Serem! Inilah Buto Ijo, Raksasa yang Suka Menculik Anak Perempuan!

13 Oktober 2017
|Idham Nur Indrajaya
Mistis
0SHARES

Bagi yang sudah pernah mendengar dongeng tentang Timun Mas  pasti tidak asing dengan sosok Buto Ijo. Makhluk mistis yang merupakan tokoh antagonis berwujud raksasa dalam dongeng Timun Mas. Dalam dongeng tersebut diceritakan bahwa Buto Ijo dengan perawakannya yang  tinggi besar dan berwarna hijau kerap menculik anak-anak perempuan. Sosok ini sering kali dijadikan cerita untuk menakuti anak-anak yang belum tidur hingga larut malam. Selain itu, makhluk ini juga disebut-sebut sebagai sosok yang bertanggung jawab atas terjadinya gerhana bulan, sebab menurut cerita rakyat dikatakan bahwa makhluk inilah yang memakan bulan hingga akhirnya terjadi gerhana.

Meski banyak yang mengatakan bahwa sosok mistis ini hanyalah mitos, namun gambarannya sebagai mahkluk raksasa dengan aroma busuk menyengat yang selalu mengiringi kehadirannya tetaplah menjadi momok bagi sebagian orang. Buto Ijo tentu berbeda dengan Genderuwo meski sama-sama memiliki wujud fisik yang tinggi besar dan berambut gondrong, Buto Ijo digambarkan berwarna hijau serta memiliki taring yang panjang.Selain versi yang berambut gondrong, ada juga mitos yang mengatakan bahwa makhluk mistis itu berkepala botak dan memiliki empat tangan.

Selain terdapat dalam dongeng dan cerita rakyat, Buto Ijo juga terkenal dalam pesugihan. Pesugihan Buto Ijo merupakan salah satu pesugihan yang sering digunakan oleh masyarakat Jawa khususnya Boyolali. Pesugihan ini digunakan untuk orang-orang yang ingin memperlancar usahanya dengan syarat atau perjanjian yang dibuat langsung dengan sosok mistis tersebut. Risiko dari pesugihan ini ialah makhluk mistis ini biasanya meminta tumbal berupa manusia yang biasanya merupakan keluarga dari pelaku pesugihan atau bahkan pelaku pesugihan itu sendiri.

Namun demikian, hingga saat ini belum ada yang bisa membuktikan keberadaan mahkluk tak kasat mata tersebut. Maka dari itu, banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa Buto Ijo hanyalah sosok rekayasa yang sengaja dibuat oleh manusia. Makhluk ini dianggap tidak pernah ada, ia hanyalah mitos dan khayalan.

Meskipun tidak ada yang benar-benar yakin dengan keberadaannya, bisnis pesugihan Buto Ijo yang konon menjanjikan kekayaan abadi ini ternyata banyak ditawarkan di internet. Dan beberapa orang juga pernah mengaku melihat penampakan makhluk mistis yang satu ini. Nah bagaimana menurutmu? Benarkah Buto Ijo itu benar-benar ada?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES