Tragis! Begini Kisah Sumiati, Urban Legend dari Makassar yang Menghantui dan Mencelakai Korbannya!

21 November 2017
|Ani Nur Cholifah
497SHARES

Konon hantu bisa terbentuk dari pemikiran dan imajinasi setiap orang sehingga setiap negara memiliki penampakan hantu yang berbeda-beda. Jangankan negara, setiap daerah di Indonesia juga punya kisah dan mitos tersendiri tentang hantu yang menjadi urban legend di daerah masing-masing. Salah satunya adalah Sumiati, urban legend dari Makassar yang sudah cukup dikenal sejak era 90-an sampai saat ini.

Yuk, kenalan sama Sumiati dari tanah Makassar yang popularitasnya bisa ngalahin artis papan atas tanah air dan mitosnya menghantui para supir angkot beserta tukang becak. Penasaran gimana kisahnya? Keep scrolling!

Sumiati yang cukup legendaris sejak tahun 1990-an ini pertama kali menampakan diri di sebuah kawasan hutan, Karaenta. Saat itu ada seorang pelajar yang kesurupan dan menunjuk ke arah hutan lindung tersebut. Lalu warga setempat melihat sosok hantu wanita ini di bawah pohon besar. Sejak saat itu banyak warga yang melihat penampakan hantu yang sama di tempat tersebut. Namun, banyak pengakuan warga yang juga melihat penampakan hantu tersebut di pinggir jalan dan bangku taman saat tengah malam.

Sumiati kabarnya juga sering menampakan diri dengan dua pakaian yang berbeda. Terdengar memang tak masuk akal tapi hal ini dipercaya oleh warga Makassar. Konon saat Sumiati menampakan diri dengan pakaian berwarna putih. Tapi sewaktu-waktu ia akan berubah dengan pakaian berwarna merah. Nah, kalau udah muncul dengan pakaian merah ini wajib waspada karena Sumiati akan berubah jadi hantu berbahaya bagi yang melihatnya. Mulai dari mimpi buruk, terkena musibah sampai kematian akan menimpa orang tersebut. Duh, ngeri. Semoga nggak pernah ketemu deh ya!

Mitos terakhir yang juga cukup populer yakni penampakan Sumiati untuk meneror para supir angkutan umum dan tukang becak di Makassar karena dendam. Hal ini berkaitan dengan perjalanan hidupnya saat ia menjadi seorang gadis yang merantau ke kota Makassar. Berdasarkan kisahnya, Sumiati saat datang ke Makassar di malam hari. Saat di perjalanan ada sekelompok anak muda yang merenggut kehormatannya. Lalu Sumiati diseret paksa ke sebuah mobil dan sekelompok pemuda tersebut membuangnya ke tempat yang sangat sepi. Sumiati masih sadarkan diri untuk beberapa waktu untuk mengetahui bahwa sekelompok pemuda tersebut adalah para supir angkutan umum dan tukang becak. 

Gimana legenda ini sekilas mirip ya dengan kisah hantu Si Manis Jembatan Ancol, benar nggak? Percaya atau tidak itu semua kembali kepada setiap pemahaman dan persepsi orang. Namun, di balik kisah urban legend tentang Sumiati mengajarkan kita untuk bersikap saling menghormati dan menghargai sesama agar tak menyisakan dendam pada diri seseorang.

Ngeri tuh kalau nantinya banyak orang yang udah meninggal dan menghantui kamu karena masih menyimpan dendam. Hati-hati lho!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
497SHARES