7 Video Paduan Suara Luar Negeri Nyanyikan Lagu Daerah Indonesia. Merinding Saking Bangganya!

18 September 2017
|Chandra W.
11SHARES

Keragaman budaya Indonesia yang tersebar di ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, dari Timor sampai ke Talaud, dan dari Miangas sampai Rote, salah satunya berdampak pada banyaknya lagu daerah yang kita punya. Bukan hanya lagu sebenarnya. Ada tarian, ritual, hukum adat, hingga kuliner yang sangat bervariasi dan memiliki ciri khas sesuai daerahnya masing-masing. Balik ke lagu daerah, karena bahasa daerah juga sangat berbeda satu sama lain, lagu yang tercipta di daerah-daerah se-Nusantara punya arti yang berbeda-beda pula. Keindahan lirik dan nada lagu-lagu daerah di Indonesia sering kali digubah untuk ditampilkan dalam acara-acara besar seperti acara kenegaraan atau kompetisi bergengsi. Tahukah kamu jika ternyata lagu-lagu daerah dari Indonesia juga memikat grup paduan suara dari luar negeri? Berikut daftar paduan suara luar negeri yang menyanyikan lagu khas dari berbagai daerah di Indonesia. Bangga deh!

1. Yamko Rambe Yamko dinyanyikan oleh paduan suara Florida State University

Meski terdengar ceria karena temponya yang cepat, tahukah kamu bahwa lagu ini sebenarnya menyimpan makna kesedihan? Isi lagu ini adalah kesedihan atas perang yang terjadi di antara orang-orang kita sendiri, orang Indonesia. Lagu yang dibawakan oleh paduan suara FSU ini diaransemen oleh Agustinus Bamban Jusana, orang asli Indonesia. Hebat, ya!

2. Desaku dinyanyikan oleh sebuah paduan suara gereja di Swiss

Tambah cinta deh sama Desaku. Lagu ini lebih sering dinyanyikan oleh anak-anak di Indonesia. Kamu mungkin termasuk salah satu anak yang dulu menyanyikannya ketika masih SD. Betul? Setelah sudah tumbuh besar, kamu pun baru menyadari bahwa "Desaku" bercerita tentang kerinduan seorang perantau terhadap desanya yang permai. Apakah kamu juga sedang rindu desamu, ayah-bunda, dan handai taulan?

3. Nina Bobo dinyanyikan oleh paduan suara orkestra di Negeri Kincir Angin

Siapa sangka lagu pengantar tidur anak-anak di Indonesia ini bisa digubah menjadi semerdu itu dengan iringan musik orkestra? Di Indonesia mungkin belum pernah ada yang kepikiran, ya. Siapa yang paling suka dinyanyikan lagu ini sama Ayah dan Bunda waktu kecil?

4. Indonesia Raya dinyanyikan oleh paduan suara di Korea Selatan

Lagu kebangsaan ini dinyanyikan dalam sebuah acara peringatan empat puluh tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan. Melalui acara-acara seperti inilah diplomasi budaya antardua negara berlangsung dan dapat mempererat kerja sama keduanya.

5. Lagi, Indonesia Raya dinyanyikan oleh murid-murid dari Marlborough Primary School, Melbourne

Kapan terakhir kali kamu menyanyikan lagu ini?

6. Sik Sik Si Batu Manikam dinyanyikan di Korea

Pernah menyanyikan lagu ini? Kamu hebat. Lirik lagu Batak ini sangat sulit dilafalkan dan temponya cepat. Jadi, untuk menyanyikannya butuh kemampuan dan kemauan yang keras.

7. Tanah Airku dinyanyikan oleh murid-murid SD di Korea Utara. Kyeopta!

Dilansir dari laman YouTube ApoChannel08,

"Acara ini dalam rangka kunjungan Duta Besar Republik Indonesia beserta staf KBRI. Sebelumnya para murid dari sekolah musik Ryulgok ini juga tampil dan menyanyikan lagu-lagu Indonesia pada acara perayaan lima puluh tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan RDRK/ Korea Utara pada tanggal 9 April 2015 dan juga pada saat resepsi diplomatik HUT Republik Indonesia ke-70 yang dilaksanakan di hotel Potonggang, Pyongyang, RDRK/ Korea Utara pada tanggal 18 Agustus 2015."

Bagaimana perasaanmu setelah menonton video-video di atas? Tambah bangga sama Indonesia? Jadi kepingin membuka buku "Kumpulan Lagu Nasional dan Lagu Daerah" lalu menyanyikannya lagi? Harus, dong. Jangan mau kalah sama orang luar yang bisa nyanyi lagu Indonesia dengan baik. Saat ini hubungan antarnegara di dunia sudah nggak terkungkung oleh batas wilayah saja. Bahkan, cara-cara seperti pengenalan budaya di negara lain ini dapat menjadi petanda bahwa hubungan kedua negara baik-baik saja serta dapat menjadi awal dari kerja sama yang saling menguntungkan. Jadi, jangan suka menuduh "bule ngambil lagu Indonesia sembarangan", ya. Bisa jadi itu awal yang baik untuk Indonesia, lho, dalam berkiprah di kancah internasional.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
11SHARES