5 Fakta Unik Menteri Susi Pudjiastuti yang Bikin Bangga Punya Menteri Begini

06 Mei 2017
|Atik Kencana S.
5SHARES

Sosok Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu Susi Pudjiastuti memang menjadi sorotan publik semenjak pelantikan dirinya dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019. Sebelum menjadi menteri, mungkin belum banyak orang yang mengenal Susi. Apalagi saat seusai pelantikan tersebut Menteri Susi melakukan hal yang tidak sewajarnya dilakukan oleh seorang menteri, yaitu merokok di Istana Negara. Tentu saja hal ini menuai banyak kontroversi di media sosial.

Namun ternyata siapa yang menyadari bahwa kiprah Menteri Susi dalam bidang kelautan dan perikanan ternyata sudah dilakukan sedari belia. Hal tersebutlah yang membuat Menteri Susi menjadi begitu piawai dalam bidang ini. Lahir dan besar di kawasan Pangandaran menjadikan Menteri Susi paham betul tentang bidang perikanan. Hal inilah yang menjadi awal mula karir Menteri Susi Pudjiastuti.

Bukan hanya dianggap sebagai “dewa” oleh para nelayan di Pangandaran yang menjadi sisi unik Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Masih ada sederetan lagi fakta unik Menteri Susi yang sudah berhasil dirangkum oleh YuKepo. Penasaran beliau punya fakta unik apa saja? Yuk langsung aja kita kepoin!

1. Dijuluki Putri Laut

Putus sekolah SMA nampaknya tidak menjatuhkan rasa percaya diri Susi. Justru di sinilah perjalanan tersebut di mulai. Jiwa pengusahanya mulai muncul sejak ia “cabut” dari SMA yaitu pada usia 17 tahun. Berjualan baju, cengkeh, hingga bed cover berkeliling kota Pangandaran menggunakan sepeda motor menjadi aktivitas sehari-hari Susi. Modal yang dikumpulkan selama berdagang sebesar Rp 750.000 digunakan untuk bisnis mengepul ikan hasil tangkapan nelayan Pangandaran.

PT ASI Pudjiastuti Marine Product didirikannya pada tahun 1983 yang memiliki produk unggulan lobster yang diberi merk Susi Brand. Bisnis tersebut berhasil hingga mampu menembus pasar Asia dan Amerika. Kemampuannya dalam bidang perikanan dan kelautan memang sudah tidak diragukan lagi. Hingga sang mantan suami yang pertama yaitu Daniel Kaiser memberikannya julukan Putri Laut.

2. Lulusan SMP pertama yang jadi menteri

Susi Pudjiastuti berhasil membuktikan bahwa gelar sarjana memang tidak mempengaruhi jenjang karir dan keberhasilan seseorang. Banyak orang yang menggenggam ijazah S1 hingga S3 namun belum tentu berguna bagi dirinya dan orang banyak. Menteri Susi yang hanya lulusan SMP mampu memiliki perusahaan pengolahan ikan dan perusahaan penerbangan yang totalnya mencapai ratusan karyawan.

Gak hanya itu, Susi berhasil menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan walaupun hanya seorang lulusan SMP. Banyak pakar pendidikan dan politik yang meragukan kemampuan Susi. Namun hal itu dibuktikan dengan kinerjanya yang luar biasa selama ini.

3. Masuk Daftar Pencarian Orang alias DPO

Paska bencana Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam, Susi yang paham banget mengenai nasib para nelayan melakukan suatu kegiatan sosial. Ia membeli 5.000 liter solar yang berasal dari Medan. 5.000 liter solar tesebut dibawanya menggunakan 250 jerigen yang akan dibagikan secara gratis ke nelayan di Pulau Simeuleu supaya bisa melaut lagi.

Sayangnya, atas kejadian tersebut Susi malah dianggap menjadi buronan karena menyelundupkan 5.000 liter solar tersebut. Muncul juga nama Susi di beberapa koran yang membahas bahwa Susi adalah seorang DPO. Kasus tersebut akhirnya selesai setelah Susi menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya. 

4. Dikira sebagai mata-mata asing

Bisnis penerbangannya yang bernama Susi Air ini memang lebih banyak mempekerjakan pilot asing. Terlebih lagi Susi pernah menikah dengan seorang pilot yang berkebangsaan Jerman. Dua hal ini menyebabkan Susi sempat dicurigai sebagai mata-mata asing. Padahal Susi tidak mampu membayar gaji pilot lokal yang mahal, akhirnya ia menggunakan jasa pilot asing. 

5. Tato Burung Phoenix

Gak semua orang Indonesia memang bisa menerima dan memahami keberadaan tato di tubuh seseorang. Apalagi di tubuh salah satu menteri di Indonesia yaitu Susi Pudjiastuti. Beliau memiliki sebuah tato di kakinya yang berbentuk Burung Phoenix. Menurut mitologi Mesir Kuno, burung Phoenix merupakan sebuah burung api yang abadi. Burung Phoenix hanya bisa mati karena api dan bisa bangkit kembali dari abunya sendiri.

Uniknya, Susi tidak coba untuk menutupi tato tersebut. Ia memperlihatkan tato di kakinya itu pada saat berjalan. Karena itulah, Susi memang bukan sosok yang mengejar pencitraan semata.

Nah itulah tadi 5 fakta unik Menteri Susi yang banyak orang tau. Sosok menteri yang tomboi ini memang menjadi banyak inspirasi bagi semua orang, wanita khususnya. Sosok yang mampu membuktikan bahwa keberhasilan akan selalu hadir untuk orang-orang yang mau berusaha. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
5SHARES