Selain Patung Bernyawa, Kisah Misterius Ini Menyelimuti Sejuknya Istana Bogor

25 Juli 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Istana Bogor adalah salah satu istana kepresidenan. Istana ini dibangun tahun 1977, dan terlihat sangan unik dengan desain arsitektur neoklasik. Selain itu, adanya rusa-rusa yang didatangkan khusus dari Nepal ini membuat Istana Bogor semakin menarik. Lokasinya yang berada di tengah Kebun Raya Bogor ini juga selalu ramai dikunjungi para pejalan asal Bogor ataupun luar kota. Namun, di balik unik dan asrinya tempat ini, ternyata Istana Bogor punya beberapa misteri yang kental dengan kisah mistisnya. Langsung aja yuk kepoin bareng-bareng!

1. Pohon beringin berhantu

Bangunan yang penuh dengan nilai sejarah ini memiliki pohon beringin besar yang rindang. Pohon ini juga sudah tertanam sejak ratusan tahun lalu. Konon, pohon yang identik sebagai sarang hantu ini memang sering muncul sosok hantu wanita, kuntilanak. Sosok hantu tersebut ternyata memang sering disaksikan oleh warga setempat. Penjaga kawasan istana juga sering kali mendengar suara wanita tertawa geli di pohon ini, namun saat dicari yang muncul adalah kuntilanak. Nah lho, berani uji nyali di pohon ini?

2. Patung-patung yang bernyawa

Istan Bogor ini tercatat memiliki 360 buah patung yang dibuat dari hasil tangan para seniman dalam dan luar negeri. Namun, patung-patung yang menghiasi istana ini ternyata mitosnya bisa bergerak sendiri seakan-akan mereka hidup. Hal ini juga dibenarkan oleh para penjaga istana, mereka sering mendengar suara yang kabarnya muncul dari deretan patung tersebut. Salah satu patung yang bisa bergerak adalah patung Pegasus buatan seniman Swedia, dari awal patung ini diletakkan menghadap timur, tapi tiba-tiba berubah arah menghadap barat. Padahal tak ada satu pun orang yang merubah posisi patung ini.

3. Sosok hitam dianggap penunggu gaib

Selain memiliki rusa yang didatangkan langsung dari luar negeri, ternyata Istana Bogor mitosnya juga memiliki penunggu gaib. Penunggu tersebut diketahui sebagai sosok tinggi hitam nan misterius. Biasanya warga setempat melihat sosok hitam tersebut berada di halaman istana. Konon sosok hitam ini ternyata juga ada di Istana Cipanas.

4. Makam misterius

Istana Bogor yang memiliki pemakaman Belanda yang sering terdengar suara rintihan pada malam hari ini juga memiliki makam misterius, Taman Meksiko. Makam ini awalnya ditemukan oleh petugas kebersihan istana di antara tumpukan batu yang bentuknya aneh. Lalu para petugas kebersihan tersebut juga sering kali merasa dipanggil dari tumpukan batu tersebut. Namun, saat didekati suara tersebut menghilang.

5. Noni Belanda

Saat siang hari halaman istana terkesan sangat sejuk, namun saat malam semuanya berubah. Di balik rindangnya, pepohonan ini terkesan sangat menyeramkan saat malam hari. Halaman ini ternyata juga dihuni oleh sosok hantu wanita era penjajahan Belanda. Sosok hantu ini muncul lengkap dengan pakaian kuno yang lusuh dengan rok lebar berjalan mengelilingi halaman dan juga kolam istana. Sosok noni Belanda ini juga pernah disaksikan oleh pedagang sekitar kawasan istana.

Beragam kisah mistis yang muncul di Istana Bogor ini tak menyurutkan minat para pejalan untuk menikmati sejuknya Kebun Raya Bogor sebagai salah destinasi wisata mereka. Selain bisa menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun orang-orang tersayang, di sini kita bisa mengenal beragam tanaman untuk menambah wawasan, terutama bagi kamu yang suka dunia cocok tanam.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES