Selain Larangan Foto di Gerbang Utama, Inilah Mitos UGM dari Puluhan Tahun Lalu

31 Januari 2018
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja, merupakan kampus yang menjadi primadona di kota khas gudeg tersebut. Bahkan banyak pelajar dari daerah lain yang berlomba-lomba untuk bisa menjadi mahasiswa UGM. Namun, selain menjadi primadona, UGM juga memiliki mitos yang sudah turun-temurun dipercayai oleh mahasiswanya. Mulai dari mitos yang absurd hingga mitos tentang hantu-hantu yang menyeramkan juga menjadi bagian yang tak terlepaskan dari UGM. Nah, buat kamu yang kepo, berikut ini kumpulan mitos UGM yang sudah ada sejak era 90-an.

1. Larangan foto di depan gerbang utama UGM

Gerbang utama UGM mungkin akan menjadi spot ikonik dan menarik untuk dijadikan background foto kamu. Sayangnya, ada mitos UGM yang mengatakan bahwa setiap mahasiswa yang foto di spot dengan tulisan Universitas Gadjah Mada tersebut akan lama lulusnya. Bahkan konon bisa menjadi mahasiswa abadi lho. Wah, berani coba?

2. Larangan menyanyikan lagu berjudul Gugur Bunga

Lagu ciptaan Ismail Marzuki berjudul Gugur Bunga ini konon dilarang dinyanyikan di area bundaran Fakultas Teknik saat malam hari. Bila dilanggar maka akan ada sosok mengerikan menghampiri kamu. Silahkan mencoba kalau penasaran.

3. Jangan lewat jembatan Fakultas Teknik secara rombongan dengan jumlah ganjil

Pernah dengar mitos dilarang foto dengan jumlah ganjil, kalau melanggar yang berada di tengah akan mati? Yup, mitos tersebut sama dengan mitos tentang di sini. Bila kamu melewati jembatan Fakultas Teknik sebaiknya jangan berjumlah ganjil. Konon bila dilakukan kamu akan tertimpa kesialan.

4. Pohon beringin keramat Fakultas Teknik

Pohon beringin memang pohon yang identik dengan kata angker. Ternyata di Fakultas Teknik UGM pohon beringin ini dianggap pohon keramat yang ditunggu oleh makhlus halus. Jadi, bila ada yang mencoba untuk menebang pohon ini kabarnya akan terkena sial.

5. Air yang bisa bikin balik ke Jogja

Selokan Mataram yang berada bersebelahan dengan UGM ini konon punya kekuatan ajaib. Setiap orang yang meminum air ini bisa kembali lagi ke Jogja. Itu sih kayaknya karena Jogja jadi salah satu daerah yang selalu bikin kangen dan nagih buat didatangi berulang kali deh.

6. Sosok hantu wanita di jembatan Fakultas Pertanian

Jembatan yang berada di sebelah utara dari Lembah UGM ini terkenal sebagai salah satu jembatan angker. Terutama sosok hantu wanita, Mbak Rohana yang dipercaya sebagai penunggu kawasan ini semakin menambah keangkeran jembatan tersebut.

7. Hantu wanita penunggu Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Setelah Mbak Rohana ternyata UGM punya sosok hantu wanita lain bernama Mbak Yayuk. Konon sosok Mbak Yayuk adalah hantu akibat bunuh diri karena kecewa skripsinya sudah ditolak berkali-kali yang sering muncul di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

8. Gedung terangker UGM merupakan gedung registrasi lama

Sebelum diruntuhkan oleh mahasiswa, gedung ini terkenal sebagai gedung paling angker seantero UGM. Gedung ini berada di sebelah utara dari gedung MM UGM. Entah kisah apa dulunya yang membuat bangunan ini menjadi menyeramkan tapi memang aura negatifnya sering dirasakan oleh mahasiswa.

9. Suara misterius di gedung bekas perpustakaan pusat

Kegiatan akademik di gedung bekas perpustakaan pusat ini mitosnya memiliki aura negatif yang  sangat kuat. Mitosnya di gedung ini sering terdengar suara seperti ada aktivitas mahasiswa setiap malam. Padahal gedung ini sudah sepi dan nggak ada aktivitas di atas pukul 4 sore.

Itulah Deretan mitos UGM yang beredar sejak puluhan tahun lalu secara turun-temurun. Nah, meskipun banyak mitos UGM yang beredar, universitas ini tetap masih menjadi primadona kebanggaan bagi para pelajar yang bisa masuk dan lulus tepat waktu dari UGM. Boleh percaya atau nggak yang jelas jangan sampai bikin semangat belajarmu menghilang ya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES