Selain Menyembah Pesawat, Inilah Tradisi Unik Suku Vanuatu yang Bikin geleng-geleng Kepala

03 Februari 2018
|Ani Nur Cholifah
650SHARES

Dalam dunia ini banyak sekali ragam suku yang unik. Bahkan banyak suku-suku terpencil yang memiliki kebiasaan atau kepercayaan yang tak masuk akal. Mulai dari ritual aneh, gaya hidup yang absurd bahkan ada yang masih menyembah benda-benda disekeliling mereka. Ada yang menyembah pohon, batu atau pun api. Hal ini mungkin sudah banyak kita tahu.

 

Suku Vanuatu adalah salah satu suku yang dianggap absurd karena memiliki kepercayaan untuk menyembah pesawat terbang. Kepercayaan ini sudah pasti terdengar aneh di masyarakat pada umumnya karena pesawat adalah salah satu dari kecanggihan teknologi. Namun, berbeda bagi mereka yang berada di pelosok hingga menjadikan pesawat terbang sebagai Tuhan. Berikut ini ulasan mengenai Suku Vanuatu yang terkesan aneh!

Suku ini memang sebelumnya belum mengenal Tuhan dan menganggap pesawat terbang sebagai dewa. Bukan hanya pesawat terbang yang dianggap dewa mereka pun memercayai tentara Amerika sebagai dewa mereka. Lalu uniknya saat melakukan pemujaan pada bulan Februari, para sesepuh atau kepala suku di wilayah ini menggunakan mendali tentara Amerika. Kemudian para warga lainnya menuliskan kata USA dan mengikuti perkataan yang diucapkan oleh kepala suku. Selanjutnya mereka semua berjalan keliling membentuk lingkaran. Pemujaan ini berakhir setelah bendera Amerika dikibarkan.

Keyakinan mereka terhadap tentara Amerika adalah dewa ini karena adanya pemimpin spiritual yang menghubungkan mereka dengan John Frum melalui sebuah radio. John Frum sendiri kabarnya adalah seorang tentara Amerika yang konon rutin mengunjungi suku ini menggunakan pesawat terbang dan membawa beragam kebutuhan mulai dari makanan hingga alat teknologi yang canggih. Suku Vanuatu pun sangat takjub dengan John Frum yang kemudian mereka anggap sebagai dewa. 

Selain John Frum suku ini juga memuja pangeran Philip, Inggris. Pemujaan ini terjadi karena alasan yang sama, pangeran Philip diketahui sempat beberapa kali berkunjung ke wilayah suku Vanuatu. Bahkan ada beberapa warga yang menyimpan foto pangeran Philip di rumahnya dan berdoa di depan foto tersebut. Mereka percaya bahwa pangeran Philip adalah salah satu utusan dewa mereka, John Frum.

Terlepas dari apa yang mereka sembah ternyata suku ini juga memiliki ritual unik yang mirip dengan bungee jumping. Ritual ini biasanya dilakukan saat anak-anak suku Vanuatu yang mulai tumbuh dewasa. Mereka meloncat dari ketinggian yang bisa bikin kamu ngeri saat melihat ke bawah, tanpa alat pelindung, dan hanya menggunakan penyangga kayu. Ritual yang mereka sebut dengan “ritual gol” ini memang sangat ekstrem.

Bila sudah seperti ini tak ada yang dapat disalahkan dan menuduh bahwa tindakan suku ini sebagai sebuah kebodohan. Hal ini menjadi bukti bahwa belum meratanya ilmu dan kecangihan teknologi di muka bumi sehingga masih ada kelompok manusia yang mempercayai kehebatan teknologi sebagai dewa mereka. Oleh karena itu ada baiknya jika kita lebih bijak dalam melihat sebuah permasalahan dari berbagai sisi agar tidak menimbulkan suatu permasalahan yang besar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
650SHARES