5 Penemuan Uang Koin Kuno di Indonesia, Bukti Eksisnya Peradaban Masa Lalu

www.bintang.com

Selain sebutan negara maritim dan negara agraris, Indonesia juga sebenarnya negara kepulauan yang kaya sejarah. Negeri ini tak lahir begitu saja sebagai republik. Wilayah Nusantara pada mulanya terdiri dari beratus-ratus kerajaan besar dan kecil tersebar di seluruh wilayah kepulauan. Artinya berbagai budaya telah tumbuh dan berkembang jauh sebelum kebudayaan yang kita kenal sekarang.

Selain fosil dan reruntuhan kota yang ditemukan di beberapa daerah, ada satu lagi hasil kebudayaan masa lalu yang ditemukan di Indonesia yaitu uang kuno. Berikut ini di antaranya:

1. Uang koin kuno diduga dari abad ke-12 ditemukan di Gunungkidul, Yogyakarta

jogja.tribunnews.com

Tepatnya di Kecamatan Playen, seorang warga bernama Saridi menemukan uang kuno bahan logam dengan lubang di tengah dan huruf China. Koin ini ia temukan di pekarangan rumah. Ketika beberapa koin ditemukan, anak-anak banyak yang penasaran dan membantu mengumpulkan. Total koin yang terkumpul mencapai ribuan keping dan beratnya sampai 13,5 kilogram. Koin tersebut kemudian diserahkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul. Di daerah Playen memang banyak peninggalan purbakala seperti candi dan situs purbakala dari periode Megalitikum.

2. Uang kuno dengan huruf China berwarna merah dan hijau di Blitar

www.bangsaonline.com

Koin ini ditemukan dalam keadaan banyak berkarat. Ada total 760 koin seberat tiga kilogram ditemukan Marianto warga Kecamatan Gandusari, Blitar. Ia menemukan beberapa koin di halaman belakang rumah. Penasaran, Marianto lalu menggali lubang berdiameter 30 cm sedalam 50 cm. Dalam lubang inilah ditemukan ratusan keping koin kuno lainnya. Koin tersebut kemudian diserahkan kepada BPCB Trowulan. Daerah ini memang merupakan wilayah bekas kekuasaan Kerajaan Majapahit sehingga sering ditemukan benda bersejarah seperti prasasti dan uang kuno. Mata uang China juga pernah menjadi alat tukar resmi pada masa Majapahit karena ada hubungan dagang antara China dan Majapahit. Biasanya koin terbuat dari emas, tembaga, maupun perak. Sayangnya belum dapat diketahui apakah kepingan ini merupakan uang atau hanya benda seni.

3. Uang koin kuno seberat 6 kg di Rembang

mataairradio.com

Di Rembang, seorang petani bernama Diman menemukan koin kuno saat sedang mencangkul sawah untuk pembenihan. Ia lalu menggali sampai setengah meter dan menemukan lebih banyak koin sampai seberat 6 kg. Koin tersebut lalu dibawanya ke rumah. Beberapa tetangga juga turut melihatnya. Mereka lalu mengatakan bahwa koin tersebut bukan uang, hanya semacam ring yang tidak ada nilainya.Atas pertimbangan tersebut, Diman yang saat itu sedang butuh uang menjualnya ke tukang rongsok. Koin-koin itu dihargai Rp 30.000 per kilogram. Hasil penjualan koin itu ia belikan beras.

Betapa ironisnya, padahal ia petani tapi tak punya uang untuk beli beras. Maklum, sawahnya hanya sewaan. Kapolres Rembang yang menerima laporan penemuan uang lalu menyelidiki sudah sampai di mana uang koin yang dijual Diman. Dijelaskan pula bahwa setiap ada penemuan benda langka, masyarakat wajib melaporkan kepada BPCB atau kepolisian terdekat.

4. Koin kuno diduga peninggalan Kerajaan Medang Kamulan di Grobogan, Jawa Tengah

news.okezone.com

Koin-koin kuno ini juga ditemukan oleh petani bernama Sutrisno di Gabus, Grobogan, Jawa Tengah saat hendak membuat tanggul di pinggir area sawah yang telah ditanami padi. Awalnya hanya beberapa, setelah digali bertambah banyak sampai ratusan. Selama ini memang sering ditemukan benda-benda antik di kawasan ini. Warga sekitar pun percaya bahwa wilayah ini merupakan wilayah kekuasaan Prabu Dewata Cengkar yang memimpin Kerajaan Medang Kamulan. Karena kurang perhatian dari pemerintah, benda-benda temuan tersebut biasanya dijual ke kolektor. Koin kuno itu pun dijual dengan harga Rp100 ribu per kilogram.

5. Penemuan uang koin kuno berhuruf China di Lamongan
pasmediaonline.com

Seorang warga Lamongan bernama Sayuti menemukan uang koin kuno saat sedang mencangkul tanah. Cangkulnya menghantam sebuah kendi dari tanah liat hingga hancur. Setelah menggali lebih dalam, ia menemukan ribuan uang dengan ciri-ciri kurang lebih sama dengan yang ditemukan di daerah lain yaitu berlubang segiempat di tengah dan terdapat huruf China di salah satu sisinya. 

Penemuan uang koin kuno menunjukkan bahwa ada kehidupan yang dulu pernah berjalan seperti hidup kita sekarang. Kini mereka sudah tertimbun tanah. Dalam hal uang koin bertulisan China, ini menunjukkan bahwa sebelum Indonesia bernama Indonesia, bangsa kita telah menjalin hubungan baik dengan Tiongkok, terutama dalam perdagangan. Jadi, masih mau mengucapkan kata 'pribumi' dan 'non-pribumi'?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Berkah Yang Cuma Bisa Didapat Setelah Menjalani Kisah LDR - Keepodotme

5 Berkah Yang Cuma Bisa Didapat Setelah Menjalani Kisah LDR - Keepodotme

Meski Menjijikkan, Cafe Jamban di Semarang Ini Punya Tujuan Mulia, Lho! Berani Coba?

Meski Menjijikkan, Cafe Jamban di Semarang Ini Punya Tujuan Mulia, Lho! Berani Coba?

Bosan dengan Prewedding Bertema Romantis, Pasangan Ini Melakukan Prewedding Bertema PUBG. Bisa Chicken Dinner Bareng Nih - Keepodotme

Bosan dengan Prewedding Bertema Romantis, Pasangan Ini Melakukan Prewedding Bertema PUBG. Bisa Chicken Dinner Bareng Nih - Keepodotme

Ditunjuk sebagai Panglima TNI yang Baru, Begini Rekam Jejak Marsekal Hadi Tjahjanto! Keren!

Ditunjuk sebagai Panglima TNI yang Baru, Begini Rekam Jejak Marsekal Hadi Tjahjanto! Keren!

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Biar Nggak Ketipu dan Kecewa Saat Liburan di Thailand - Keepodotme

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Biar Nggak Ketipu dan Kecewa Saat Liburan di Thailand - Keepodotme

Begini Penampakan 7 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia, Beda Jauh Nggak Ya?

Begini Penampakan 7 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia, Beda Jauh Nggak Ya?

loading