Nggak Kalah dengan Hantu pada Umumnya, Inilah Hantu Manado yang Mengerikan dan Aneh

18 September 2017
|Ani Nur Cholifah

Mendengar kata Manado pasti kita akan teringat makanan khasnya yakni ayam woku-woku. Bukan hanya woku-woku kecantikan gadis-gadis asal Manado pun tak kalah cantik dengan bule karena kebanyakan para wanita di Manado pada zaman dulu dipersunting oleh pria asal Jepang dan Belanda. Jadi, tak sedikit pria yang berusaha untuk mendapatkan hati wanita Manado yang kabarnya ingin memperbaiki keturunan.

Nah, selain wisata kuliner dan gadis-gadis cantiknya Manado pun punya destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk disambangi. Sisi lain dari kota Manado yang akan YuKepo bahas kali ini adalah hantu khas yang tak kalah mengerikan dari hantu-hantu Indonesia pada umumnya lho. Berani traveling ke Manado berarti juga berani dong kenalan sama hantu-hantu khas daerah ini? Langsung aja YuKepo!

 

Songko konon berasal dari daerah Sangihe dan kemudian sering muncul di daerah pelosok Manado. Mitos tentang keberadaan hantu Songko ini kebalikan dari kuntilanak karena saat jauh pertanda makhluk tidak ada disekitar kamu dan bila suaranya pelan makan songko berada di sekitar kamu. Nah untuk menangkal songko masyarakat Manado percaya dengan menyiapkan air saja maka ia akan jatuh ke dalam air tersebut. Jadi hantu ini mitosnya yak akan muncul saat hujan.

Penunggu adalah sosok makhluk halus yang mendiami pohon atau batu-batu besar. Masyarakat Manado pun percaya bila terjadi sesuatu di sekitar pohon atau batu besar yang dikeramatkan seperti motor mogok atau tersasar maka cara mudahnya dengan membakar rokok atau menyediakan segelas kopi sambil berdehem “ehem” maka makhluk gaib penunggu tersebut akan membantu kamu. Jangan lupa berdoa biar nggak diganggu.

Pok-pok adalah hantu yang lebih identik dengan suku Minahasa yang digambarkan mirip dengan hantu Thailand. Biasanya hantu ini akan muncul dengan mengeluarkan organ tubuh dan kepalanya sehingga hanya akan terlihat kerangka badan. Masyarakat Manado juga mempercayai kalau hantu pok-pok biasa berada di pohon pisang. Nah, cara mengusir hantu ini dengan melemparkan benda ke dalam bagian kerangka badan atau kepalanya sehingga ia akan pergi tak menggganggu lagi.

Mungkin tak banyak hantu khas dari kota Manado tapi yang jelas hantu ini tak kalah mengerikan dan juga terkesan aneh. Coba aja deh cara mengusir hantu-hantu id atas juga unik, benar ngga? Benar atau nggaknya tentang keberadaan makhluk gaib yang terpenting adalah percaya kepada Tuhan dan meminta perlindungannya di mana pun kita berada agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
SHARES