Nggak Hanya di Indonesia, Ternyata Negara Lain Juga Punya Mitos Populer yang Masih Dipercaya!

www.yukepo.com

Sepertinya mitos sudah ditakdirkan hidup untuk membersamai kehidupan karena meski kebenarannya tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, tidak dapat dipungkiri bahwa mitos sampai saat ini masih terus mewarnai kehidupan masyarakat di mana pun itu. Beda tempat, beda pula mitos yang berkembang, tapi ada juga beberapa yang hampir sama. Nggak usah lama-lama, sekarang langsung kita intip aja delapan mitos populer dari berbagai negara berikut yang masih banyak dipercaya sampai sekarang.

1. Mitos mengunyah permen karet pada malam hari di Turki

www.todayifoundout.com

Salah satu mitos yang terkenal di Turki adalah larangan mengunyah permen karet pada malam hari. Kelihatannya sepele, tapi bagi sebagian orang Turki, mengunyah permen karet pada malam hari itu berarti sama halnya mengunyah mayat. Menurut mitosnya, permen karet yang dikunyah pada malam hari tersebut akan berubah menjadi potongan daging yang berasal dari orang yang sudah meninggal. Horor amat!

2. Larangan memberikan sepasang sepatu dan jam sebagai hadiah di Cina

www.lisarn.be

Sebagai hadiah, sepasang sepatu atau jam bagi kita mungkin sudah terlihat keren. Akan tetapi, kedua barang tersebut nggak akan dianggap keren sama sekali kalau kamu berikan sebagai hadiah untuk orang Cina, dianggap membawa nasib buruk baru iya. Menurut kepercayaan banyak orang Cina, hal itu disebabkan karena dalam bahasa Kanton, sepatu diucapkan “Hai” yang terdengar seperti mendesah atau berkeluh kesah. Nah, kalau jam lebih serem lagi karena di banyak daerah di Cina mereka mengucapkannya sebagai “Song-Zhong” yang mirip dengan lafal ‘kematian’. Buat jaga-jaga, perlu dicatet nih kalau mau ngasih hadiah ulang tahun buat kamu yang siapa tahu punya temen dari Cina.

 

3. Mitos hantu Bloody Mary di Inggris

www.neutralbuzz.com

Di Barat, cerita hantu Bloody Mary ini memiliki beberapa versi. Salah satu versi dari Inggris yang terkenal menyebutkan bahwa Bloody Mary dalam sejarahnya adalah Mary Tudor, yaitu Ratu Inggris yang berkuasa dari tahun 1553—1558. Dia mendapatkan julukan Bloody Mary karena pernah menghukum hampir 300 penentangnya dengan cara membakarnya hidup-hidup. Setelah lama meninggal, kekejamannya menjadi salah satu versi asal mula hantu Bloody Mary. Menurut mitosnya, untuk dapat melihat hantu Bloody Mary, hal yang perlu dilakukan adalah menyalakan lilin dan memanggil namanya tiga kali di hadapan cermin besar di kamar mandi pada malam hari. Bener enggaknya, nggak usah dicoba, ya.

4. Mitos membuka payung di dalam ruangan di banyak negara
evil.wikia.com

Di banyak negara, termasuk Indonesia, membuka payung di dalam ruangan adalah hal yang dilarang. Apabila dilakukan, konon dapat mendatangkan nasib buruk dan ada pula yang percaya bahwa hal itu dapat mengundang hantu. Mitos ini ternyata awalnya berasal dari zaman Mesir Kuno. Orang-orang Mesir Kuno konon percaya bahwa membuka payung di dalam ruangan akan menyinggung perasaan Dewa Matahari. Kalau dilogika emang aneh juga kalau kita membuka payung di dalam ruangan yang jelas udah ada atapnya.

 

5. Larangan bagi wanita hamil di India
blog.binnazabla.com

Banyak mitos yang berkaitan dengan masa kehamilan. Salah satunya adalah mitos populer di India yang melarang wanita hamil keluar rumah ketika terjadi gerhana. Banyak di antara orang India yang percaya bahwa waktu terjadinya gerhana adalah waktu yang sangat berbahaya bagi bayi yang belum lahir. Wanita hamil dilarang keluar rumah ketika terjadi gerhana karena dikhawatirkan dapat menarik perhatian roh jahat.

