7 Tokoh Wayang Perempuan Ini Konon Punya Paras Amat Cantik, Duh, Bikin Kesengsem!

www.yukepo.com

Indonesia dikenal akan kebudayaannya yang teramat kaya. Hal itu tak terlepas dari banyaknya suku bangsa di Negeri Khatulistiwa ini. Salah satu dari sekian banyak budaya yang ada di Indonesia adalah kesenian. Terutama di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, kesenian sudah mengakar sedari dulu. Bahkan hingga sekarang, masih banyak kesenian yang terus dilestarikan oleh masyarakat sekitar, salah satunya adalah kesenian wayang.

Kesenian yang satu ini terbagi atas beberapa macam. Menurut S. Haryanto dalam Sejarah dan Perkembangan Wayang, setidaknya terdapat delapan jenis wayang di Indonesia, yakni wayang beber, purwa, madya, gedog, menak, babad, modern, dan topeng. Namun, kebanyakan pertunjukkan wayang bercerita tentang kisah Mahabharata dan Ramayana. Di antara sekian banyak tokoh dalam dunia perwayangan, ada tujuh tokoh wayang perempuan yang konon memiliki paras yang amat cantik. Penasaran siapa saja mereka? Langsung aja kita kepoin bareng. Yuk, kepo!

1. Dewi Sri

www.mantrahindu.com

Masyarakat Jawa memiliki panggilan tersendiri untuk tokoh wayang perempuan yang satu ini. Biasanya, mereka akan menyebut Dewi Sri dengan sebutan Mbok Sri. Dewi Sri merupakan Dewi Padi yang cukup mendapatkan tempat di hati para petani yang ada di Jawa. Salah satu kebudayaan asli yang dilakukan untuk menghormati Dewi Padi ini adalah upacara Wiwit (Miwiti). Upacara ini dilakukan dengan tujuan meminta berkah kepada Dewi Sri agar padi yang ditanam oleh para petani dapat tumbuh dengan subur.

2. Dewi Uma

www.andhrajyothy.com

Dewi Uma atau Umayi merupakan seorang putri dari saudagar Umaran yang terobesi untuk menguasai dunia. Banyak yang memuja kecantikan dari Umayi bahkan sampai membuat Batara Guru pun turun gunung. Pada akhirnya, Batara Guru berhasil mempersunting Umayi dan melahirkan seorang putra bernama Batara Kala.

3. Dewi Citrawati

caritawayang.blogspot.co.id

Raja-raja di Nusantara banyak yang ingin menjadikan Dewi Citrawati sebagai permaisuri. Hal itu tak terlepas dari parasnya yang teramat cantik. Pada akhirnya, Dewi Citrawati jatuh ke dalam pelukan Arjunasasra dari Kerajaan Maespati. Namun, dalam banyak cerita, Dewi Citrawati ini digambarkan sebagai seseorang yang senang memanfaatkan kekuasaan dari sang suami. Bahkan, ia pernah meminta agar Taman Sriwedari dipindahkan ke Maespati.

4. Dewi Sukesi
sav-vo.deviantart.com

Sumali dan Alengka adalah sepasang raksasa yang melahirkan Dewi Sukesi. Namun, banyak yang tidak menyangka jika sepasang raksasa tersebut melahirkan seorang putri yang cantik lagi baik budinya.

5. Dewi Sinta
sites.google.com

Dewi yang satu ini cukup familier di kalangan penikmat wayang dan pembaca kisah-kisah Ramayana. Putri dari Raja Janaka ini berhasil dipersunting oleh Rama usai Rama memenangkan sayembara dari sang raja. Karakter dari Dewi Sinta diceritakan sebagai seorang istri yang setia dan rela hidup susah bersama suaminya. Bahkan ketika Raja Rahwana yang sangat menggilai Dewi Sinta berhasil menculiknya, perasaan cinta dari Dewi Sinta kepada sang Rama tetap tidak bergeming hingga kemudian ia berhasil diselamatkan oleh Sri Rama.

