80 Ribu Lebih Orang Mendaftar CPNS 2017, Kenapa PNS Jadi Pekerjaan Idaman?

05 Agustus 2017
|Romlah Sundari
93SHARES

Setelah selama beberapa tahun penerimaan pegawai negeri sipil atau CPNS ditutup melalui kebijakan moratorium pemerintah, kini pemerintah mulai kembali menggelar CPNS untuk beberapa instansi. Kebijakan moratorium ini dikeluarkan oleh pemerintah karena jumlah PNS di Indonesia dinilai terlalu banyak dan membuat anggaran belanja aparat negara menjulang tinggi. Menanggulangi tingginya jumlah PNS, pemerintah lantas mengambil kebijakan untuk menutup sementara penerimaan CPNS sembari memperbaiki sistem kepegawaian negara agar lebih efisien dan tepat guna. Kebijakan moratorium ini telah berakhir tahun ini, meski tetap berlaku untuk PNS yang sifatnya administratif.

Pemerintah mulai tanggal 1 Agustus kemarin, resmi membuka pendaftaran CPNS untuk mengisi posisi kosong di beberapa instansi negara seperti Kementerian Hukum dan HAM, Imigrasi, dan Mahkamah Agung. Pada hari pertama pendaftaran dibuka, tercatat ada lebih dari 80 ribu orang yang berbondong mendaftarkan diri. Pekerjaan sebagai PNS hingga saat ini memang masih menjadi pekerjaan yang diincar oleh banyak anak muda di Indonesia. Namun, apa alasannya? Kenapa pekerjaan sebagai PNS jadi begitu populer hingga ribuan muda-mudi bangsa berbondong berebut posisi? Hmm, ini nih 7 alasan dibalik popularitas pekerjaan yang satu ini!

1. Kemungkinan dipecat jauh lebih kecil

Sebagai PNS, prosedur pemecatan dalam instansi negara tidaklah mudah. Harus melalui birokrasi yang rumit sehingga jarang dilakukan pemecatan PNS kecuali dalam kondisi yang benar-benar mengharuskan terjadinya pemecatan. Selain itu, PNS juga relatif aman dari PHK.

2. PNS adalah pekerjaan yang stabil dan aman

Sebagai PNS, pekerjaan yang ditangani akan cukup rutin dan stabil. Jam kerja pun tetap sehingga akan jadi sangat mudah membangun rutinitas bagi PNS. Dan enaknya, PNS dalam pekerjaannya seringkali tidak memiliki target tertentu sehingga pekerjaan yang dilakoni minim stress dan gaji pun tetap, tidak tergantung pada tercapainya target bulanan.

3. Masa tua para PNS terjamin oleh negara

Ini adalah salah satu keuntungan dari menjadi PNS yang diinginkan oleh banyak orang. Ya, jaminan hari tua PNS dilakukan dengan memberikan dana pensiun setiap bulannya bagi setiap anggota PNS. Dan dengan jaminan ini, PNS tidak perlu lagi pusing memikirkan tabungan dan investasi hari tua.

4. Bisa jadi jalan untuk melanjutkan studi ke luar negeri

Mungkin kamu belum tahu, tapi terdapat banyak kesempatan bagi PNS untuk melanjutkan studi ke luar negeri dengan biaya dari negara. Ya, menjadi PNS tidak akan menghambat keinginanmu untuk menuntut ilmu dan justru mendukungnya.

5. Calon menantu idaman mertua

Karena pekerjaan sebagai PNS adalah pekerjaan yang stabil dan aman, maka orangtua juga pasti akan lebih yakin melepas anaknya untuk menikahi PNS. Mereka akan merasa bahwa dengan menikahi PNS, kehidupan anaknya pasti terjamin dan tidak akan kesusahan.

6. Tunjangan PNS cukup besar

Meski gaji PNS cenderung kecil dibandingkan dengan gaji dari perusahaan swasta, namun berbagai tunjangan yang diberikan oleh pemerintah sebenarnya cukup besar. Selain itu, PNS juga cenderung dipermudah dalam urusan kredit dan pinjam meminjam uang.

7. Memiliki prestise tersendiri

Sebagai PNS yang mengabdi pada negara, menjadi PNS memiliki prestise tersendiri. Bukan hanya rasa bangga karena mengabdi, namun juga karena dari sejarah sistem feodal di Indonesia, PNS termasuk kedalam golongan elit dan ‘priyayi’ yang harus dihormati oleh masyarakat biasa.

Memang setiap pekerjaan pasti memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Terlepas dari berbagai keuntungan bekerja sebagai PNS diatas, menjadi PNS juga memiliki beberapa kerugiannya tersendiri. Seperti mekanisme kenaikan gaji yang rumit, lingkungan yang kadang membosankan, hingga anggapan kalau jadi PNS berarti hanya mau cari aman saja.

Bagaimanapun, pilihan pekerjaan haruslah sesuai dengan passion masing-masing tiap orang yang berbeda-beda. Jika kamu memang memiliki mimpi untuk mengabdi kepada negara dengan menjadi bagian dari aparat negara, maka kejarlah mimpimu. Namun jika kamu ingin mengabdi pada negara melalui jalan lain, menjadi wirausahawan misalnya, jangan kecil hati dan teruslah kejar mimpimu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
93SHARES