Mitos Keberadaan Hewan Mistis Penunggu Gunung Lawu Ini Sarat Makna Tapi Bikin Merinding!

04 November 2017
|Ani Nur Cholifah
0SHARES

Gunung saat ini menjadi salah satu tempat yang juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Terutama karena banyak orang yang tertarik untuk mendaki menjelajah keindahan gunung yang ada di Indonesia. Namun, di balik kegagahannya, gunung-gunung di Indonesia ini selalu memiliki cerita mistis yang berkaitan dengan kisah zaman kerajaan hingga kepercayaan tertentu.

Salah satunya yang cukup menarik adalah Gunung Lawu. Gunung ini bukan hanya ramai dikunjungi oleh kalangan pendaki tapi juga orang-orang yang memercayai hal-hal klenik berbau mistis untuk mencari wangsit atau pesugihan. Terlepas dari itu yang tak kalah mengerikan adalah kisah tentang keberadaan makhluk halus yang konon berwujud hewan. Hewan mistis tersebut pun dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai penunggu gunung. Wah, apa saja hewan mistis tersebut? Di bawah ini ulasannya!

Keberagaman fauna di Gunung Lawu memang cukup unik, terutama adanya burung jalak hitam. Burung jalak ini mitosnya berkaitan dengan legenda Prabu Brawijaya memutuskan akan menetap di Lawu lalu disambut oleh burung jalak. Kemudian burung tersebut berubah menjadi sosok prajurit kerajaan dan menggantikan sang prabu hingga menapaki puncak Gunung Lawu. Nah, dari legenda ini kemudian dipercaya bila ada pendaki yang tersesat konon hewan mistis ini yang akan membantu menemukan jalan keluarnya. Namun, jangan pernah coba untuk membunuh atau mencelakai burung tersebut karena mitosnya orang tersebut akan terkena musibah.

Selanjutnya adalah keberadaan harimau misterius yang kemunculannya tak pernah bisa diprediksi oleh manusia. Lebih seramnya lagi konon saat harimau ini muncul selalu ada kejadian mistis, salah satunya adalah penemuan mayat di tempat hewan mistis yang satu ini muncul. Oleh karena itu, banyak tempat yang dikeramatkan oleh warga berkaitan dengan kemunculan sosok harimau misterius tersebut. Tempat yang dikeramatkan di Gunung Lawu juga termasuk patung harimau yang diberi nama Eyang Singo Sinebahing Dilah. Biasanya tempat tersebut dijadikan sebagai tempat pemujaan saat warga setempat akan menjalani ritual mistis. Wah, ngeri juga nih kalau ketemu harimau di Gunung Lawu ya!

Kiyongko yang memiliki bentuk seperti kelabang bertubuh bulat dengan panjang sekitar 30 cm di Gunung Lawu berkaitan dengan hal yang cukup mistis hingga dianggap sebagai hewan mistis pembawa musibah. Mitosnya, kiyongko ini penyebab utama yang telah menutup sumber mata air yang berada di sekitar lereng gunung.

Konon, dulu pernah ada seorang kakek sakti yang bertapa di lereng gunung bernama Ki Ageng Sabuk Janur. Ki Ageng ini kemudian menjadikan hewan tersebut sebagai penunggu sumber air agar tidak dirusak oleh manusia. Oleh karena itu, hewan ini tidak mudah ditemukan oleh manusia saat sengaja dicari tapi akan muncul secara tiba-tiba dihadapan orang yang akan merusak sumber mata air.

Nah, itulah beberapa mitos seputar hewan mistis yang berada di Gunung Lawu. Percaya atau tidak itu hak kalian dalam meyakini mitos ini. Namun, hal terpenting dari mitos tersebut adalah mengingatkan kita kembali untuk menjadi pendaki yang bertanggung jawab dan tetap menjaga kelestarian alam agar tetap bisa dinikmati oleh generasi di masa yang akan datang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES