5 Kereta Kencana Ini Masih Bertahan Hingga Kini dan Dianggap Sebagai Pusaka Kerajaan

visitingjogja.com

Indonesia memang memiliki sejarah panjang mengenai perkembangan dan keberadaan kerajaan-kerajaan jauh sebelum terbentuknya Indonesia. Kerajaan-kerajaan tersebut memang memiliki kekuatan yang dahsyat hingga mampu bertahan hingga sekian lama. Bahkan masih ada yang bertahan hingga kini.

Kerajaan memang identik dengan adanya kereta kencana yang menjadi alat transportasi para raja ke mana pun. Baik untuk upacara kerajaan maupun kegiatan diplomasi antar kerajaan maupun ke para kolonial.

Menarik apabila kini kita membahas mengenai 5 kereta kencana kencana yang dahulunya kerap menemani ke mana pun para raja pergi. Apalagi, keberadaan kereta kencana tersebut sudah menjadi benda pusaka yang dianggap keramat. Penasaran 5 kereta kencana apa saja? Yuk kepoin!

1. Kereta Kencana Kanjeng Nyai Jimat

www.boombastis.com

Kereta kencana ini adalah salah satu benda pusaka yang dimiliki oleh Keraton Ngayogyakarta yang sudah digunakan semenjak zaman kepemimpinan Hamengkubuwono I sampai Hamengkubuwono V. Kereta yang kini disimpan di Museum Kereta Keraton Yogya ini dibeli dari Belanda pada tahun 1800-an.

Kereta yang ditarik oleh delapan ekor kuda ini nyatanya hanya tersisa dua di dunia. Selain disimpan di Yogyakarta, kereta yang sama ada di museum Portugis. Kereta ini biasanya digunakan pada acara-acara besar atau penobatan raja. Pada acara kebesaran tertentu, kereta kencana ini dimandikan dengan ritual adat. Air bekas cucian kereta ini dijadikan rebutan oleh banyak orang. Mitosnya, air ini bisa mendatangkan keberuntungan.

2. Kereta Kencana Garuda Yeksa

www.boombastis.com

Kereta Kencana Garuda Yeksa merupakan kereta pengganti Kanjeng Ratu Jimat. Pasalnya kereta kencana ini baru digunakan sejak kepemimpinan Hamengkubuwono VI hingga kini. Kereta ini dibuat oleh perusahaan Hermansen Co. yang merupakan perusahaan pembuat kereta asal Belanda pada tahun 1867.  

Kereta kencana ini memang hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja. Mulai dari mengunjungi orang penting atau acara penobatan raja. Sama seperti Kereta Kencana Kanjeng Nyai Jimat, air bekas memandikan kereta kencana ini juga selalu menjadi rebutan para warga karena dianggap keramat.

3. Kereta Kencana Paksi Naga Liman

fotokita.net

Kereta kencana ini merupakan milik Keraton Kanoman. Dahulunya kereta kencana ini digunakan oleh raja Kanoman untuk menghadiri upacara-upacara kebesaran. Gak hanya itu, kereta yang dibuat pada tahun 1608 ini juga digunakan untuk kirab pengantin para keluarga Keraton Kanoman.

Kereta ini merupakan penggabungan 3 hewan yang berbeda sesuai namanya yaitu yaitu paksi atau burung pada sayapnya, naga pada tanduknya, dan liman atau gajah pada belalainya.

Kereta Kencana Paksi Naga Liman ini baru “pensiun” pada tahun 1930. Walaupun dalam beberapa kesempatan kereta ini masih sering digunakan, tapi hanya dalam bentuk replikanya saja. Sedangkan yang asli hingga kini masih disimpan di Museum Keraton Kanoman.

4. Kereta Kencana Singa Barong

mulpix.com

Kereta Kencana Singa Barong berasal dari Kerajaan Cirebon. Kereta yang dibuat pada tahun 1549 ini tidak ditarik oleh kuda seperti kereta-kereta kencana yang lain, melainkan ditarik oleh 4 ekor kerbau bule yang keberadaannya sangat langka.

Kereta ini merupakan penggabungan dari 4 hewan yang berbeda yaitu singa atau macan di bagian tubuh, gajah pada belalainya, garuda pada sayapnya dan kepalanya berupa naga. Kereta ini digunakan dalam acara kirab keliling Kota Cirebon yang dilakukan setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Syura ini dilakukan secara turun temurun mulai dari Panembahan Ratu Pakungwati I pada tahun 1526 hingga pada tahun 1942.

Baik Kereta Kencana Singa Barong maupun Paksi Naga Liman keduanya dibuat oleh Panembahan Losari yang merupakan seorang arsitek. Sedangkan hasil pahatannya yang detil merupakan karya Ki Notoguna yang berasal dari Kawilulu.

5. Kereta Kencana Garuda Putra

www.flickr.com

Kereta Kencana Garuda Putra datang dari Kasunanan Surakarta. Kereta kencana ini merupakan peninggalan Pakubuwono XI. Dahulunya kereta kencana Garuda Putra digunakan untuk upacara kerajaan dan perjalanan jauh Raja Surakarta.

Wafatnya Pakubuwono XI dan digantikan oleh Pakubuwono XII namun kereta ini tidak digunakan lagi karena sang Pakubuwono XII tidak memiliki permaisuri begitu juga dengan putra mahkota. Setelah tidak digunakan selama puluhan tahun lamanya, kereta kencana ini baru digunakan kembali oleh Pakubuwono XIII yaitu pada tahun 2012 lalu dalam acara kirab agung.

Nah itulah tadi 5 kereta kencana khas Indonesia yang digunakan oleh para raja kerajaan di tanah jawa. Semua kereta kencana tersebut masih terawat dan disimpan di museum keraton setempat. Karena bagaimanapun keberadaan 5 kereta kencana di atas merupakan benda pusaka yang dimiliki oleh masing-masing kerajaan dan juga Indonesia.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Murka Lihat Anak Sekolah Rusak Makam Nasrani, Ancaman Gibran: Tutup Sekolahnya Aja! | Keepo.me

Murka Lihat Anak Sekolah Rusak Makam Nasrani, Ancaman Gibran: Tutup Sekolahnya Aja! | Keepo.me

Bangga, 7 Prinsip Ini Menjadi Harga Mati Bagi Orang Batak

Bangga, 7 Prinsip Ini Menjadi Harga Mati Bagi Orang Batak

Palestina Diklaim Tak Pernah Ada, Pendeta Asal Amerika Berkata Sebaliknya: Israel Yang Tidak Ada, Adanya Palestina | Keepo.me

Palestina Diklaim Tak Pernah Ada, Pendeta Asal Amerika Berkata Sebaliknya: Israel Yang Tidak Ada, Adanya Palestina | Keepo.me

Jual Beberapa Uang Kuno Indonesia ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak

Jual Beberapa Uang Kuno Indonesia ini Dijamin Bisa Bikin Kamu Kaya Mendadak

Seperti Eriksen, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mendadak 'Kolaps' hingga Merenggut Nyawa di Lapangan | Keepo.me

Seperti Eriksen, 5 Pesepakbola Ini Pernah Mendadak 'Kolaps' hingga Merenggut Nyawa di Lapangan | Keepo.me

Identik Sebagai Lagu PKI, Apa Makna Lagu Genjer-genjer Sebenarnya?

Identik Sebagai Lagu PKI, Apa Makna Lagu Genjer-genjer Sebenarnya?

loading