Sosok Mitologi Gumiho, Si Cantik Pemikat Hati yang Berbahaya

16 Juni 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Mendengar kata Gumiho, mungkin yang muncul dalam benakmu adalah aktris cantik Shin Min Ah. Perannya sebagai Siluman Rubah Ekor Sembilan atau Gumiho dalam drama Korea My Girlfiend is Gumiho seakan melekat pada dirinya. Drama tersebut mengisahkan sosok Gumiho yang ingin menjadi manusia. Lalu dia mendekati seorang pria dan meminta bantuan untuk mewujudkan keinginannya. Di akhir cerita Gumiho hidup bahagia dengan pria pilihannya itu. 

 

Dalam mitologi Korea, Gumiho ternyata tidak sebaik citranya dalam drama. Mitos yang beredar di masyarakat, sosok ini merupakan siluman rubah ekor siluman yang memikat para pria agar jatuh hati padanya. Setelah berada dalam genggamannya, ia akan menghisap sari-sari kehidupan laki-laki tersebut. Seramnya, ada juga mitos yang mengatakan bahwa sosok mitologi ini akan memakan hati atau jantung laki-laki. 

 

Kisah Gumiho di Korea seringkali dikaitkan dengan simbolisasi rubah dalam masyarakat Korea. Rubah kerapkali digunakan sebagai simbol kelicikan wanita dalam hal seksual, yaitu wanita yang memanfaatkan kelicikan seksual untuk memikat pria. Korea akan menyebut wanita yang berperilaku seperti itu sebagai "Si Licik Pemakan Pria". 

 

Legendanya yang tersebar di Korea Selatan merupakan pengaruh mitologi Cina kuno. Bukan hal yang mengherankan jika sosok mitologi ini juga dikenal di sana. Hanya saja di Cina, ia dikenal dengan Huli Jing. Huli Jing yang terbentuk dari energi wanita membutuhkan energi pria untuk bertahan hidup. 

 

Selain di Cina dan Korea, legenda rubah ekor sembilan juga dikenal di Jepang.  Di sana sosok ini dikenal dengan Kitsune. Kitsune dipercaya memiliki kekuatan, kecerdasan, dan umur panjang. Dia dapat menyamar menjadi perempuan cantik ataupun laki-laki tua. Sumber kekuatan Kitsune berasal dari ekornya. Jadi, jika ingin membunuhnya maka harus menebas semua ekornya. Uniknya, Kitsune Jepang ada yang bersifat baik dan ada yang bersifat buruk. Yang memiliki sifat buruk inilah yang mendekati manusia dan mengambil energinya. 

 

Kisah-kisah Gumiho tersebut memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama menjadikan pria sebagai sasarannya. Ternyata rubah ekor sembilan dalam mitologi tidak sebaik yang diceritakan di dalam drama Korea. Ternyata Gumiho memanfaatkan kecantikannya untuk melakukan niat jahat yang berbahaya. Jadi, mana yang lebih kamu percaya? Sosoknya di drama Korea atau dalam kepercayaan masyarakat?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES