Tragis Banget! Mitos Pulung Gantung di Yogyakarta Ini Bisa Bikin Korbannya Bunuh Diri!

05 Desember 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Yogyakarta dengan beragam kearifan lokalnya sering dijuluki sebagai kota yang “ngangenin” sampai-sampai para wisatawan yang pernah berkunjung ke sini tak akan pernah bosan meskipun sudah beberapa kali mendatangi Yogyakarta. Tak hanya itu, Yogyakarta juga kental dengan kisah-kisah mistis yang sudah beredar luas di kalangan masyarakat setempat. Salah satunya adalah legenda tentang pulung gantung.

Pulung gantung sendiri sangat dikenal di kawasan Gunung Kidul. Salah satu kawasan dengan beragam pantai pasir putih yang sangat indah. Tapi dengan adanya legenda pulung gantung ini, Gunung Kidul jadi terkenal sebagai kawasan dengan tingkat bunuh diri yang cukup tinggi. Nah, apa sih sebenarnya legenda pulung gantung? Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini. Buat kamu yang penasaran, langsung aja deh yuk scroll ke bawah!

Puluh gantung sendiri adalah sebuah legenda mistis asal Gunung Kidul, Yogyakarta yang hampir mirip dengan teluh atau semacam santet yang berbentuk api. Konon apabila ada rumah warga yang kejatuhan wujud pulung gantung ini, si penghuni rumah akan langsung bunuh diri atau melakukan hal yang aneh hingga merenggut nyawa mereka. Memang terdengar tidak masuk akal, tapi nyatanya kisah ini kabarnya sering disaksikan oleh warga setempat. Dan bukankah memang tidak semua hal dapat dijelaskan dengan akal?

Selain wujudnya yang mirip dengan teluh, pulung gantung konon juga bersemayam di pohon-pohon besar dan goa yang sudah tua. Tak ada yang tahu pasti pohon yang dihuni oleh pulung gantung itu berada di mana saja tapi mitosnya bila ada orang yang mendekat dan terjadi hal-hal yang aneh dan bisa dirasakan kekuatan magisnya maka kemungkinan besar pohon tersebut menjadi sarang pulung gantung.

Bukan hanya mirip dengan teluh, kabarnya pulung gantung hampir sama dengan kisah santet banaspati karena bentuknya memang sama. Namun konon ukuran banaspati lebih besar bila dibandingkan dengan hantu gunung kidul ini. Meskipun ukurannya tak terlalu besar tapi pulung gantung justru lebih mematikan.

Kejadian yang cukup meresahkan warga ini konon bisa diantisipasi dengan cara membunyikan kentongan bila melihat wujud teluh yang satu ini. Hal ini dipercaya bisa mencegahnya pergi dan tidak memakan korban jiwa yang sudah ditargetkan. Namun bila sudah terjadi, warga setempat biasanya membakar tempat dimana si korban bunuh diri. Hal tersebut dilakukan dengan harapan agar tidak ada korban selanjutnya. Hal lain yang dilakukan warga setempat yakni dengan mengadakan acara bersih desa dengan cara berdoa bersama dan mengadakan pagelaran wayang.

Nah itulah beberapa kisah terkait mitos pulung gantung yang konon memang ada. Percaya atau nggak itu hak setiap manusia. Namun kita sebagai manusia memang wajib memohon dan berdoa kepada Tuhan untuk selalu dalam lindungan-Nya agar terhindar dari berbagai macam hal mengerikan seperti mitos di atas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES