Nggak Mempan Dibacok, Seni Bela Diri Tanah Air Ini Konon Mengandung Kekuatan Magis!

22 November 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Bumi yang didiami oleh makhluk hidup ini juga diketahui menjadi tempat tinggal para makhluk halus yang tak kasat mata. Tapi nggak semua manusia bisa masuk ke dalam dimensi makhluk tak kasat mata tersebut sehingga banyak cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat. Dari kejadian ini kemudian muncul anggapan bahwa makhluk tak kasat mata itu memiliki kekuatan gaib yang luar biasa. Lalu sebagian manusia meminta bantuan kepada para makhluk gaib tersebut untuk menyelesaikan beragam permasalahan dunia. Terdengar tak logis tapi hal ini dipercaya dan dilakukan oleh sebagian masyarakat.

Salah satunya yang berkaitan dengan kekuatan makhluk tak kasat mata adalah seni bela diri dari beberapa daerah. Misalnya supaya manusia nggak terluka bila terkena benda tajam atau pun terbakar. Nah, apa saja bela diri yang memiliki kekuatan magis tersebut? Yuk simak ulasannya!

Salah satu jenis bela diri yang cukup terkenal dengan kekuatan magisnya adalah Gulat Benjang. Namun, seni pertahanan diri dari Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat ini kian meredup seiring dengan perkembangan zaman. Bela diri gulat dari tanah air ini juga diiringi oleh musik tradisional khas yang disebut dengan waditra dan juga ada beberapa penari untuk hiburan yang menggunakan topeng. Bela diri dengan beragam aksi pertarungan yang kental dengan hal mistis ini juga berkaitan dengan sejarah saat akan melawan pemerintahan kolonial. Aksi gulat benjang ini pun cukup hebat dengan kekuatan gaibnya hingga mampu memukul mundur penjajah.

Bela diri ujangan ini dilakukan dengan menggunakan tongkat bambu yang panjangnya sekitar 50-90cm sebagai senjata untuk para petarungnya. Sama dengan gulat benjang, konon para petarungnya meminta bantuan makhluk gaib untuk mengalahkan lawan. Kekuatan tersebut biasanya terletak pada benda atau bambu yang digunakan oleh petarung agar semakin hebat.

Yang tak kalah mistis dan cukup populer adalah bela diri pencak silat. Pencak silat sendiri sudah cukup dikenal luas hingga ke mata dunia sejak abad ke-14. Bukan hanya sekedar berlatih, seni bela diri pencak silat biasanya juga menganjurkan para petarungnya untuk melakukan amalan khusus atau hal-hal mistis lainnya yang mereka gunakan untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Itulah ketiga seni bela diri asal Indonesia yang cukup dikenal dengan kekuatan magisnya. Benar atau nggak namun persepsi ini sudah muncul dan dikenal luas oleh masyarakat tanah air. Namun, mempelajari seni pertahanan diri untuk menjaga diri sendiri dari tindak kriminal yang sering dilakukan oleh kawanan tak bermoral memang perlu untuk dilakukan. Gimana, apa ada di antara kamu yang juga mempelajari seni bela diri?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES