7 Makanan Favorit Presiden-Presiden Indonesia ini Perlu Kamu Ketahui

03 Mei 2017
|Rhesa Leo
0SHARES

Cita rasa kuliner Indonesia udah banyak diakui masyarakat dunia. Mulai dari pilihan bahan hingga bumbu-bumbu racikan khas yang hanya ditemukan di nusantara membuat lidah penikmat kuliner dunia bergoyang. Nggak heran banyak dari makanan Indonesia menjadi menu makanan favorit pemimpin bangsa ini. Kamu nggak bakalan nyangka ternyata presiden-presiden kita punya selera makanan yang Indonesia banget. Apa aja menu makanannya? Yuk, langsung aja scroll ke bawah!

1. Nasi jagung kesukaan Bung Karno

Ir. Soekarno salah satu bapak pendiri Republik Indonesia selalu identik dengan kesederhanaan dalam kehidupannya. Begitu pula dengan makanan favoritnya, yaitu nasi jagung. Menurut kesaksian Mangil, pengawalnya, Soekarno sangat menyukai nasi jagung. Selain nasi jagung, Soekarno juga doyang sayur lodeh, sayur asem, dan sambal terasi. Hidangan unik kesukaan sang proklamator adalah bagir hiu dan pasi ikan yang sering ia santap di pengasingannya di Bengkulu.

2. Pak Harto doyan mie instan

Mirip dengan Soekarno, presiden kedua republik ini juga punya makanan favorit yang tergolong sederhana seperti sayur lodeh, tempe bacam, dan ikan bakar. Namun menurut pengawal pribadinya, menu kesukaan Soeharto yang paling unik adalah mie instan. Wah, kalau ini hampir semua orang suka sih.

3. Ayam goreng kecintaan BJ Habibie

Lama tinggal di luar negeri ternyata nggak mengubah selera lidah B.J Habibie. Presiden ketiga sekaligus suami dari ibu Ainun ini menyukai ayam goreng buatan Rumah Makan Sari Bundo Juanda. Habibie juga menyukai bubur Manado dengan suwiran ikan di atasnya.

4. Dendeng jadi menu kesukaan Gus Dur

Sama halnya seperti B.J. Habibie, Gus Dur juga punya restoran favorit. Restoran langganan mantan Presiden RI satu ini berada nggak jauh dari kantor PBNU Jakarta, tempat favorit Gus Dur ini adalah Rumah Makan Padang Sederhana. Dan menu favorit yang sering ia pesan adalah dendeng batotok, otak sapi, dan limpa gulai. Sedangkan jus alpukat dan es teh tawar jadi minuman favoritnya.

5. Ikan bakar Gianyar favorit Megawati

Di antara para presiden, ternyata Megawati paling gemar berwisata kuliner. Berbagai jenis makanan pernah ia cicipi. Dari sekian banyak menu yang pernah dicoba, ternyata putri dari presiden pertama RI ini doyang dengan kuliner Bali, khususnya Ikan Bakar Gianyar.

6. Pecel madiun favorit SBY

SBY punya menu makanan kesukaan yang cukup unik. Mantan Presiden asal Pacitan ini lebih menyukai jenis-jenis makanan yang terbuat dari tahu dan tempe ketimbang daging-dagingan. Makanan lain kesukaannya adalah pecel madiun serta telur dadar.

7. Sate ayam kedoyanan Jokowi

Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo ternyata mengaku ‘gampang’ dan nggak pilih-pilih kalau soal makanan. Selain segala menu-menu makanan di warteg, Jokowi sangat menyukai sate-sate yang dijual di Solo seperti Sate Kere Yu Rebid dan Sate Buntel Bu Rejo.

Wah, kamu nggak nyangka kan ternyata pemimpin-pemimpin negeri kita ini punya selera makan yang cukup sederhana dan nasionalis. Kalau kamu sendiri apa makanan yang paling kamu suka?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Rhesa Leo
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES