Sebelum Ketemu, Baca Dulu Sejarah tentang Hantu Khas Tanah Air yang Bikin Merinding

07 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Hantu dan gosip di Indonesia menjadi salah satu topik yang selalu diperbincangkan masyarakat. Terutama sosok hantu di Indonesia yang terkesan paling menyeramkan dari hantu-hantu di negara lain. Sosok hantu Indonesia juga sering kali mewarnai film horor di layar lebar, bahkan menjadi tokoh utama. Keberadaan mereka yang sering dilihat oleh sebagian masyarakat ini sering membuat penasaran. Nah, sebelum ketemu sama mereka YuKepo sudah merangkum beberapa sejarah hantu asal tanah air ini buat kamu yang kepo. Langsung aja scroll ke bawah!

1. Pocong

Pocong menjadi salah satu hantu yang paling populer dan paling banyak ditakuti oleh kalangan masyarakat. Berdasarkan rumor yang beredar, konon pocong gentayangan ini berasal dari sosok manusia yang telah meninggal dan tali pocongnya lupa dibuka saat akan dikubur. Lalu pocong tersebut berkeliling untuk meminta bantuan agar tali pocongnya dibuka. Sosok pocong ini juga dipercaya sering menghuni kumpulan pohon pisang. Legenda yang terkesan tak logis ini nyatanya sudah dipercaya oleh sebagian kalangan.

2. Tuyul

Tuyul merupakan hantu yang dianggap sebagai sosok anak-anak yang suka mencuri uang manusia. Berdasarkan mitologi, sosok hantu berbadan kecil ini dipercaya dari sosok orang yang gagal melahirkan atau keguguran. Sebagian versi dalam Suku Jawa ini mengatakan kalau tuyul dipelihara oleh manusia sebagai bentuk pesugihan.

3. Kuntilanak

Coba deh, kamu cek apa definisi kuntilanak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)? Yup, di sana tertulis bahwa kuntilanak adalah hantu wanita yang suka mengganggu para wanita yang akan melahirkan. Berdasarkan legenda yang beredar, sosok kuntilanak ini gentayangan karena meninggal saat akan melahirkan anaknya sehingga ia menganggu wanita yang melahirkan karena mencari anaknya tersebut. Kunti ini juga sering ditemukan melayang di pohon-pohon rindang dan besar.

4. Sundel bolong

Sosok hantu wanita yang satu ini kabarnya mirip dengan sosok kuntilanak, hanya saja bagian punggungnya terluka dan berlubang dipenuhi belatung. Luka pada bagian punggungnya ini membuat sundel bolong sangat menyeramkan. Keberadaan hantu ini mitosnya berasal dari negara Malaysia lalu dipercaya oleh masyarakat Indonesia hingga sekarang.

5. Wewe gombel

Kamu pernah ditakuti oleh sosok hantu satu ini? Nah, konon awal mulanya sosok wewe gombel ini muncul berasal dari tradisi suku Jawa Kuno untuk menakuti anak-anak supaya mereka nggak keluar rumah atau bermain saat malam hari. Para orang tua ini cemas karena dulu nggak ada listrik, jadi kalau anak-anak mereka keluar rumah justru jadi mangsa hewan buas. Sosok wewe gombel digambarkan dengan nenek dengan payudara besar dan panjang. Konon, sosok ini pertama kali muncul dari bukit Gombel yang berada di Semarang, Jawa Tengah.

6. Genderuwo

Istilah makhluk halus satu ini berasal dari bahasa Kawi yaitu “gandharwa”, sosoknya dianggap sebagai siluman laki-laki tinggi besar. Mitosnya ternyata hantu ini berasal dari legenda kuno Persia yang dipercaya memiliki hal-hal baik. Namun, sosok genderuwo bagi suku Jawa ini akan muncul pada sore saat matahari terbenam dan menyukai wanita. 

7. Suster ngesot

Sosok suster ngesot ini mungkin belum lama berkembang di masyarakat Indonesia. Salah satu versi mengatakan, kemunculan suster ngesot ini berasal dari salah satu panti jompo yang berada di Jawa Barat. Suster ini merupakan seorang wanita keturunan Belanda yang menganut ilmu hitam dan membunuh seluruh penghuni panti jompo karena dendam. Kemudian ia dihakimi oleh warga setempat dengan memukuli kakinya hingga hancur. Lalu suster tersebut muncul sebagai hantu wanita mengesot karena tak bisa berjalan.

Gimana menurut kamu sejarah tentang makhluk halus di atas? Kalian boleh aja nggak percaya kok, karena sosok hantu ini memang masih menjadi perdebatan bagi sebagian kalangan. Namun, sejarah di atas membuktikan bahwa Indonesia kental akan legenda-legenda mistis yang sudah ada sejak zaman dulu. Nah, kalau kamu punya tambahan sejarah dari hantu-hantu di atas dari versi lain, silakan tambahkan di kolom komentar ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
100 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES