10 Fakta Keren Bahasa Indonesia Ini Yakin Deh Bikin Kita Makin Bangga

16 Oktober 2017
|Meidiana
Indonesiaku
0SHARES

Masih inget nggak bunyi butir ketiga ikrar Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 silam? Iya, bener banget, “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Kalau sudah inget, jangan pernah lupa ya aksi nyatanya. Pokoknya, kita harus tetap bangga karena memiliki dan menggunakan bahasa Indonesia. Walaupun keliatannya sepele, kalau kita sudah nggak lagi bangga berbahasa Indonesia, apa kabar Indonesia? Duh, jangan sampailah, ya. Bahasa Indonesia sendiri makin ke sini makin mendunia aja, lho. Ibarat artis, jam terbang ke mana-mananya sudah tinggi. Kalau gitu, kita cek langsung saja betapa mendunianya bahasa Indonesia berikut ini.

1. Menjadi bahasa resmi ASEAN

Pada bulan September 2015, bahasa Indonesia ditetapkan menjadi bahasa resmi ASEAN. Tentu saja hal itu merupakan suatu kelebihan dan kebanggan tersendiri. Di tingkat ASEAN, pengguna bahasa Indonesia hampir mencapai 60 % dan sudah banyak dipelajari untuk kepentingan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Wah, kita juga nggak boleh kalah untuk tetap terus belajar, terus belajar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

 

 

2. Dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia

Di banyak negara, bahasa Indonesia dianggap penting, lho, untuk dipelajari. Contohnya saja di Vietnam, Amerika Serikat, Kanada, Ukraina, dan Australia. Bahkan, Korea Selatan juga menganggap penting untuk mempelajari bahasa Indonesia, seperti Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) yang memiliki jurusan bahasa Indonesia-Melayu. Nah kan, nggak cuma di kitanya sendiri kok yang melulu mempelajari bahasa dan budaya Korea, mereka ternyata juga mempelajari bahasa dan budaya Indonesia. 

3. Peringkat ke-3 bahasa terbanyak yang dipakai di WordPress

Kamu pasti nggak asing kan dengan blog WordPress? Yap, situs layanan blog yang sangat populer itu mengumumkan bahwa bahasa Indonesia ternyata jadi bahasa terbanyak ketiga yang digunakan di Wordpress setelah bahasa Inggris dan Spanyol. Buat kamu yang suka ngeblog menggunakan WordPress, berarti kamu telah turut berkontribusi nih untuk menjadikan bahasa Indonesia berada di peringkat ke-3.

4. Wikipedia berbahasa Indonesia berada di posisi ke-3 di Asia

Hampir tidak ada warganet yang tidak kenal Wikipedia. Ketika mencari tau segala sesuatu, Wikipedia selalu menjawab. Sangat banyaknya pengguna Indonesia dan berbagai informasi berbahasa Indonesia yang dimuat dalam ensiklopedia bebas ini pun menjadikan Wikipedia berbahasa Indonesia berhasil menduduki posisi nomor tiga di Asia setelah wikipedia berbahasa Mandarin dan Jepang.

5. Sebagai bahasa kedua yang digunakan di Vietnam

Pada tahun 2007, Pemerintah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh. Sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan, bahasa Indonesia disejajarkan dengan bahasa Perancis, Jepang, dan Inggris. Spesial juga nih kedudukan bahasa Indonesia di Vietnam.

6. Sebagai bahasa yang sudah sejak lama dipelajari dan dikaji di Jepang

Di Jepang, terdapat perhimpunan khusus yang meneliti Indonesia, termasuk bahasa Indonesia. Perhimpunan bernama Nihon Indonesia Gakkai (Perhimpunan Peneliti Indonesia Seluruh Jepang) ini ternyata sudah ada sejak tahun 1969, lho. Wah, lama juga, ya. Selain itu, beberapa universitas di Jepang juga sudah memiliki jurusan bahasa Indonesia, seperti Tokyo University of  Foreign Studies (TUFS) dan Osaka University.

7. Bahasa yang populer di Australia

Bahasa Indonesia di Negeri Kangguru juga sangat diapresiasi. Banyak universitas di Australia yang memiliki jurusan bahasa Indonesia. Sekitar 500 sekolah di sana juga membuka kelas bahasa Indonesia. Banyak warga Australia yang fasih berbahasa Indonesia, bahkan anak-anak muda Australia yang fasih dan sangat mencintai Indonesia mendirikan Australia-Indonesia Youth Association (AIYA).

8. Bahasa Indonesia pernah turut diterbangkan ke luar angkasa

Pada tahun 1977, bahasa Indonesia dan musik Indonesia ternyata pernah diluncurkan ke luar angkasa melalui satelit Voyager milik Amerika. Satelit tersebut berisi piringan emas yang menyimpan berkas rekaman berbagai gambar dan suara di bumi, termasuk rekaman gamelan dan ucapan salam dari Indonesia. Keren!

9. Menjadi bahasa siaran dalam beberapa radio dunia

Nggak cuma siaran dengan bahasa negara basisnya, radio-radio dunia sekarang sudah makin banyak yang memiliki program siaran berbahasa Indonesia. Beberapa di antaranya adalah BBC, VOA, ABC, dan KBS World Korea. Jadi pingin ikut dengerin, dah.

 

 

10. Menjadi bahasa pilihan di situs-situs klub sepak bola Eropa

Kalau kamu hobi banget baca berita terkini tentang sepak bola melalui website/ media sosial official klub favoritmu, sekarang nggak usah bingung lagi karena sudah banyak yang menyediakan fitur bahasa bahasa Indonesia sebagai bahasa pilihan. Sebut saja Barcelona, Liverpool, Juventus, Real Madrid, dan Inter milan. Semoga yang lainnya besok juga pada segera nyusul deh.

 

Makin bangga dan bahagia kan setelah mengetahui fakta-fakta keren bahasa Indonesia di atas? Sekarang saatnya buat kembali memupuk rasa cinta terhadap bahasa Indonesia dengan selalu menggunakan bahasa nasional kita ini dengan sebaik-baiknya. Suka pakai bahasa asing dan bahasa gaul sih boleh-boleh aja, tapi dengan catatan harus tetap memerhatikan konteks sih, ya. Pokoknya, mari senantiasa kita junjung tinggi bahasa Indonesia. Bahasa daerah kita juga tentunya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES