7 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Bikin Bule Heran dan Gelengin Kepala!

16 Agustus 2017
|Romlah Sundari
172SHARES

Setiap negara pasti memiliki budaya dan kebiasaan-kebiasaannya masing-masing yang terkadang sangat unik dan membuat wisatawan dari negara lain kebingungan. Begitu pula dengan Indonesia. Keindahan alam Indonesia dan kekayaan budayanya membuat Indonesia didatangi oleh banyak turis mancanegara. Dan Indonesia, bukan hanya punya alam yang indah dan kebudayaan yang menarik, kita juga punya berbagai kebiasaan dan tata cara dalam melakoni berbagai kegiatan sehari-hari yang unik dan berbeda dari negara lain. Tentu saja kebiasaan yang berbeda ini membuat para wisatawan asing, atau yang biasa kita sebut ‘bule’ kaget dan keheranan. Ingin tahu apa saja kebiasaan unik tersebut? Simak daftar berikut, ya!

1. Kerokan saat sakit

Kalau sakit atau tidak enak badan, pertolongan pertama yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah dengan mencari koin logam dan minyak lalu meminta seseorang untuk mengerok punggung kita.

2. Tisu toilet di meja makan

Siapapun yang pernah makan di rumah makan di Indonesia, pasti menyadari bahwa tisu yang disediakan di meja adalah tisu toilet. Dan ini terjadi hampir di semua rumah makan di Indonesia. Alasan utamanya sih karena tisu toilet lebih ekonomis daripada tisu makan atau tisu wajah. Tapi rasanya 'kan lucu juga membersihkan mulut dengan tisu yang sebenarnya dibuat untuk membersihkan bagian lain dari tubuh.

3. Makan apapun dikasih sambal

Ya, bagi kebanyakan orang Indonesia, makanan tanpa sambal itu terasa hambar. Karena itu, di Indonesia, semua rumah makan pasti menyediakan sambal. Di rumah-rumah pun, sambal jadi menu yang harus ada.

4. Menyeberang jalan sembarangan

Kalau yang ini tentu saja merupakan kebiasaan yang buruk karena dapat membahayakan nyawa kita dan pengguna jalan lainnya. Namun orang Indonesia memang cenderung malas mencari zebra cross untuk menyeberang jalan.

5. Belanja pakai piyama atau daster

Mungkin cuma di Indonesia, kamu bisa melihat orang-orang keluar rumah dengan menggunakan piyama atau daster. Dan jujur aja deh, pasti kamu juga pernah kan belanja ke indomar*t dengan menggunakan piyama atau daster? Putri Indonesia saja pernah lho tertangkap kamera sedang belanja pakai daster.

6. Makan pakai tangan

Bagi banyak orang Indonesia, makan dengan tangan itu terasa berkali lipat lebih nikmat, entah kenapa. Apakah karena tangan orang Indonesia juga punya indra pengecap sehingga makan dengan tangan jadi lebih nikmat? Atau karena sisa keringat di tangan menjadi penyedap alami makanan? Hmm, siapa tahu.

7. Memanggil bule dengan sebutan mister dan meminta foto bersama

Jika kamu pernah masuk ke kampung-kampung bersama seorang teman yang berasal dari negara asing dan memiliki kulit putih, sudah dapat dipastikan pasti kamu akan mendengar anak-anak kecil memanggil temanmu dengan berkata “Mister, mister! Mau kemana mister?” atau kalau kamu berada di lokasi wisata, seringkali pula perjalananmu dan temanmu akan terhambat karena orang-orang meminta berfoto bersama dengan teman bulemu.

Meski kebiasaan-kebiasaan tersebut aneh dan berbeda dari kebiasaan di negara-negara lain, namun bukan berarti bahwa semua kebiasaan tersebut buruk, lho. Kita tidak perlu mengubah kebiasaan tersebut hanya untuk menyamakan diri dengan mereka yang di negara maju, kok. Beberapa kebiasaan kita layak untuk dipertahankan sebagai bagian dari identitas bangsa. Seperti kebiasaan kerokan atau makan dengan tangan, kebiasaan ini tidak memiliki dampak buruk kok asal kita membekali diri dengan wawasan terkait kebiasaan tersebut. Kerokan, misalnya, merupakan cara yang cukup efektif untuk meredakan gejala flu dan masuk angin jika dilakukan dengan cara yang benar.

Namun memang ada beberapa kebiasaan kita yang perlu diubah karena membahayakan nyawa, seperti kebiasaan menyeberang jalan sembarangan. Jadi, pintar-pintarlah dalam mengamati kebiasaan kita dan apa yang perlu kita pertahankan atau ubah. Jangan langsung meniadakan kebiasaan unik orang Indonesia ini hanya karena berkiblat pada negara maju. Banggalah dengan keunikan Indonesia, kawan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
100 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
172SHARES