Mudah Ditemukan, Benda Ini Dipercaya Ampuh Menangkal Hal Gaib di Tana Toraja

09 September 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Tana Toraja adalah salah satu wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan yang masih khas dan memercayai hal-hal mistis. Banyaknya kisah mistis di Tana Toraja pun konon dipercaya memiliki benda-benda atau jimat yang dianggap ampuh mengusir segala macam hal berbau mistis dan juga bisa menangkal hantu. Hal ini akhirnya memicu rasa penasaran di kalangan masyarakat hingga menjadi incaran kelompok masyarakat lain di luar pulau. Nah, apa aja ya benda-benda tersebut? Berikut ini rangkumnya yang berhasil YuKepo rangkum dari beberapa sumber. Langsung aja YuKepo!

Bangle adalah tanaman yang hampir mirip dengan jahe. Ternyata bukan hanya Toraja yang memercayai bahwa tanaman ini bisa mengusir hal-hal mistis. Beberapa daerah juga memercayai bahwa bangle adalah tanaman yang sakti. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Tana Toraja, bangle ini memiliki aroma yang nggak disukai oleh hantu dan orang-orang yang memiliki ilmu hitam. Bangle juga bisa mengusir roh jahat yang ada pada seseorang dengan cara ampas bangle yang sudah dikunyah dilumuri ke bagian tubuh seseorang.

Minyak bumi yang berwujud cair dari Tana Toraja ini biasanya dikemas dalam wadah botol kecil lalu diletakkan di atas pintu rumah. Benda ini dipercaya banyak orang bisa menghalangi orang atau kiriman benda-benda mistis seperti pelet. Seandainya pelet atau orang tersebut bisa masuk ke dalam rumah, konon kekuatan yang ada pada orang atau pelet itu sudah lenyap. Namun, saat meletakkan benda ini diharapkan tidak mudah untuk dilihat oleh orang lain. 

Selanjutnya, setelah tanaman, ternyata pakaian dalam yang biasa digunakan manusia juga bisa menjadi penangkal hal-hal mistis. Masyarakat setempat memercayai, pakaian atau celana dalam yang dibalik, mitosnya bisa menjadi penangkal bala yang akan datang kepadanya.

Berikutnya adalah ramuan yang terdiri dari campuran rempah-rempah. Ramuan ini terdiri dari minyak goreng yang sudah di olah menjadi minyak gosok kemudian dicampur dengan bawang merah dan merica. Cara memakai ramuan ini dengan dioleskan ke badan. Setelah itu, mitosnya, ramuan ini bisa menjaga diri seseorang sekaligus mengusir roh jahat yang telah menyatu pada dirinya.

Itulah benda-benda yang dipercaya ampuh membuat seseorang terhindar dari hal-hal mistis. Terlepas dari adat dan kepercayaan seseorang, hal yang terpenting adalah menyerahkan diri kita kepada Tuhan dan berdoa untuk selalu meminta perlindungan dari-Nya agar terhindar dari hal-hal berbau gaib dan hal-hal yang tidak diinginkan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES