7 Kebiasaan Unik Orang Sunda Ini Jadi Alasan Kenapa Mereka Jodoh Idaman Banget!

12 Januari 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
360SHARES

Indonesia terdiri atas bermacam-macam suku bangsa dengan beragam budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Hebatnya, berbagai perbedaan yang dimiliki oleh tiap-tiap wilayah tidak membuat kestabilan negara kita terancam. Bahkan hal tersebut malah membuat kekuatan dari keamanan negara kita bertambah. Oleh karena itu, patut kita syukuri bahwa kita hidup di Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan, namun tetap satu jua layaknya ungkapan Bhineka Tunggal Ika.

Salah satu dari beragam kebudayaan di Indonesia dapat terlihat dari banyaknya suku bangsa yang mendiami tanah air Nusantara. Salah satunya adalah suku Sunda. Berbicara mengenai suku yang satu ini, tampaknya kesan humoris dan ramah sangat melekat pada mereka. Selain itu, masih banyak lagi kebiasaan dari masyarakat asli Sunda yang bisa bikin siapa pun jatuh hati. Penasaran apa saja kebiasaan lainnya dari masyarakat Sunda ini? Langsung aja kita kepoin rame-rame. Yuk, kepo!

1. Humoris

Sudah menjadi rahasia umum jika orang-orang Sunda ini dikenal sangat humoris. Contohnya jelasnya dapat kita liat dari tingkah laku Sule yang notabene-nya orang Sunda asli. Lawakannya pasti saja membuat orang terpingkal-pingkal. Jangankan Sule, Wali Kota Bandung, yakni Kang Emil aja sering bercandain sang istri tuh. Mungkin, itu salah satu rahasia keawetan rumah tangga mereka, ya.

2. Baik dan ramah

Murah senyum dan ramah kepada setiap orang menjadi ciri khas orang Sunda asli lainnya. Ketika kamu berbicara dengan mereka, pasti senyum selalu saja tergambar dari wajah mereka.

3. Nada bicaranya selalu terkesan romantis

Ketika kamu berada di lingkungan Sunda, mereka akan berbicara dengan nada yang sangat khas yang membuat para pendengarnya merasa terkesima dan mungkin memerah lantaran terdengar santun nan romantis. Siapa nih yang pernah digombalin orang Sunda? Pasti langsung klepek-klepek kan?

4. Kreatif

Orang Sunda asli dikenal dengan kekreativitasannya. Banyak sekali buah tangan dari hasil kerja kreatif mereka yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi wilayah yang didominasi oleh masyarakat Sunda. Misalnya saja, Bandung.

5. Menjunjung tinggi nilai budaya dan adat istiadat

Ketika kamu mengunjungi wilayah yang didominasi oleh masyarakat Sunda (anggap saja kota-kota di Jawa Barat), kamu akan sering kali melihat berbagai pertunjukan kesenian yang mereka tampilkan. Misalnya saja sisingaan, angklung, ataupun lainnya. Mereka memang masih memegang teguh adat dan budaya aslinya.

6. Partikel ‘mah’ dan ‘teh’

Ketika kamu berbicara dengan orang Sunda, pasti kamu akan mendengar partikel ‘mah’ atau ‘teh’ di dalam percakapan mereka. Misalnya saja, “Aa mah gitu ih!” Atau “Ini teh apa?”

7. Nasi liwet kebanggaan

Kamu akan merasakan kebersamaan yang sangat erat ketika menikmati sajian yang satu ini. Dalam tradisi Sunda, makan nasi liwet bersama dengan para kerabat disebut dengan adat Papahare/Papadangan. Ngeunah pisaaan lah pokoknya!

Itu dia kebiasaan orang Sunda yang bikin siapa pun dapat jatuh hati seketika. Bagi kamu yang memiliki pacar orang Sunda, maka bersyukurlah karena pacarmu akan selalu menghiburmu di kala kamu sedih dengan lawakan-lawakannya. Bagi kamu yang orang Sunda asli, tetap jaga nilai budaya yang telah tertanam sedari dulu, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
360SHARES