Penuh Suara Misterius, 'Radio Hantu' Di Rusia Ini Bikin Penggemarnya Penasaran Setengah Mati!

01 Maret 2018
|Median

Sebelum kemunculan televisi dan internet, radio telah debut sebagai media elektronik yang diidolakan seluruh masyarakat di dunia. Meskipun dunia terus berubah, radio terbukti masih eksis sampai sekarang, walaupun sudah tidak sepopuler dulu. Masih banyak juga stasiun radio yang aktif siaran dan sangat populer, bahkan sampai banyak penggemarnya.

Nggak melulu karena program-programnya yang bagus dan penyiarnya yang pada adem suaranya. Ada juga yang banyak penggemarnya karena stasiun radio tersebut unik, aneh, dan penuh misteri.  Seperti The Buzzer, “radio hantu” di Rusia yang bener-bener aneh dan misterius.

Gimana nggak misterius? Radio UVB-76/MDZhB atau yang dijuluki para penggemarnya sebagai The Buzzer ini setiap hari selama 24 jam hanya terus-terusan memperdengarkan suara dengungan aneh monoton yang diikuti suara mirip bunyi klakson kapal. Dalam waktu-waktu tertentu, terdengar seseorang mengatakan beberapa kata dan angka dalam bahasa Rusia yang entah maksudnya apa. Horor deh pasti kalau tengah malam yang sunyi gitu mendengarkan stasiun radio di frekuensi 4625 kHz ini.

The Buzzer ini diketahui telah mengudara sejak tahun 1970-an. Konon, suara aneh dan misterius yang muncul dulunya pernah berubah-ubah. Waktu dilacak, pemancar radio terdeteksi berada di daerah dekat Kota St. Petersburg, tetapi anehnya, tidak ada satu pun yang mengetahui pihak atau orang yang menyiarkan suara misterius ini.

Banyak pendapat yang kemudian bermunculan, seperti alat militer Rusia hingga alat komunikasi alien. Dari sekian banyak spekulasi, banyak yang percaya dengan spekulasi bahwa The Buzzer ini dimiliki oleh militer Rusia. Meskipun pihak militer Rusia tidak mengakuinya, banyak spekulasi yang mencoba untuk memberikan petunjuk ke arah sana.

Spekulasi pertama mengatakan bahwa The Buzzer adalah semacam pendeteksi dan penangkal nuklir, yang apabila Rusia diserang, suara dengungan anehnya akan berhenti dan sinyalnya pun secara otomatis akan melancarkan serangan balasan. Spekulasi tersebut diperkuat karena The Buzzer menggunakan frekuensi gelombang pendek yang dapat didengarkan di seluruh muka bumi, jadi sinyalnya dapat dengan mudah mendeteksi jika ada serangan dari jarak jauh.

Spekulasi lain mengatakan bahwa The Buzzer dipakai sebagai alat komunikasi para intelijen Rusia yang berada di berbagai negara. Nah, itulah yang konon menjadi alasan The Buzzer ini dipancarkan dengan menggunakan frekuensi gelombang pendek yang bisa didengarkan dari mana pun dan kapan pun. Spekulasi ini mengatakan bahwa dengan menyiarkan suara dengungan datar, radio ini sebenarnya sedang mengirimkan instruksi ke jaringan intelijen Rusia di seluruh dunia.

Spekulasi lainnya lagi yang juga banyak dipercaya adalah stasiun radio ini ingin mempertegas bahwa frekuensinya ini tidak boleh digunakan oleh siapa pun. Stasiun ini baru akan menjadi sangat penting ketika terjadi situasi darurat, seperti jika Rusia diserang. Ketika terjadi situasi seperti itu, The Buzzer kemungkinan akan beralih fungsi sebagai pengirim instruksi ke pasukan militer wilayah-wilayah tertentu di Rusia agar senantiasa bersiaga dan jaringan intelijen Rusia di seluruh dunia.

Seorang penggemar radio The Buzzer yang tinggal di kawasan Baltik, Maris Goldmanis pernah mengatakan bahwa pada tahun 2013 The Buzzer menyiarkan pesan spesial yang berbunyi “COMMAND 135 ISSUED”. Pesan itu konon disebut-sebut sebagai pesan uji coba untuk kesiagaan perang penuh.

Nah, selain The Buzzer, di Rusia juga ada stasiun radio yang serupa, lho, yaitu The Pip ( pertama mengudara tahun 1985) dan The Squeaky Wheel (pertama mengudara tahun 2000). Di antara ketiganya, The Buzzer yang paling hits. Walaupun nggak tahu makna suara misterius yang terus disiarkannya, penggemar The Buzzer banyak, lho.

Entah dimiliki oleh militer Rusia untuk kepentingannya atau enggak, yang jelas keberadaan “radio hantu” ini memunculkan banyak spekulasi dan teori konspirasi. Kalau senggang, bisa deh kamu cek rekaman siaran The Buzzer yang serem sekaligus bikin penasaran. Hmm, untung saja sih hanya suara dengungan bukan suara jeritan. Horor beneran kalau sampai kayak gitu!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
SHARES