10 Nama Anak dari Kata Jawa Kuno dan Bahasa Sanskerta yang Bermakna Indah

14 Juli 2017
|Olphi Disya
Indonesiaku
1296SHARES

Meski ada ungkapan “apalah arti sebuah nama”, namun nyatanya nama merupakan hal yang sangat esensial di kehidupan manusia. Untuk itu, pemberian nama tentu menjadi hal yang penuh pertimbangkan. Di balik nama, tersimpan doa dan tersirat harapan. Bagi kamu yang berencana mempunyai anak suatu saat nanti, mungkin sepuluh nama anak yang diambil dari kata Jawa dan Sanskerta ini bisa menjadi pedomanmu.

1. Adwitya Jagaddhita

Adwitya berarti tiada duanya dan Jagaddhita memiliki makna kebahagiaan. Berkah memiliki anak tentu akan menjadi harapan dan kebahagiaan yang tiada duanya.

2. Maitreya Sakala

Nama Maitreya artinya adalah ketulusan dan Sakala berarti sempurna. Kebayang dong ademnya saat menjelaskan bahwa arti nama anakmu adalah ketulusan yang sempurna?

3. Citrakara Chayapatha

Bentangan angkasa bagaikan lukisan terindah dari Tuhan bisa menggambarkan keagungan pribadi anakmu kelak. Citrakara artinya pelukis dan Chayapatha memiliki arti angkasa.

4. Bramanty Praharsa

Pribadi yang tangguh dan senantiasa membuat orang lain bergembira tentu menjadi sosok yang diharapkan. Sebagaimana artinya Bramanty adalah ksatria perang dan Praharsa yang berarti sangat bergembira.

5. Ayusya Maharupini

Ayusya memiliki makna panjang umur dan Maharupini artinya sangat cantik. Kombinasi dua nama yang terdengar indah ini bikin siapa pun ingin mengamininya.

6. Kyati Kumaralalita

Siapa sih yang nggak ingin anaknya kelak menjadi orang yang ternama, namun tetap disenangi banyak orang? Berikan nama Kyati yang artinya terkenal dan Kumaralalita yang berarti kecantikan yang menjadi buah bibir.

7. Rasendriya Nitimanta

Rasendriya memiliki arti tajam semua inderanya dan Nitimanta artinya adalah berkelakuan baik. Harapannya anakmu kelak meski memiliki kelebihan, namun akan tetap rendah hati dengan selalu berkelakuan baik.

8. Badhra Sadajiwa

Dari lahir hingga akhir hayatnya, kehadirannya akan selalu disyukuri dan didoakan. Namailah dengan Badhra yang artinya selamat dan Sadajiwa yang bermakna hidup selamanya.

9. Rajni Amaranggana

Rajni merupakan nama yang berarti puteri raja dan Amaranggana artinya adalah bidadari. Anak perempuanmu akan senantiasa tumbuh dengan penuh kehormatan dan memiliki paras secantik bidadari.

10. Damilan Estungkara

Arti nama Damilan adalah bertambah keserasiannya dan Estungkara berarti kesanggupan menghadapi masalah. Memberikan nama ini harapannya agar anakmu kelak dapat menghadapi masalah dengan cara yang bijak.

Memiliki buah hati yang tumbuh sesuai dengan harapan orang tuanya tentulah menjadi dambaan setiap keluarga. Sebuah nama yang indah akan lebih berarti jika diiringi dengan didikan budi pekerti dan kebaikan oleh kedua orang tuanya. Jadi, mana nama yang jadi favoritmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
100 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
1296SHARES