6. Mitos angka 4 di Cina

www.fanpop.com

Misteri dan mitos angka 13 sudah familierlah ya, jadi kita bahas aja deh tentang mitos angka 4 di Cina. Kalau sebagian banyak negara, terutama negara Barat, menghindari nomor 13, Cina justru menghindari nomor 4, seperti dalam nomor telepon, lantai, dan label harga. Menurut mitosnya, angka 4 adalah angka sial karena pelafalannya mirip dengan kata yang berarti ‘kematian’. Angka 3 di Cina justru yang berarti ‘hidup’. Selain di Cina, mitos angka 4 juga populer di beberapa negara Asia lainnya.

7. Larangan menyalakan kipas angin di ruangan tertutup di Korea

modernnotion.com

Banyak orang Korea yang percaya bahwa menyalakan kipas angin di ruang tertutup dapat membunuh orang. Mitos tentang fan death ini konon ada sejak abad ke-19. Menurut beberapa orang, penggunaan kipas angin dalam ruang tertutup dalam jangka waktu yang lama memang dapat menyebabkan mual, sesak napas, dan kelumpuhan wajah. Terlepas dari benar enggaknya, masyarakat Korea masih banyak yang percaya bahwa kipas angin dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kipas-kipas angin di Korea kemudian dilengkapi dengan timer.

8. Mitos bunga berwarna kuning di Rusia

todiscoverrussia.com

Setiap warna bunga memiliki simbol yang berbeda-beda pula sehingga kita kadang juga harus pintar-pintar memilih warna bunga yang ingin kita berikan kepada orang. Beda negara biasanya juga beda pula penafsiran tentang warna bunga. Nah, kalau di Rusia, bunga berwarna kuning adalah bunga yang dihindari untuk diberikan kepada orang terkasih karena banyak orang Rusia yang percaya bahwa bunga berwarna kuning menyimbolkan perpisahan, ketidaksetiaan, dan kematian.

Meskipun kadang kita berpikir mitos itu tidak masuk akal, keberadaan mitos ada kalanya memang dapat menjadi senjata ampuh agar kita tidak melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya dilakukan. Jadi, bisa kita ambil sisi positifnya juga. Selain itu, mitos juga menjadi salah satu hal yang membantu manusia bertahan hidup hingga sejauh ini, lho.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mencari Nafkah Memang Nggak Gampang, Ojek Pengantar Jenazah Ini Pun Dijalani. Horor Apa Miris?

Mencari Nafkah Memang Nggak Gampang, Ojek Pengantar Jenazah Ini Pun Dijalani. Horor Apa Miris?

Amit-Amit! Inilah Deretan Ritual Balas Dendam yang Bikin Ogah Menyakiti Orang Lain

Amit-Amit! Inilah Deretan Ritual Balas Dendam yang Bikin Ogah Menyakiti Orang Lain

Mau Lihat Pocong Cantik? 8 Foto Tren Hijab Pocong Ini Serem tapi Kocak!

Mau Lihat Pocong Cantik? 8 Foto Tren Hijab Pocong Ini Serem tapi Kocak!

Twitter Terguncang! 5 Kisah Horor Di Twitter Ini Berhasil Bikin Pipis Di Celana!

Twitter Terguncang! 5 Kisah Horor Di Twitter Ini Berhasil Bikin Pipis Di Celana!

Suku Yanomami Memakan Sup dari Abu Tulang Kerabatnya Sendiri. Ngilu! Biar Apa sih?

Suku Yanomami Memakan Sup dari Abu Tulang Kerabatnya Sendiri. Ngilu! Biar Apa sih?

Tak Pilih Mangsa Untuk Diganggu, 5 Artis K-Pop Ini Punya Kisah Mistis!

Tak Pilih Mangsa Untuk Diganggu, 5 Artis K-Pop Ini Punya Kisah Mistis!

loading