Museum Fatahillah Saksi Bisu Kekejaman Belanda, Inilah Kisah Mistisnya

14 April 2017
|Ani Nur Cholifah
359SHARES

Beragam bangunan bersejarah yang ada di Jakarta ini juga menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang suka ngelancong menghabiskan weekend kamu bersama teman ataupun keluarga dan pacar. Bukan hanya sekedar ngelancong kamu juga bisa menambah wawasan juga loh, karena Jakarta punya bangunan bersejarah seperti Museum Fatahillah yang ada di kawasan Kota Tua.

Gedung yang didirikan pada tahun 1707 dengan gaya arsitektur neoklasik ini juga punya kisah mistis dibalik kekokohannya. YuKepo udah siapin nih rangkumannya buat kamu. Langsung aja yuk kepoin.

1. Suara rintihan misterius

Salah satu kisah misterius mengenai rintihan suara dan sosok aneh tanpa kepala ini ternyata sering disaksikan oleh para pelancong yang datang berkunjung ke museum ini. Salah satunya adalah alun-alun yang juga sering dijadikan perayaan festival atau acara pada hari-hari tertentu.

Dibalik suara dan sosok aneh misterius itu ternyata alun-alun museum bersejarah ini sangat terkenal dengan kisah pembantaian bangsa Belanda kepada warga dan keturunan asal Tingkok. Tahun 1740 pernah ada kejadian pembantaian yang menelan korban sekitar 500 warga Tiongkok di depan alun-alun bangunan ini. Dari sinilah muncul rumor suara dan penampakan sosok tanpa kepala itu adalah arwah dari para korban pembantaian.

2. Penjara bawah tanah yang berbau busuk dan anyir

Bukan hanya alun-alunnya saja yang sering terdengar kejadian aneh di museum ini. Penjara bawah tanah museum Fatahillah juga sering terlihat penampakan anak-anak, pria dan wanita dewasa dengan pakaian Belanda dan keadaan badan yang tragis. Selain itu yang sangat melegenda adalah aroma darah dan busuk yang sangat anyir juga sering tercium di area ini oleh para pengunjung.

Penampakan dan aroma itu konon berasal dari kisah kelam para tahanan. Banyak tokoh dan pejuang Indonesia yang berusah keras memberontak para pemerintahan Belanda saat itu. Namun naas, upaya mereka justru berujung pada kematian. Para pemberontak itu dimasukkan ke dalam penjara ini kemudian disiksa secara perlahan tanpa mendapatkan makanan. Sampai akhirnya mereka mati dalam keadaan kelaparan dan siksaan kejam. Mayat yang membusuk juga dibiarkan begitu saja hingga tercium anyir.

3. Ruang rahasia yang baru ditemukan pada tahun 2010

Hal yang paling mengejutkan dari museum Fatahillah ini adalah adanya ruang rahasia yang ditemukan pada tahun 2010 silam. Setengah ruangan ini telah dihiasi oleh mural pada dindingnya. Gambar mural pada ruangan yang berukuran kurang lebih 200 meter persegi ini menceritakan tentang kehidupan Batavia pada tahun 1880-1920. Berdasarkan info, mural ini merupakan salah satu karya pelukis bernama Harijid Sumodijojo dan kawannya S. Sudjojono pada tahun 1974. Mural ini dibuat atas perintah dari Ali Sadikin yang saat itu masih menjabat sebagai gubernur Jakarta.

4. Suara lonceng tanda eksekusi kematian

Pernah mendengar lonceng berbunyi tengah malam? Suara lonceng mungkin hal biasa tapi lonceng di museum Fatahillah merupakan hal yang sangat mengerikan. Konon Lonceng ini merupakan simbol bunyi kematian. Kalau kalian mendengar ini mungkin ada arwah yang akan di eksekusi saat itu.

Pada masa pemerintahan Belanda lonceng ini akan berbunyi sebanyak tiga kali dan setiap bunyi memiliki makna tersendiri. Bunyi lonceng pertama, pertanda para terpidana yang akan di eksekusi itu dibawa ke ruang pengadilan. Bunyi lonceng kedua, para terpidana dibawa menuju podium. Kemudian bunyi lonceng terakhir menjadi pertanda  detik-detik terakhir para terpidana yang akan disaksikan oleh para pejabat, hakim dan saksi. 

5. Mengalami renovasi pada tahun 2014 tapi masih ada penampakan misterius

Bangunan museum yang sudah cukup tua ini kemudian mengalamai renovasi di tahun 2014 dan selesai pada awal tahun 2015. Meskipun sudah terlihat baru tapi sepertinya kisah-kisah mistis yang telah beredar masih tetap melekat. Hal ini disaksikan oleh petugas keamanan yang sering melihat penampakan hantu menyerupai noni Belanda dan suara-suara aneh yang bikin merinding saat malam hari ditambah suasana yang sangat mencekam di museum ini.

Kemistisan di tempat ini ditandai dengan adanya kejadian kerasukan secara tiba-tiba. Jadi, kalian harus hati-hati dan menjaga sikap kalian kalau datang ke tempat bersejarah yang kental dengan aura mistisnya seperti museum Fatahillah ini. Terutama bagi wanita karena biasanya yang kerasukan makhluk gaib adalah para wanita.

Beragam kisah ini hanyalah sepenggalan cerita yang pernah dirasakan oleh beberpa orang. Gak semua orang merasakan hal ini namun kisah pilu dibalik gedung bersejarah ini merupakan saksi kekejaman pemerintahan Belanda saat menduduki Indonesia. Jadi, kalau kamu berkunjung ke museum bersejarah seperti museum Fatahillah jangan pernah melakukan hal aneh apalagi merusak bangunan ini ya guys.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
359SHARES