8 Foto TNI di Medan Tugas Ini Bikin Mata Berkaca-kaca

19 Agustus 2017
|Fatimah Artayu Fitrazana
103SHARES

Sebagai warganet yang budiman, kamu pasti tahu tentang aksi seorang prajurit TNI yang menjadi viral beberapa waktu lalu. Sosok prajurit TNI bernama Serka Muhammad Darwis pun sontak menjadi perbincangan karena keberanian dan ketulusannya membantu anak-anak melewati sungai untuk bersekolah.

Tapi ternyata, bukan hanya Serka Darwis yang berhati malaikat di balik sosok tegas dan tegap prajurit. Ada beberapa momen prajurit TNI yang tak kalah mengharukan sekaligus membuat kita bangga karena memiliki prajurit TNI seperti mereka. Siapa saja? Berikut ini delapan foto yang sempat diabadikan para warganet.

1. Serka Muhammad Darwis seberangkan anak-anak sekolah pakai Gondola

“Panggilan nurani sebagai prajurit TNI”, begitulah kata Bintara Pembina Desa Koramis 1412-03/Rante Angin ini. Serka Muhammad Darwis telah bertugas sejak 2009 di Kecamatan Ranteangin dan memiliki misi untuk membina beberapa desa, seperti Desa Landolia, Desa Rantebaru, Desa Maroko, dan juga Kelurahan Ranteangin.

Sosok Babinsa ini ramai diperbincangkan karena foto dirinya yang sedang membantu anak-anak sekolah melewati Sungai Ranteangin sedalam 6 meter di Desa Maroko menggunakan Gondola menjadi viral. Masyarakat sangat kagum dan terharu atas aksi Serka Darwis tersebut. 

2. Aksi heroik Pelda Anwar membopong balita dari arus sungai

Selain kisah Serka Darwis yang viral, cerita penyelamatan seorang balita yang terseret arus Sungai Gugur di Desa Pule, Trenggalek oleh Pelda Anwar juga turut menjadi perbincangan warganet. Fotonya yang terlihat membopong bocah balita yang terlihat lemas itu mengundang simpati banyak pihak dan tak sedikit yang memuji keberanian Pelda Anwar menembus derasnya aliran sungai itu.

Meski berhasil mengeluarkan anak malang ini dari derasnya arus sungai, namun sayang nyawanya tetap takbisa diselamatkan. Pelda Anwar bahkan telah berupaya memberi napas buatan, memompa jantung, dan sesegera mungkin membawanya ke Puskesmas terdekat. Namun, nyawa anak itu tetap tidak tertolong.

3. Hikmah musibah asap: contoh kebersamaan ala prajurit TNI

Bencana asap sempat menggegerkan publik karena tak kunjung terselesaikan. Meski TNI dan seluruh elemen masyarakat dikerahkan untuk membantu mengatasinya, namun asap di tanah Sumatera ternyata tak mudah hilang. Walaupun begitu, di balik setiap musibah pasti ada hikmahnya. Dari upaya menghilangkan asap ini, sebuah contoh kebersamaan yang sederhana oleh dua orang prajurit TNI tertangkap lensa kamera dan menjadi viral.

Di tengah pekatnya asap, tampak seorang prajurit berbagi sebungkus mie instan yang belum matang pada rekannya. Sontak masyarakat pun memberi banyak pujian setelah foto ini diunggah ke media sosial. 

4. Sempat terlihat memberi sedekah, padahal prajurit sedang latihan fisik

Sebuah foto unggahan sebuah akun Instagram @indonesian_spetsnaz ini telah mencuri perhatian masyarakat. Foto ini memperlihatkan sebuah kesatuan prajurit TNI yang tengah berlari sebagai salah satu bentuk latihan fisik mereka. Lalu, seorang prajurit kedapatan memberikan sedekah kepada seorang ibu yang duduk di tepi jalan.

