9 Foto Polisi Zaman Dulu yang Terlihat Sangat Sederhana, Tapi Tetap Terlihat Gagah

15 Juli 2017
|Reza Pratama
275SHARES

Sebagai penegak hukum, polisi memang diwajibkan untuk memiliki wibawa serta ketegasan dalam menegakkan keadilan. Maka tak heran untuk menjadi seorang polisi dipelukan rentetan proses dan pelatihan yang cukup ketat dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dilakukan agar para penegak hukum bisa bekerja seadil-adilnya dalam menegakkan hukum tanpa memandang bulu. Tak hanya tegas dan berwibawa, menjadi seorang polisi juga harus memiliki sifat melindungi dan mengayomi. Karena sejatinya tugas seorang polisi adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. 

Namun, pernahkah kamu membayangkan bagaimana penampilan para polisi zaman penjajahan dulu? Apakah sama dengan polisi di zaman sekarang yang terlihat gagah dan berwibawa? Tentunya di zaman dulu, menjadi seorang polisi tak serumit dan seketat seperti sekarang. Hal yang terpenting adalah memiliki hati yang tulus dan mau bekerja keras untuk melindungi masyarakat. Dari segi penampilannya pun, polisi zaman dulu terlihat lebih sederhana dan terlihat apa adanya. Namun, penampilan sederhananya ini tidak menghilangkan sosok wibawa para polisi di zaman dulu. 

Dari sejak zaman dulu, polisi memang sudah ditugaskan sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Jika sekarang peralatan polisi sudah serba canggih dan lengkap, polisi zaman dulu hanya bermodalkan pistol laras panjang dan pedang saja. Daripada penasaran dengan penampilan polisi zaman dulu, berikut foto-foto yang menunjukkan kesederhanaan polisi zaman dulu yang tetap terlihat berwibawa. 

1. Seragam sersan yang terlihat begitu simpel tanpa banyak gelar

2. Kostumnya masih berbau-bau kompeni

3. Sering terjun langsung ke pemukiman warga

4. Polisi menjadi pangatur lalu lintas utama karena pada saat itu masih belum ada lampu lalu lintas

6. Kendaraan polisi pada saat itu hanya ontel dan kuda

7. Para petinggi polisi berfoto di depan kantor

8. Tak hanya mengayomi, namun juga pintar bermain musik

9. Tak hanya warga pribumi saja yang menjadi polisi, namun juga para kompeni

Nah, itulah beberapa foto polisi Indonesia zaman dulu yang terlihat amat sederhana, namun tetap memiliki wibawa dan tanggung jawab yang tinggi. Jika di zaman sekarang peran polisi bisa diwakilkan oleh lampu lalu lintas yang terpasang di setiap perempatan dan pertigaan jalan, pada zaman dahulu kala polisi lah yang menjadi pengatur lalu lintas utama sebelum akhirnya digunakan lampu lalu lintas seperti sekarang ini. Nah, bagaimana pun penampilannya polisi zaman dulu, mereka tetap memiliki peran yang sangat penting bagi kemanan dan kenyamanan lingkungan masyarakat. Semoga kesederhanaan dan kewibawaan polisi zaman dulu bisa menjadi inspirasi polisi-polisi zaman sekarang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
275SHARES