Mitos tentang Tindihan Berbau Mistis dari Negara Lain Ini Punya Nama yang Unik

08 September 2017
|Ani Nur Cholifah
688SHARES

Ketika sedang tidur kadang seseorang mungkin pernah merasakan dirinya seakan-akan tercekik dan ada sesuatu yang menindih dirinya. Bahkan ada kejadian yang membuat orang tersebut merasa sulit untuk bernapas dan badan pun ikut kaku seakan-akan tak bisa digerakkan. Kejadian seperti ini biasanya disebut dengan tindihan atau juga "rep-rep" bagi orang Indonesia atau bahasa lainnya sleep paralysis. Kejadian ini pun sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Namun, mitos soal tindihan ini ternyata bukan hanya ada di Indoneisa tapi juga beberapa negara lain. Nah, penasaran ya? Langsung aja yuk kepoin rame-rame!

1. Kamboja, Thailand, dan Laos

Mitos pertama berasal dari Kamboja, Thailand, dan Laos ini hampir mirip dengan mitos tindihan di Indonesia. Kejadian tindihan dipercaya karena adanya makhluk gaib yang berada di sekitar seseorang ketika sedang tidur. Kemudian makhluk gaib ini akan mengganggu manusia dengan menekan tubuh hingga ia merasa kaku dan sesak napas.

2. Tiongkok

Mitos tentang tindihan ini juga dipercaya oleh negara yang terkenal dengan barongsai dang feng shui-nya. Di Tiongkok, kejadian ini disebut dengan istilah 'pinyin': 'gui ya shen atau piyin': 'gui ya chuang'. Berdasarkan kisah dari warga Tiongkok Timur ini terkait dengan seekor tikus yang mitosnya mencuri napas manusia dan dipercaya bisa mendatangkan kekuatan yang hebat pada tikus tersebut. Kemudian tikus itu bisa berubah menjadi manusia saat malam hari dan duduk tepat berada di bawah hidung manusia sehingga membuatnya merasa sesak.

3. Mongolia

Selanjutnya Mongolia menyebut istilah ini dengan 'khar darakh' atau dibaca menjadi kara darahu yang artinya ditekan oleh suatu benda atau sosok berwujud hitam yang menekan tubuh kita saat tidur.

4. Turki

Mitos soal sleep paralysis di Turki tak jauh beda juga dengan Indonesia. Konon ada sosok cin atau disebut dengan jin dalam bahasa Indonesia yang sedang mengganggu manusia saat tidur dengan menekan badan hingga ia tak bisa bergerak kemudian dicekik. Istilah ini disebut sebagai 'karabasan' dalam bahasa Turki. Mayoritas penududuk Turki adalah muslim, mereka percaya hal ini bisa dihindari dengan membaca doa sebelum tidur dilanjutkan dengan surat pendek seperti Al-falaq dan An-nas agar tidak diganggu oleh cin atau jin.

5. Afrika

Masyarakat Zimbabwe di Afrika menyebut istilah tindihan dengan 'madzikirira'. Di sini mitos seputar tindihan yang dilakukan oleh makhluk gaib atau pun penyihir dipercaya memiliki maksud khusus. Hal ini juga dipercaya dilakukan oleh keluarga atau relasi terdekat dari korban yang mengalami kejadian ini.

Nah, itulah beberapa penjelasan beserta sebutan unik lainnya seputar tindihan yang berkaitan dengan hal mistis. Hal-hal seperti ini memang tak pernah terlepas dari kehidupan manusia, termasuk saat tidur. Supaya kamu nggak mengalami sleep paralysis ini, yuk jaga pola tidur diimbangi dengan menenangkan pikiran saat akan tidur dan berdoa agar kamu terjaga dan dilindungi oleh Sang Pencipta. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
688SHARES