10 Camilan Khas Jawa Barat yang Bisa Bikin Kamu Ngiler!

30 Oktober 2017
|Mohammad Syahrial
11SHARES

Setiap daerah memiliki makanan ringan khasnya sendiri dengan cita rasa unik sesuai karakteristik wilayahnya masing-masing. Berlimpahnya bahan-bahan makanan memicu kreativitas masyarakat untuk mengolah bahan-bahan tersebut menjadi berbagai jenis kudapan, seperti yang terjadi di Jawa Barat. Kondisi alam yang subur, sejuk, menghasilkan bahan makanan yang berlimpah. hasil pertanian, dan perkebunan tidak hanya diolah menjadi makanan berat, tapi ada juga yang diolah menjadi camilan. Karena itu, banyak sekali jenis camilan khas Jawa Barat yang kini telah terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Udara sejuk Jawa Barat membuat masyarakatnya senang berkumpul dan tentu saja ditemani camilan-camilan khas wilayahnya masing-masing. Mau tau camilan khas Jawa Barat yang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga mampu membuat lidah kamu asik bergoyang­-goyang? Nah, tim YuKepo udah nyiapin nih sepuluh camilan khas Jawa Barat yang bisa bikin kamu ngiler. Yuk, kita kepo!

1. Colenak

Colenak, dicocol enak! Colenak dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar dan disajikan dengan kelapa serta gula merah. Peuyeum bisa diguyur gula merah atau disajikan terpisah. Tinggal cocol dan rasakan sensasi gula dari peuyeum yang dibakar!

2. Awug

Camilan khas Jawa Barat yang satu ini juga menggunakan gula merah sebagai bahan bakunya. Gula merah dengan adonan tepung beras dicetak dalam cetakan berbentuk kerucut, kemudian kukus dan awug pun siap untuk disantap dengan parutan kelapa. Paling enak kalo awugnya masih anget nih, guys. Maknyus!

3. Wajit

Wajit adalah camilan yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa yang dimasak sampai mengental. Tekstur legit dan kenyal dari camilan yang satu ini khas banget, lho. Cara menyajikannya juga khas banget, yakni dibungkus dengan menggunakan kulit jagung yang dikeringkan. Wajit ini oleh-oleh khas dari Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Kalau mampir ke Bandung, jangan lupa cobain wajit, ya!

4. Ali Agrem

Camilan khas Jawa Barat yang bentuknya mirip donat ini adalah satu jajanan pasar yang paling populer, lho. Ali agrem terbuat dari beras ketan, gula merah, dan parutan kelapa. Sebelum adonan ali agrem digoreng, adonan harus didiamkan selama semalaman. Waktu pembuatannya emang agak lama, tapi sebanding dong sama rasanya yang enak banget!

5. Putri Noong

Camilan yang satu ini punya tampilan yang cantik banget dengan warna-warninya. Putri noong terbuat dari singkong dan pisang. Singkong dibuat menjadi adonan yang tengahnya diberi potongan buah pisang. Kukus adonan singkong dan pisang, kemudian sajikan dengan parutan kelapa. Tekstur putri noong yang kenyal dan rasanya yang gak terlalu manis bikin camilan ini raos pisan!

6. Surabi

Siapa sih yang gak tau surabi? Camilan yang terbuat dari tepung beras ini pasti udah terkenal banget di kalangan masyarakat Indonesia. Harganya yang murah dan mengenyangkan bisa banget jadi alternatif kalau pengen camilan yang sekaligus bikin kenyang. Penyajian surabi sekarang makin beragam, lho. Ada surabi manis yang menggunakan cokelat atau keju, ada juga surabi asin yang menggunakan telur, oncom, daging, dll.

7. Bandros

Bandros adalah camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan parutan kelapa. Bandros yang rasanya gurih ini bisa dinikmati dengan rasa manis dan juga asin, guys. Kalau mau bandros manis, taburi aja bandros dengan gula pasir. Kalau mau bandros asin, bisa pake saus atau sambel buat dicocol. Camilan yang bentuknya mirip kue pukis ini cocok banget nih buat temen minum teh atau kopi.

8. Jalabria

Jalabria memiliki bentuk yang mirip dengan ali agrem. Kalau kalian pergi ke pasar, biasanya kalian akan menemukan pedagang jalabria yang sekaligus menjual ali agrem. Jalabria dibuat dari adonan tepung ketan hitam yang seluruh permukaannya dilumuri dengan gula putih. Kombinasi tekstur yang kenyal dari adonan ketan hitam dengan manisnya gula bikin cemilan ini jadi idola banget!

9. Gurandil

Gurandil adalah cemilan yang berbahan dasar tepung tapioka. Adonan tepung tapioka dibentuk menjadi bulatan kecil yang dikukus dan diberi pewarna. Warna-warni gurandil ini hampir mirip dengan putri noong. Cantik banget! Gurandil biasa disajikan dengan parutan kelapa atau juga gula pasir.

10. Ulen

Ulen atau ketan bakar adalah camilan tradisional Jawa Barat yang menggunakan ketan dan kelapa sebagai bahan baku. Ketan yang sebelumnya dimasak setengah matang kemudian dibakar hingga permukaannya gosong. Ulen biasanya disajikan dengan bumbu serundeng kelapa dan sambel oncom. Kalau kalian mampir ke daerah Lembang, kalian pasti menemukan banyak penjual ulen di kedai-kedai kecil yang ada di tepi jalan.

Itu dia guys sepuluh camilan khas Jawa Barat yang udah terkenal di masyarakat. Gimana? Bikin ngiler kan? Buat kamu yang tinggal di luar Jawa Barat, boleh nih kamu cobain kalau kamu main ke Jawa Barat. Buat kamu yang ada di Jawa Barat, selalu lestarikan makanan khas daerah kamu ya karena camilan-camilan tadi termasuk ke dalam warisan leluhur yang patut dijaga. Selamat nyemil-nyemil cantik!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mohammad Syahrial
Gak Punya Quote Nih!
11SHARES