Ngeri! Darah Segar Muncul dari Makam di Kalimantan Timur Ini, Ada Apa ya?

11 Oktober 2017
|Ani Nur Cholifah
Mistis
0SHARES

Membahas tempat-tempat angker yang ada di tanah air ini rupanya cukup banyak. Terlepas dari kisah-kisah mistis yang beredar, rasanya pemakaman menjadi salah satu tempat yang sangat mengerikan. Bukan karena kisah horor dan mistis yang beredar tapi sudah jelas karena pemakaman merupakan tempat bersemayamnya orang-orang yang telah meninggal sehingga kesan mistis tak pernah luput dari pemakaman.

 

Nah, baru-baru ini beredar berita yang cukup menghebohkan warga sekitar TPU Bukit Damai Sentosa Sungainangka, Balikpapan, tepatnya di Kalimantan Timur. Sebuah pemakaman baru kabarnya mengeluarkan darah segar hingga menjadi sorotan media dan viral di media sosial. Seperti apa lengkapnya? Yuk, Kepo!

Fenomena makam berdarah memang terkesan menyeramkan. Hal ini pun membuat banyak warga penasaran, mungkin kamu juga bingung kenapa fenomena ini bisa terjadi. Banyak pemberitaan hingga opini negatif yang mengaitkan kejadian ini dengan riwayat saat almarhum masih hidup. Hal ini pun membuat tukang gali kuburan setempat yang bernama Ali merasa takut dan aneh. Baginya mungkin melihat hantu-hantu di sekitar pemakaman sudah biasa, namun fenomena ini pertama kalinya yang ia alami semenjak ia menjadi petugas gali kubur selama lima tahun.

Pemakaman yang mengeluarkan cairan ini adalah makam seorang warga yang dikuburkan pada tanggal 15 September 2017 lalu berinisial MA. Sayangnya setelah Ali, penggali kuburan menginformasikan fenomena ini kepada keluarga, apakah kuburan ingin diperbaiki atau ditimbun tanah namun pihak keluarga tak merespon. Tak bisa dibayangkan bila cairan merah yang dianggap darah ini terus menerus keluar, kemungkinan besar akan membuat makam disekitarnya pun dipenuhi darah.

Seperti yang dilansir dari Detik.com (9/10/2017) Iptu Trik Ikwan Dj selaku Paur Subbag Humas Polres Balikpapan pun memberikan penjelasan "Itu bukan darah karena tidak ada bau anyir atau amis. Merah bisa dari akar, gelembung. Bisa karena udara panas di tanah karena sebelumnya tidak ada hujan," Pihak kepolisian pun sudah menimbun cairan tersebut dengan tanah demi menjaga keamanan dan kejadian yang tak diinginkan.

Pernyataan serupa pun disampaikan oleh Hairul Ilmi, Kabid Pertamanan dan Pemakaman, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Balikpapan “Kejadian ini memang belum bisa diketahui pasti penyebabnya, namun bisa jadi imbas dari terlalu banyaknya makam yang sudah dipasangkan batu nisan dan kijing. Sehingga penyerapan air berkurang, karena itu, air meluber dan membasahi makam. Terutama kondisi makan TPU BDS yang sudah amat sesak. Kontur tanah pun sudah bercampur dengan pasir dan tanah lempung."

Nah, itulah penjelasan mengenai kejadian misterius yang terjadi di sebuah TPU, Balikpapan, Kalimantan. Jadi, kamu jangan langsung percaya akan sebuah kejadian misterius dan menganggapnya mistis begitu saja, bisa jadi hal itu adalah fenomena alam dan ada penjelasannya secara ilmiah yang masih masuk akal. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES