5 Alasan Mengapa KPK Harus Tetap Dipertahankan

29 Oktober 2017
|Indana Putri
Indonesiaku
0SHARES

KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi dibentuk sejak kepemimpinan Ibu Megawati pada tahun 2004. Selama tiga belas tahun mengabdi, sudah ratusan kasus korupsi yang berhasil ditangani oleh KPK. Namun, prestasi yang berhasil didapatkan oleh KPK ini harus melalui banyak kejadian yang tidak mudah. Banyak sekali tempaan yang harus dihadapi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Mulai dari fitnah, hukuman penjara, teror, hingga keselamatan jiwa para anggotanya.

Tengok saja kasus yang menimpa mantan ketua pertama KPK, Antashari Ashar. Kala itu Antasari terjerat kasus pembunuhan terhadap NasrudinKematian Nasrudin dengan cara ditembak oleh orang yang tak dikenal diduga kuat didalangi oleh Antasari Ashar sehingga mantan ketua KPK tersebut diseret ke dalam bui. Kejadian yang terjadi saat rezim mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkuasa ini disinyalir sebagai teror karena mantan ketua KPK tersebut berani mengungkap kasus korupsi yang dilakukan oleh Aulia Pohan, besan dari SBY, yang akhirnya membuat Pohan dibui.

Tak hanya Antasari, teror pun terjadi pada kebanyakan anggota KPK. Terbaru adalah kasus dari Novel Baswedan, salah satu penyidik KPK soal mega korupsi proyek E-KTP yang menghabiskan dana hingga triliunan rupiah. Wajah Novel disiram air keras oleh dua orang tak dikenal selepas sholat subuh. Diikuti dengan terbunuhnya Johannes Marlim, saksi kunci E-KTP yang saat itu sedang berada di Amerika.

Melihat prestasi serta teror yang didapatkan KPK, DPR lalu membuat hak angket untuk menghentikan kinerja KPK. Namun, masyarakat yang saat ini lebih percaya KPK dibanding DPR tidak menyetujui soal hak angket yang diberikan DPR. Bahkan, pada 2016 lalu, warganet juga berdemo menolak Revisi Undang Undang KPK yang mana dirasa semakin menyulitkan langkah KPK dalam memberantas korupsi

Lalu, mengapa KPK harus dipertahankan? Lima Alasan ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Yuk, kepo!

1. KPK berani memberantas korupsi

Ya kali... Namanya aja Komisi Pemberantasan Korupsi, ya jelas kudu berani memberantas korupsilah. Beda cerita sama Komisi Pemberantas Kelaparan, meskipun singkatannya sama-sama KPK. Nah, selama tiga belas tahun ini, KPK berani memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Tak hanya ketua DPR, mantan presiden aja bisa ter-cyduq! Apalagi Indonesia masuk dalam daftar sepuluh besar negara terkorup. Kalau KPK dibubarkan, para koruptor akan makin merajalela. Rakyat makin sengsara. Apa kata dunia?

2. Koruptor masih bebas berkeliaran

Sama banyaknya seperti tikus yang berkeliaran di gorong-gorong, di luar sana masih banyak sekali koruptor yang berkeliaran. Sifatnya pun hampir sama. Selain sama-sama suka mengrikitik sesuatu yang bukan haknya, mereka pun juga jago banget kabur! KPK ini semacam perangkap tikus. Kalo si tikus udah ketangkep, kejet-kejet sekarat, dibebasin, langsung kabur! Ada KPK aja si tikus masih bisa kabur, apalagi kalo KPK bubar. Bayangkan kalo nggak ada KPK, siapa lagi yang bisa memberantas para tikus, eh, koruptor ini? Kerjaan polisi nangkep maling ayam udah banyak, kasian kalo harus ditambahi nangkep maling uang rakyat.

3. Banyak kejahatan yang belum terungkap

KPK memang sudah berhasil mengusut banyak kasus korupsi. Sayangnya, kasus korupsi di Indonesia jauh lebih banyak dari yang sudah diungkap KPK. Jadi, KPK tetap harus bertahan untuk mengusut tuntas semua kejahatan di bumi Nusantara.

4. KPK adalah pahlawan negara

Jika Amerika punya Superman dan Jepang punya Ultraman, maka Indonesia punya KPK! Superhero yang berani mengentas kejahatan para koruptor bermuka dua dan tidak takut menghadapi teror apa pun demi terciptanya Indonesia yang bersih dari korupsi! One Direction bubar aja kamu bisa nangis tersedu-sedu, apalagi kalo superhero-mu, eh, KPK dibubarkan?

5. Menambah jumlah pengangguran

Kalo KPK bubar, seluruh anggotanya bakal kehilangan pekerjaan. Jumlah pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Angka kemiskinan dan jumlah koruptor juga semakin meningkat. Yakin mau KPK bubar?

Apalah jadinya Indonesia tanpa KPK. Bisa makin carut-marut negara kita. Kalo menurut versimu, kenapa KPK harus bertahan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Indana Putri
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES