6 Potret Wanita Pendamping Presiden Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

28 Maret 2017
|Fatwah Diniaty
0SHARES

“Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita hebat di belakangnya”. Mungkin ungkapan itu memang benar adanya. Ungkapan tersebut cocok sekali untuk menggambarkan peran penting seorang pendamping presiden dalam meraih kesuksesannya yang tidak lain adalah seorang istri dari pemimpin negeri ini. Peran mereka tidaklah kalah pentingnya dengan peran seorang presiden, karena mereka dengan segenap hati setia mendampingi segala aktivitas sang pemimpin negara. Istri-istri presiden ini adalah tempat untuk berbagi cerita dan keluh kesah sang suami dalam memimpin Negara Indonesia agar menjadi lebih baik. Bukanlah hal mudah mengemban amanah sebagai seorang pendamping presiden, dibutuhkan keikhlasan, keramahan, dan kesetiaan dalam menjalaninya.

Sudah tujuh kali negara Indonesia ini berganti kepemimpinan, mulai dari Soekarno, Soeharto, B.J. Habibie, Gusdur, Megawati, SBY, dan yang sekarang adalah Jokowi. Tentunya dari ketujuh pemimpin tersebut, terdapat enam orang istri-istri hebat yang menjadi pendamping selama masa kepemimpinannya. Seperti enam figur penting dibalik kesuksesan para pemimpin negeri ini, yaitu Ibu Fatmawati, Ibu Tien, Ibu Ainun, Ibu Sinta, Ibu Ani, dan Ibu Iriana.

1. Fatmawati

Kesuksesan presiden pertama Ir. Soekarno pastilah tidak akan lepas dari seorang sosok istri yang bernama Fatmawati ini. Ia berjasa dalam menjahit Bendera Pusaka Merah Putih yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Ia berdiri tepat di belakang suaminya, Soekarno saat ia mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Fatmawati dengan setia mendampingi sang suami menghadapi masa-masa sulit menjelang kemerdekaan. Fatmawati adalah sosok wanita yang sederhana, ramah, mudah bergaul, dan baik hati. Dari pernikahannya dengan Soekarno, Fatmawati dikaruniai lima orang anak. 

2. Siti Hartinah

Raden Ayu Fatimah Siti Hartinah atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan Ibu Tien ini adalah istri presiden kedua, Jendral Purnawirawan Soeharto. Ibu Tien merupakan pendamping presiden paling lama dengan masa kejayaan 35 tahun. Ibu Tien adalah sosok yang sabar, tegar, dan setia mendampingi suaminya yang tadinya bergelar prajurit hingga sampai menerima gelar presiden. Sebagai seorang pendamping presiden, Ibu Tien mencetuskan gagasan-gagasan monumental yang dimulai dengan membenahi Istana Negara. Ia pula yang mencetuskan gagasan dibangunnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

3. Hasri Ainun Basari

Siapa yang tak kenal dengan Ibu Ainun Habibie ini. Kisah cintanya yang romantis bersama presiden Indonesia ketiga, B.J. Habibie akan selalu terkenang sepanjang sejarah Indonesia. Ainun menikah dengan Habibie yang tidak lain adalah kakak kelasnya saat di SMA, sekaligus teman masa kecilnya. Cinta mereka telah bersemi sejak SMA. Namun setelah SMA mereka harus berpisah karena Habibie akan melanjutkan pendidikannya di Jerman.

Kemudian saat Habibie kembali ke Indonesia, cintanya dengan Ainun pun kembali bersemi. Dan Habibie memutuskan untuk menikahi Ainun. Kehidupan mereka dilalui dengan penuh liku, tetapi Ainun adalah sosok wanita yang sabar dan setia dalam mendampingi kehidupan Habibie . Bisa dibilang Ainun adalah sosok wanita yang dengan sabar mendampingi Habibie dari titik nol hingga akhirnya mencapai puncak kejayaannya sebagai seorang presiden.

4. Sinta Nuriyah

Kisah istri presiden Indonesia keempat ini mungkin bisa dibilang unik. Bagaimana tidak, Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gusdur berniat untuk menikahi Sinta. Tetapi Gusdur meminta pernikahannya itu diwakilkan oleh kakeknya Kiai Bisri yang berusia 81 tahun lantaran Gusdur masih berada di Kairo, Mesir. Setelah tiga tahun kemudian GusDur dan Sinta barulah bertemu. Kemudian mereka memutuskan untuk untuk menikah lagi. Dari hasil pernikahan GusDur dan Sinta, mereka dikaruniai empat orang putri.

5. Kristiani Herawati

Kristiani Herawati atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Ibu Ani ini merupakan istri presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono. Ibu Ani merupakan sosok istri yang baik, cerdas, serta keibuan. Ia juga aktif dalam berorganisasi dan berpolitik. Saat SBY mencalonkan diri sebagai seorang Presiden, Ia aktif membantu dan mendukung suaminya dalam berkampanye. Ibu Ani adalah istri sekaligus mitra yang baik bagi bagi SBY, karena ia akan senantiasa memberikan kritik dan masukan apabila SBY meminta pendapatnya tersebut.

6. Iriana

Iriana adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. Joko Widodo. Seperti sang suami, Irina adalah sosok wanita yang sederhana tanpa penampilan yang berlebihan ataupun glamour. Bahkan penampilan sederhananya ini tidak terlihat seperti istri pejabat kebanyakan. Ia pun lebih suka membersihkan dan merapihkan rumahnya sendiri meskipun ia memiliki pembantu. Ibu Iriana merupakan istri sekaligus pendamping yang setia. Ia adalah sosok dibalik kesuksesan Jokowi dari titik nol hingga sampai pada jabatannya sebagai seorang Presiden.

Menyandang gelar Ibu Negara bukanlah hal yang mudah. Tetapi keenam orang tersebut dapat membuktikannya sebagai seorang istri sekaligus pendamping Presiden. Tentu saja istri-istri tersebut memegang peran penting dalam statusnya sebagai pendamping presiden, seperti seorang mitra yang akan selalu siap menemani dalam segala aktivitas yang dijalankan. Pastinya keenam orang tersebut memiliki tempat istimewa di hati masing-masing pemimpin Negara Indonesia ini. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatwah Diniaty
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES