan bagaimana asal usul dan kebenaran dari Gunung Sadahurip ini. Sejauh ini, peneliti baru bisa menduga bahwa usia dari Sadahurip itu lebih tua dibandingkan Piramida Mesir di Giza. 

6. Suku Lingon yang bermata biru

sharingmedia.org

Ternyata bukan hanya orang Barat yang memiliki mata biru. Di Indonesia, terdapat suku Lingon yang seluruh penduduknya memiliki mata berwarna biru. Suku ini tinggal di daerah Maluku Utara. Suku ini diperkirakan berasal dari bangsa Eropa yang kapalnya karam di pulau Halmahera sehingga mereka menetap di sana. 

7. KapaL hantu SS

www.suratkabar.id

Pada tahun 1974, ditemukan sebuah kapal di Selat Malaka yang mengirim sinyal ke kapal lain yang berada di kawasan Sumatera. Ketika kapal tersebut diperiksa, ternyata para awak dalam kapal itu telah meninggal dunia. Lah terus yang ngirim sinyal siapa dong?

8. Penembak misterius atau Petrus

www.tentik.com

Pada zaman orde baru, yakni sekitar tahun 1982 hingga 1985, terdapat komplotan yang disebut Petrus atau penembak misterius. Tugas mereka membunuh semua orang yang dicurigai preman atau musuh negara. Sampai saat ini, identitas mereka dan dalang dari aksi tersebut belum dapat diketahui. 

9. Pembunuhan Munir

2.bp.blogspot.com

Munir meninggal setelah diberikan racun ketika ia di dalam pesawat perjalanan ke Belanda. Banyak masyarakat menilai, kematian Munir ini merupakan ulah pemerintah yang takut akan keburukannya dibongkar oleh Munir.  

Menurut kamu gimana nih 9 misteri di atas, kira-kira kapan ya bisa terpecahkan? Tapi kayaknya untuk misteri manusia berekor agak sulit ya buat dibongkar. Kalaupun sampai bisa ada bukti-bukti mendukung mengenai oerang boentoet, wah pasti jagad maya bakalan heboh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Termasuk Kasus Munir, Inilah 7 Misteri di Indonesia yang Belum Terpecahkan hingga Sekarang

Termasuk Kasus Munir, Inilah 7 Misteri di Indonesia yang Belum Terpecahkan hingga Sekarang

Gak Habis Pikir, Inilah Deretan Nama SD yang Aneh di Indonesia

Gak Habis Pikir, Inilah Deretan Nama SD yang Aneh di Indonesia

Festival Kesenian Yogyakarta 2017 Akan Segera Digelar Bulan Juli Mendatang

Festival Kesenian Yogyakarta 2017 Akan Segera Digelar Bulan Juli Mendatang

Dulu Menjadi Makanan Favorit, 7 Jajanan Khas Pasar Ini Kini Sulit Ditemukan

Dulu Menjadi Makanan Favorit, 7 Jajanan Khas Pasar Ini Kini Sulit Ditemukan

Inilah Beberapa Potret Kehidupan Keturunan Jawa di Suriname

Inilah Beberapa Potret Kehidupan Keturunan Jawa di Suriname

Inilah 7 Fakta Unik Suku Batak yang Bikin Kamu Mau Teriak “Horas!”

Inilah 7 Fakta Unik Suku Batak yang Bikin Kamu Mau Teriak “Horas!”

loading