Pemandangan ini sempat membuat heboh jagad maya. Masyarakat kebanyakan tersentuh atas apa yang dilakukan oleh prajurit tersebut. Mereka tidak menyangka jika kesan prajurit TNI yang terlihat kaku dan garang, ternyata juga memiliki kepedulian yang tinggi pada sesama.

5. Contoh mulia hadapi bencana alam, prajurit TNI shalat meminta hujan

Bencana alam berupa kabut asap yang diakibatkan pembakaran liar terjadi di beberapa daerah sekaligus. TNI, seluruh aparat, dan masyarakat yang membantu pemadaman dibuat kewalahan karena beberapa titik api masih saja muncul. Sadar tak hanya perlu berupaya, prajurit TNI berseragam loreng-loreng pun meminta pertolongan Tuhan Yang Maha Esa dengan menggelar shalat Istisqa.

Seperti foto yang diunggah oleh pemilik akun Facebook, Eka Wijayanti, para prajurit bersujud meminta hujan turun agar bencana kabut asap segera bisa selesai. Foto ini pun menjadi viral dan pujian tak henti mengalir untuk para tentara kebanggaan rakyat Indonesia ini.

6. Salut! Prajurit ini rela gendong seorang nenek untuk dievakuasi

Seorang prajurit anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) terlihat sedang bertugas membantu penduduk desa lokasi bencana alam agar bisa dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sayangnya, sarana untuk memindahkan warga ini cenderung minim. Warga harus melewati jembatan bambu ala kadarnya untuk menyeberangi sungai yang beraliran cukup deras di bawahnya.

Seorang anggota Babinsa yang bertugas di sana terlihat menggendong seorang nenek agar tak kesulihatan saat dipindahkan. Sebuah akun Instagram @indonesian_spetsnaz terlihat mengunggah momen tersebut. Alhasil, jepretan ini mencuri hati masyarakat dan menganggap anggota Babinsa tersebut pantas mendapat penghargaan yang layak atas upayanya membantu korban bencana.

7. Korban kebakaran kapal bisa diselamatkan karena sersan TNI ini melintas

Sersan Mayor (Serma) Musbah adalah sosok di balik penyelamatan puluhan penumpang Kapal Lintas Biru Nusantara jurusan Raha-Maligano yang terbakar Agustus tahun lalu. saat peristiwa terjadi, Serma Musbah kebetulan sedang akan menuju Raha dari pelabuhan Maligano menggunakan Katinting miliknya. Dia pun melihat kapal motor dalam keadaan terbakar.

Penumpang yang panik dan ketakutan kemudian dinaikkan ke kapal miliknya satu per satu. Serma Musbah lalu mengambil perahu yang lebih besar dan mengangkut sebagian lagi penumpang yang masih terapung di lokasi terbakarnya kapal. Berita ini kemudian tersebar luas dan Serma Musbah pun mendapatkan apresiasi dari Komandan Korem 143/Haluoloe Kendari, Kolonel Inf Immanuel Ginting.

8. Kegesitan petugas berhasil selamatkan korban keganasan letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud tahun 2014 melumpuhkan roda kehidupan masyarakat sekitar karena pekatnya abu vulkanik yang dihasilkannya. Gambaran tentang betapa mengerikan bencana alam yang harus ditanggung oleh warga sekitar gunung tak begitu saja membuat Tim Kopassus yang diberi tugas mengevakuasi korban menyerah.

Ketika tim medis sedang menyisir desa, prajurit mendengar petugas kesehatan meniupkan peluit tiga kali, tanda ada korban yang perlu mendapatkan pertolongan dengan segera. Prajurit dan petugas menemukan nenek Dul terbaring lemas dan segera membawanya ke posko pengungsian. Berita ini sempat menghebohkan dan karenanya prajurit TNI beserta tim kesehatan yang bertugas menuai pujian dari warganet.

Itulah delapan foto aksi mengharukan yang dilakukan oleh prajurit TNI kebanggaan Indonesia ini. Jadi makin cinta ‘kan sama TNI kita?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatimah Artayu Fitrazana
Gak Punya Quote Nih!
103SHARES