6. Dewi Anjani

www.manusialembah.com

Selain Dewi Sinta, tokoh wayang perempuan yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah Dewi Anjani. Ia lahir dari rahim seorang Dewi Windradi. Diceritakan bahwa sang ibu berselingkuh dengan seseorang yang memberinya Cupu Manik Astagina. Hingga pada akhirnya sang suami yang bernama Resi Gotama mengetahui perselingkuhan tersebut dan bertanya tentang dari mana sang istri mendapatkan cupu tersebut. Namun, karena Dewi Windradi tak mengucap sepatah kata pun, Resi Gotama akhirnya marah dan dengan kesaktiannya mengubah sang istri menjadi patung. Karena kesal dengan cupu tersebut, Resi Gotama pun membuangnya ke sebuah telaga bernama Telaga Madirda. Sebelum membuang cupu tersebut ke dalam telaga, Resi Gotama berucap bahwa jika ada di antara anak-anaknya masih memperebutkan cupu tersebut, maka mereka akan berubah menjadi seekor kera.

Namun, anak-anaknya tidak mendengarkan ucapan dari sang ayah hingga kemudian mereka melompat ke dalam telaga untuk memperebutkan cupu tersebut, kecuali Dewi Anjani. Ketika Dewi Anjani tengah membasuh muka di Telaga Madirda, kedua saudaranya tersebut benar-benar berubah menjadi kera. Mengetahui kesalahan yang telah diperbuat, mereka pun meminta ampunan kepada sang ayah. Kemudian, Resi Gotama menyuruh mereka untuk bertapa. Dewi Anjani yang sebenarnya tidak bersalah pun kemudian melakukan Tapa Nyanthaka, yakni bertapa dengan hanya memakan daun yang jatuh di dekatnya. Suatu waktu ketika Dewi Anjani tengah bertapa, datanglah Batara Bayu dan ia pun langsung terpesona melihat sang dewi hingga tanpa disengaja air mani miliknya tumpah dan jatuh ke daun yang kemudian dimakan oleh Dewi Anjani. Akibatnya, Dewi Anjani pun hamil dan kemudian melahirkan seorang anak yang diberi nama Anoman.

7. Dewi Srikandi

www.pinterest.se

Pada awalnya, Dewi Srikandi merupakan salah satu murid dari Arjuna. Namun, saudara-saudaranya meminta agar Arjuna menikahi Dewi Srikandi lantaran keahliannya dalam memanah. Ia digambarkan sebagai tokoh wayang perempuan yang cantik lagi perkasa. Selain itu, ia juga dikenal pandai dalam menembang lagu serta senang untuk membaca cerita. 

Itu dia tujuh tokoh wayang perempuan yang konon memiliki paras yang amat cantik. Meski kita sebagai manusia yang lahir di era sekarang ini tidak bisa melihat langsung keelokan paras dari para tokoh wayang perempuan tersebut, namun beruntungnya kita masih tau karakteristik mereka berdasarkan cerita perwayangan yang masih lestari hingga sekarang.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Seperti Korea, Indonesia Nggak Punya Program Wajib Militer, Ternyata Ini 7 Alasannya!

Nggak Seperti Korea, Indonesia Nggak Punya Program Wajib Militer, Ternyata Ini 7 Alasannya!

5 Gempa Besar yang Pernah Mengguncang Indonesia Ini Bikin Kita Ingin Segera Tobat!

5 Gempa Besar yang Pernah Mengguncang Indonesia Ini Bikin Kita Ingin Segera Tobat!

8 Grup Lawak Legendaris Ini Jadi Bukti Bahwa Orang Indonesia Emang Doyan Komedi!

8 Grup Lawak Legendaris Ini Jadi Bukti Bahwa Orang Indonesia Emang Doyan Komedi!

Bung Karno Tinggalkan Harta yang Cukup Untuk Bayar Utang Negara? Bener Nggak ya?

Bung Karno Tinggalkan Harta yang Cukup Untuk Bayar Utang Negara? Bener Nggak ya?

Beginilah Nilai Filosofi dari Udeng, Ikat Kepala Khas Laki-Laki Bali. Indonesia Unik!

Beginilah Nilai Filosofi dari Udeng, Ikat Kepala Khas Laki-Laki Bali. Indonesia Unik!

Suku Sunda Dilarang Menikahi Suku Jawa? Ternyata Alasannya Karena Kelakuan Patih Gajah Mada!

Suku Sunda Dilarang Menikahi Suku Jawa? Ternyata Alasannya Karena Kelakuan Patih Gajah Mada!

loading