Ngeri! Inilah 5 Ritual Pemakaman yang Tak Biasa dan Hanya Ada di Indonesia

31 Agustus 2017
|Ani Nur Cholifah

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi yang tersebar di berbagai daerah. Keragaman budaya yang terlahir dari setiap daerah ini pun berbeda-beda termasuk dalam ritual pemakaman. Ritual pemakaman yang penuh duka cita ini identik dengan mengubur jenazah sebagai penghormatan terakhir. Namun ada tradisi yang cukup berbeda dalam pemakaman yang lahir dari setiap daerah tanah air ini bahkan belum tentu ada di negara lain karena terkesan cukup mengerikan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Pemakaman Trunyan, Bali

Pemakaman yang ada di desa Trunyan, Bali, ini dikenal cukup unik dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata mistis. Di pemakaman ini terlihat banyak tengkorak berserakan karena jenazah tidak dikubur melainkan di atas tanah begitu saja dan hanya ditutup dengan anyaman bambu kemudian dibiarkan begitu saja. Uniknya, pemakaman di sini tidak berbau busuk. Konon, itu semua karena pohon Trunyan disekitar pemakaman yang bisa menetralisir bau busuk tersebut.

2. Pohon Kuburan Bayi, Toraja

Pemakaman ini dibuat khusus untuk bayi yang meninggal dan belum tumbuh gigi. Jenazah bayi tersebut akan dimakamkan ke dalam pohon Tarra yang berada di Kambira, Toraja. Pohon Tarra dipilih sebagai pemakaman karena mengandung banyak getah. Suku Toraja mengibaratkan getah tersebut sebagai air susu dan ruang pada pohon ini sebagai rahim. Proses pemakaman ini biasa disebut dengan istilah Passiliran. Tradisi ini diharapkan kelak bayi ini akan lahir kembali dengan sehat.

3. Pemakaman Batu, Minahasa

Ritual pemakaman di Suku Minahasa ini tak kalah mengerikan. Jenazah tidak dikremasi melainkan dikubur di dalam batu dengan posisi duduk dan memeluk kakinya. Terdengar tak biasa namun masyarakat percaya, meskipun tanpa dikremasi konon jenazah tetap akan menjadi abu.

4. Ritual Boneka Tau-Tau, Toraja

Pemakaman jenazah di Toraja dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam peti mati kecil lalu diletakkan pada lubang yang berada di tebing batu atau gua. Kemudian sebagai penanda dibuatkan patung yang menyerupai jenazah dan diletakan di dekat peti.

5. Ritual Ma Nene, Toraja

Masih dari Toraja, ritual kali ini pun tidak kalah mengerikan. Dimulai dengan mengunjungi pemakaman yang berada di Patane. Lalu jenazah yang sudah dimakamkan selama bertahun-tahun dengan pengawet ini diperlakukan seperti orang hidup. Jenazah tersebut dimandikan, didandani, dan juga diajak berjalan keliling desa.

6. Kamu bisa lihat ulasan seputar ritual pemakaman yang mengerikan tersebut di video ini

Itu dia sederetan ritual mengenai pemakaman yang mengerikan dan hanya ada di Indonesia. Terlepas dari hal-hal mengerikan di atas, harus kita akui bahwa Indonesia memiliki beragaman tradisi yang sudah aja turun-temurun dan cukup unik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
SHARES