Ngeri! Lagu-lagu Ini Diklaim Telah Menyebabkan Kematian!

ixigore.deviantart.com

Musik merupakan jenis seni yang paling banyak disukai oleh masyarakat dunia. Dengan musik, kita bisa merasa hari-hari lebih cerah dan bahkan dengan musik kita bisa bersimpati pada kesedihan yang dirasakan oleh penulis lagu. Selain seni rupa, mungkin seni musik adalah salah satu produk seni tertua yang pernah ada. Hal itu terbukti dari penggunaan musik sebagai pengiring upacara-upacara khusus yang dipraktikkan oleh kelompok masyarakat tradisional yang mewarisi adat-istiadat leluhur mereka sejak zaman lampau.

Musik memang produk yang paling mudah memengaruhi psikis penikmatnya. Terkadang, perasaan yang kita rasakan itu bisa dipengaruhi oleh lagu yang sedang kita dengar lho. Semakin kuat penghayatan kita saat mendengar lagu, semakin kuat pula lagu itu akan memengaruhi kondisi psikologis kita. Akan tetapi, bagaimana kalau misalnya ada lagu yang pada kasus tertentu bisa menginspirasi seseorang untuk melakukan tindakan yang mengerikan? Kayak lagu-lagu di bawah ini nih.

 

1. Ozzy Osbourne – “Suicide Solution”

www.youtube.com

Pada tahun 1984, seorang anak berusia sembilan belas tahun bernama John Daniel McColum ditemukan tergeletak tak bernyawa setelah dia menembakkan pistol ke kepalanya sendiri saat berada di kamar tidur. Orang tua John yang langsung memasuki kamarnya setelah mendengar bunyi tembakan pun langsung histeris dan mendapati anaknya sedang mendengar “Suicide Solution” dari Ozzy Osbourne sebelum dia mengakhiri nyawa.

Pasutri McColum pun menggugat Osbourne di pengadilan. Sebagai pembelaan, Osbourne mengatakan bahwa lagu itu sebenarnya menceritakan tentang bahaya alkohol yang dapat merusak diri sendiri dan dikiaskan sebagai “tindakan bunuh diri”.

2. U2 – “Exit”

www.youtube.com

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang fanatik terhadap agama dan berubah menjadi seorang pembunuh. Pada tahun 1989, lagu ini menginspirasi pemuda Arizona bernama Robert John Bardo untuk membunuh idolanya sendiri, yakni seorang aktris bernama Rebecca Schaeffer. Dia pun dipenjara dan tindakannya dianggap telah didasari oleh kegilaan dari dalam dirinya. U2 pun tidak dianggap bersalah dalam tragedi ini.

3. Judas Priest – “Better By You, Better Than Me”

www.youtube.com

Pada tahun 1985, dua orang pemuda bernama James Vance dan Raymond Belknap menghabiskan malam mereka di sebuah pekarangan bermain. Mereka menggunakan narkoba pada saat itu dan entah mengapa mereka memutuskan untuk mengakhiri waktu mabuk mereka dengan percobaan bunuh diri secara iseng-isengan. Belknap menembak dirinya dan tewas seketika dan Vance terluka parah meskipun tiga tahun kemudian pada akhirnya dia tetap bunuh diri.

Kedua pasangan orang tua mereka menyalahkan lagu yang anak mereka dengar pada saat itu, yakni “Better By You, Better Than Me” dari Judas Priest. Mereka mengklaim bahwa dalam lagu ini terdapat pesan tersembunyi yang mengajak pendengarnya untuk mati. Seluruh personil Judas Priest pun mengikuti pengadilan yang akhirnya menghasilkan keputusan bahwa mereka tidak bersalah.

4. Robert Johnson – “Cross Road Blues”

www.youtube.com

Robert Johnson adalah musisi blues yang memberi banyak inspirasi bagi musisi ternama meskipun karirnya terhitung cukup pendek. Rumor yang beredar mengatakan bahwa Johnson telah membuat perjanjian dengan iblis di persimpangan jalan di Missisipi untuk mencapai popularitas yang harus ditukar dengan nyawanya. Johnson pun meninggal dunia pada usia yang masih muda, yakni 27 tahun.

Meskipun Johnson sudah meninggal dunia, tragedi kematian yang konon dihadirkan oleh lagu ini pun tetap mengikuti. Setelah Eric Clapton mencoba membawakan “Cross Road Blues”, band yang digawanginya pun bubar karena perselisihan dan tak lama setelah itu, anaknya yang masih kecil meninggal dunia setelah jatuh dari lantai 53. Personil Allman Brothers meninggal karena kecelakaan motor setelah meng-cover lagu ini. Kecelakaan pesawat yang menewaskan personil band Lynyrd Skynyrd dan kematian anak dari vokalis Led Zeppelin pun dikaitkan-kaitkan dengan cover yang mereka lakukan. Bahkan, kematian Kurt Cobain pun dihubung-hubungkan dengan rencana dirinya untuk meng-cover lagu tersebut dalam album Nirvana.

5. Amanat Ali Khan – “Insha Ji Utho”

www.youtube.com

“Insha Ji Utho” adalah judul puisi yang ditulis oleh seorang penyair Pakistan bernama Ibne Insha. Puisi ini mengisahkan cerita kelam tentang laki-laki yang tersesat dalam eksistensi tanpa arah. Amanat Ali Khan, seorang penyanyi yang juga berasal dari Pakistan, tertarik dengan puisi ini dan meminta izin kepada Insha untuk mengadaptasi puisi ini menjadi lagu. Insha pun menyetujuinya.

Pada tahun 1974, Khan mendapat kesempatan untuk membawakan lagu itu di acara televisi. Performanya yang bagus membuat dirinya menjadi terkenal dan lagu yang dibawakannya pun langsung menjadi hits. Akan tetapi, hanya dalam jangka waktu beberapa bulan setelah penampilannya di televisi, Khan meninggal dunia secara mendadak. Insha pun meninggal dunia karena kanker setelah empat tahun berselang semenjak acara televisi yang fenomenal itu.

Beberapa tahun kemudian, putra Khan yang bernama Asad Amanat Ali menjadi seorang penyanyi terkenal di Pakistan. Pada konsernya di tahun 2006, dia pun membawakan lagu “Insha Ji Utho” sebagai penutup. Setelah beberapa bulan kemudian, dia pun meninggal dunia seperti ayahnya.

6. The Beatles – “Helter Skelter”

www.youtube.com

Teman-teman mungkin sudah tidak asing dengan nama keluarga Manson, yakni kelompok yang melakukan beberapa pembunuhan sadis, termasuk pembunuhan terhadap Sharon Tate, istri dari sutradara Roman Polanski yang pada saat itu sedang hamil. Charles Manson yang menjadi pemimpin “keluarga” ini menyatakan bahwa dia terinspirasi dari lagu “Helter Skelter” yang digubah oleh The Beatles. Menurut Manson, lagu ini bercerita tentang perang post-apocalypse yang tidak mungkin terelakkan. Dia berpendapat bahwa keluarga yang dipimpinnya memiliki misi untuk mempercepat datangnya perang tersebut. Padahal, pada kenyataannya, lagu ini berkisah tentang taman hiburan dengan nama yang sama dengan judul lagu tersebut.

7. Frank Sinatra – “My Way”

www.youtube.com

Tempat-tempat karaoke di Filipina bahkan sampai membuat kebijakan khusus yang melarang para pengunjungnya untuk membawakan lagu ini. Pasalnya, sudah ada enam pembunuhan yang terjadi dan perkelahian yang tak terhitung bersamaan dengan dibawakannya lagu ini. Tidak ada yang tahu pasti mengapa lagu ini dapat menyebabkan fenomena semacam itu. Ada yang berpendapat bahwa lagu ini menyiratkan pesan arogan yang merangsang pendengarnya untuk berbuat sesuka hati tanpa memedulikan intervensi dari orang lain.

Sebenarnya masih ada satu lagu lagi yang paling dikenal sebagai lagu pengiring kematian, yakni “Gloomy Sunday” yang digubah oleh Rezso Seress. Akan tetapi, udah banyak banget yang bahas lagu itu dengan mengaitkannya pada penyebab kematian seseorang. Maka dari itu, daftar lagu di atas tampaknya udah cukup untuk saat ini ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tempat-tempat Angker di Irlandia Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding!

Tempat-tempat Angker di Irlandia Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding!

Jangan Pernah Mengunjungi Tempat Wisata Ini Bersama Pacarmu Kalau Gak Mau Putus

Jangan Pernah Mengunjungi Tempat Wisata Ini Bersama Pacarmu Kalau Gak Mau Putus

5 Sungai Angker di Indonesia yang Dipercaya Sering Meminta Tumbal Ini Wajib Kamu Waspadai

5 Sungai Angker di Indonesia yang Dipercaya Sering Meminta Tumbal Ini Wajib Kamu Waspadai

Inilah Mitos tentang Pantai Parangtritis yang Masih Banyak Dipercaya oleh Masyarakat Yogyakarta

Inilah Mitos tentang Pantai Parangtritis yang Masih Banyak Dipercaya oleh Masyarakat Yogyakarta

Inilah Beberapa Mitos di Balik Tempat Wisata yang Berada di Dataran Tinggi Dieng

Inilah Beberapa Mitos di Balik Tempat Wisata yang Berada di Dataran Tinggi Dieng

Di balik Keindahannya, Ternyata 5 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Menyimpan Kisah Menyeramkan

Di balik Keindahannya, Ternyata 5 Pulau di Kepulauan Seribu Ini Menyimpan Kisah Menyeramkan

loading