Simak Yuk Penjelasan tentang Mitos Kehamilan yang Sering Bikin Bingung dan Masih Dipercaya

27 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
46SHARES

Indonesia menjadi salah satu negara yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan dengan mempertahankan budaya tersebut secara turun temurun, seperti legenda, ritual, kebiasaan bahakan mitos-mitos yang beredar. Salah satu mitos yang masih juga dipercaya sampai saat ini adalah mitos tentang kehamilan. Mitos tersebut seringkali membuat seorang wanita hamil menjadi bingung dengan kondisi kehamilannya. Misalnya saja wanita yang hamil tidak booleh potong rambut atau hal lainnya. Terus apa sih pengaruh dan alasan mitos tersebut beredar? Berikut ini penjelasannya biar nanti kamu yang akan atau sedang mengandung nggak lagi bingung. Langsung aja yuk kepoin rame-rame!

1. Suami dan wanita yang sedang hamil dilarang menyiksa hewan

Salah satu mitos yang cukup membingungkan dan populer nih. Mitosnya kalau nanti kamu melanggar ini calon bayi yang sedang di dalam rahim kamu bisa mengalami cacat fisik. Nah, kalau malam-malam ada ular masuk kerumah kamu dan kamu meyiksa hewan tersebut hingga bagian kulitnya terluka, konon calon bayi tersebut bisa saja kulitnya menyerupai kulit ular.

2. Dilarang berhubungan intim karena bisa menyiksa bayi

Mitos ini sebenarnya tidak dibenarkan secara medis karena pada nyatanya alat kelamin pria tidak akan mencapai rongga rahim dimana bayi tersebut bersembunyi. Hal ini tentunya tidak akan menyakiti atau mengganggu bayi di dalam rahim. Namun, bila ingin lebih aman silahkan konsultasi ke dokter kandungan anda. Agar hubungan rumah tangga tetap harmonis.

3. Dilarang potong rambut dan juga kuku karena bayi bisa mengalami patah tulang

Wah, mitos ini sedikit mengerikan sih. Apalagi gak boleh potong kuku selama masa kehamilan, sepanjang apa tuh kuku kamu? Ini justru bisa menjadi sarang kuman. Sebenarnya patah tulang itu sendiri terjadi karena beberapa faktor lain yakni kesalahan saat proses melahirkan, adanya gangguan pada proses pembentukan janin. Prosen tersebut karena janin kehilangan gen yang berfungsi untuk memadatkan tulang dengan kalsium yang disebut Cola 1. 

4. Minum air kelapa bisa membantu persalinan

Berdasarkan ilmu medis, belum ada yang menyatakan mitos ini benar. Faktanya, munum air kelapa muda memang bagus untuk wanita hamil karena membersihkan air ketuban. Jadi, saat hamil tetaplah mengkonsumsi minuman yang bergizi dan sehat dan olahraga ringan yang dianjurkan oleh dokter atau bidan kandungan anda untuk membantu mempermudah proses persalinan.

5. Dilarang duduk di depan pintu bisa mempersulit proses kelahiran

Mitos ini sebenarnya nggak berlaku hanya untuk orang hamil tapi alasannya ini cukup unik. Konon wanita yang hamil duduk di depan pintu maka bisa mempesulit proses melahirkan. Faktanya proses melahirkan menjadi sulit itu disebabkan oleh panggul sang ibu kecil dan bayi yang dilahirkan cukup besar atau palsenta menutupi jalur lahir. Sebenarnya, duduk di depan pintu ini mengganggu orang lain yang akan keluar-masuk rumah. Jadi, tidak di sarankan untuk duduk di depan pintu.

Itu dia beberapa mitos yang sering kali membuat para wanita hamil bingung. Sebenarnya mitos orang terdahulu kadang memiliki alasan baik. Namun, kita harus cermat lagi menyikapinya agar semua tidak hanya perkiraan semata tapi memiliki bukti secara medis.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
46SHARES