Pulung Gantung, Fenomena yang Dipercaya Sebagai Pembawa Kematian

31 Agustus 2017
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Dalam ranah dunia mistis, penampakan cahaya berbentuk bola api adalah suatu hal yang sudah tidak asing lagi. Tidak hanya di Indonesia saja, fenomena bola api yang dihubung-hubungkan dengan hal-hal berbau mistis pun sudah menjadi hal yang dikenal oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Salah satu fenomena bola api yang terkenal di Indonesia adalah cahaya yang disebut dengan istilah Pulung Gantung.

Sebuah kisah menyeramkan yang berhubungan dengan pulung gantung ini pernah terjadi di Dusun Siraman II, Gunung Kidul, Yogyakarta, pada tahun 1989. Seorang wanita muda bernama Tukirah, meminta tolong kepada ibunya untuk membelikan buah sawo untuk menghilangkan rasa sakit pada kaki. Lantas ibunya pun pergi keluar rumah untuk membeli buah itu. Namun, saat dirinya sudah sampai lagi di rumah, dirinya mendapati Tukirah sudah tewas akibat gantung diri di kusen ruang tamu rumah. Menurut kepercayaan warga setempat, hal yang tiba-tiba mendorong Tukirah untuk bunuh diri adalah kemunculan roh bernama pulung gantung.

Tidak hanya kasus kematian Tukirah saja yang memperkuat landasan para warga di Dusun Siraman untuk memercayai tentang fenomena pulung gantung. Pasalnya, setelah peristiwa mengenaskan itu, masih ada beberapa peristiwa bunuh diri lainnya yang dihubungkan oleh orang-orang dengan fenomena pulung gantung. Semua peristiwa tragis itu pasti ditandai dengan kematian yang disebabkan oleh gantung diri. Maka dari itu, pulung gantung pun menjadi urban legend yang cukup terkenal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Meskipun tidak pernah benar-benar ada orang yang bisa memberi jawaban pasti mengenai fenomena misterius pulung gantung, beberapa masyarakat percaya bahwa kemunculan pulung gantung tidak selalu menjadi petanda akan datangnya suatu peristiwa kematian, melainkan memberikan tanda bagi orang-orang yang melihatnya untuk menduga-duga bahwa ada suatu peristiwa yang akan terjadi.

Konon, mitos tentang pulung gantung yang beredar di Gunung Kidul itu dikaitkan dengan sejarah gantung diri massal yang pernah terjadi di lokasi tersebut. Peristiwa gantung diri besar-besaran ini kabarnya terjadi saat adanya perseteruan antara Kerajaan Demak dan Majapahit. Peristiwa berdarah yang terjadi di masa lampau itu pun dihubung-hubungkan dengan peristiwa-peristiwa bunuh diri di sekitar Gunung Kidul yang dikaitkan dengan pulung gantung.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES