7 Makanan Fermentasi Khas Indonesia ini Bukti Kejeniusan Kuliner Indonesia

termuat.blogspot.com

Kalau kita sebelumnya mengenal makanan fermentasi dari luar negeri yang berupa keju, yoghurt, ataupun wine yang sudah terkenal dan digunakan di berbagai belahan dunia.  Jangan heran kalau ternyata Indonesia juga memiliki makanan fermentasi khas dalam negeri lho. Fermentasi sendiri merupakan suatu proses pengolahan makanan dengan menggunakan bakteri maupun ragi. Jangan takut, bakteri yang digunakan adalah bakteri baik lho.

Menjadi suatu bahasan yang menarik apabila kali ini YuKepo membahas mengenai 7 makanan fermentasi khas Indonesia yang gak kalah lezat dengan keju maupun yoghurt.  Bahkan beberapa makanan fermentasi khas Indonesia ini sudah terkenal di belahan dunia lain lho. Daripada penasaran yuk langsung aja kita kepoin!

1. Brem

en.wikipedia.org

Siapa yang gak tergiur dengan salah satu kudapan asal Madiun, Jawa Timur ini. Brem merupakan makanan olahan dari sari ketan yang dimasak lalu dikeringkan. Makanan ini merupakan hasil fermentasi sari ketan hitam yang diendapkan selama sehari semalam. Ada sensasi tersendiri saat menyantap kudapan ini, makanan ini akan cepat mencair apabila sudah masuk ke mulut. Agak dingin-dingin gitu.

2. Tapai

news.detik.com

Rasanya kita semua pasti kenal akrab sama makanan yang di daerah asalnya disebut sebagai peuyeum ini. Makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi menggunakan ragi (Saccharomyces cerevisiae) ini memang bisa diolah lagi menjadi makanan lain. Baik tapai goreng maupun salah satu isian untuk es doger. 

3. Tempe

www.resepseharihari.com

Gak hanya orang Indonesia, orang luar negeri juga cinta banget sama makanan yang diolah dari kacang kedelai ini. Biasanya orang luar negeri menyantap tempe ini sebagai lauk vegetarian. Karena memang mengandung unsur protein nabati yang baik untuk tubuh. Semua orang suka banget pokoknya sama tempe.

4. Tahu

hype.idntimes.com

Sahabat karib tempe ini memang sering banget disajikan di meja makan bersama tempe. Sama seperti tempe juga, tahu merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai. Kandungannya juga sama seperti tempe pokoknya. Tips memasak tahu yang enak adalah digorengnya dadakan, anget-anget. Biarin mau bentuknya bulat, kotak, maupun trapesium.

5. Oncom

www.pinterest.com

Orang Indonesia memang cenderung jenius dalam mengolah makanan, buktinya ya oncom ini. Oncom merupakan makanan yang difermentasi dari ampas kacang kedelai pembuatan tahu dan tempe yang menggunakan ragi Neurospora. Soal kandungan gizinya tetep gak kalah kok dengan tahu dan tempe. Masih mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Murah meriah menyehatkan.

6. Kecap manis

food52.com

Masih ingat dengan Malika? Itu loh kedelai hitam yang dirawat seperti anak sendiri. Bener banget, kecap merupakan salah satu pelengkap makanan yang terbuat dari kedelai hitam. Saus hitam manis ini memang cocok banget buat cocolan tahu dan tempe, apalagi kalau kecapnya ditaburi dengan irisan cabe dan bawang. Mantab pokoknya.

7. Tempoyak

malahayati.ac.id

Gak sepopuler makanan fermentasi khas Indonesia di atas, kehadiran tempoyak yang populer di tanah Sumatera ini juga tidak bisa dikesampingkan begitu aja. Tempoyak merupakan hasil fermentasi buah durian. Biasanya tempoyak ini diolah lagi menjadi sambal atau bumbu masakan. Soalnya gak banyak orang yang memakan tempoyak tanpa olahan selanjutnya karena rasa asam yang tinggi dan aromanya yang sangat menyengat.

Nah itulah tadi 7 makanan fermentasi khas Indonesia yang menjadi bukti kejeniusan orang Indonesia dalam mengolah bahan makanan. Mungkin di masa yang akan datang bakal bermuculan beberapa makanan fermentasi lainnya. Kita tunggu aja ya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kawasan Pecinan yang Ada di Indonesia Ini Bukti Toleransi Antaragama

Kawasan Pecinan yang Ada di Indonesia Ini Bukti Toleransi Antaragama

Sejarah Musik Dangdut di Indonesia ini Membuktikan Bahwa Dangdut Adalah Musik Dinamis

Sejarah Musik Dangdut di Indonesia ini Membuktikan Bahwa Dangdut Adalah Musik Dinamis

Kenapa Budi dan Ani Selalu Muncul dalam Buku Pelajaran? Yuk Simak Sejarahnya

Kenapa Budi dan Ani Selalu Muncul dalam Buku Pelajaran? Yuk Simak Sejarahnya

10 Foto Keindahan Suasana Bali Tempo Dulu yang Terlihat Asri dan Nyaman

10 Foto Keindahan Suasana Bali Tempo Dulu yang Terlihat Asri dan Nyaman

Diah Satya Darmawaty, Srikandi Indonesia Perancang Pesawat Boeing

Diah Satya Darmawaty, Srikandi Indonesia Perancang Pesawat Boeing

Menjelang Kelulusan Sekolah, Yuk Simak Dulu Makna Seragam Sekolah dari SD Hingga SMA

Menjelang Kelulusan Sekolah, Yuk Simak Dulu Makna Seragam Sekolah dari SD Hingga SMA

loading